Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang

2 Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (BTT) merupakan bahasa pemrograman yang lebih dekat dekat dengan pemakai, artinya lebih mudah dimengerti, lebih mudah dipelajari serta memakai bahasa sehari-hari. Contoh: Bahasa Pemrograman Turbo Pascal. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (BTR) merupakan bahasa pemrograman yang lebih dekat dekat dengan mesin, artinya mesin bisa langsung mengerti perintah – perintah yang diberikan . Contoh: Bahasa Pemrograman Assembly.

3 Bahasa Pemrograman C Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang berada diantara BTT dan BTR. Bahasa C banyak dipakai karena mengabungkan 2 keuntungan yang ada di BTT dan BTR. Bahasa C mempunyai karakteristik : menyediakan fasilitas untuk melakukan hampir semua operasi yang dapat dikerjakan oleh BTR Mempunyai struktur kontrol BTT. Mempunyai fasilitas untuk menampilkan bit, byte dan alamat.

4 Bahasa Pemrograman C++
C++ adalah pengembangan dari bahasa C. Jika program yang dibuat dengan bahasa C cukup besar (25000 – baris) maka proses pengelolaannya menjadi sulit. Untuk mengatasi hal ini, pada tahun Bjarne Stroustup menambahkan beberapa hal dan hasilnya dinamakan” C with Classes”. Kemudian nama tersebut diganti menjadi C++ pada 1983.

5 Object Oriented Programming
Penambahan yang paling menojol adalah pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming/OOP) Tujuan Utama OOP adalah membantu pemrogram untuk mengelola dan memakai program yang besar dan kompleks. Hal yang penting dari OOP adalah object. Object adalah kombinasi dari data dan program yang diberlakukan pada data tersebut. Object berisi : Elemen Privat : Elemen yang bisa diakses oleh elemen-elemen dari objek yang sama. Elemen Publik : Elemen yang bisa diakses dari setiap bagian yang lain.

6 File Pendukung C++ File library File Header File Run Time Math Library
File Editor File Object File Eksekusi

7 File Header Adalah file text.
File ini dapat digabungkan dengan file program pada saat program dikompile dengan perintah INCLUDE. Semua file header berekstensi .h Contoh : # include <iostream.h>   : diperlukan pada program yang melibatkanobjek cout dan cin # include <conio.h>   : diperlukan bila melibatkan clrscr( ), yaitu perintah untuk membersihkan layar dan fungsi getch( ) untuk menerima sembarang input keyboard dari user. # include <iomanip.h>   : diperlukan bila melibatkan setw( ) yang bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data. # include <math.h>   : diperlukan pada program yang menggunkan operasi sqrt( ) yang bermanfaat untuk operasi matematika kuadrat.

8 File Library File library berisi fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Turbo C++. File ini berisi program – program dari setiap fungsi dasar yang dikenal oleh turbo C++. Program-program tersebut sudah dicompile dan dapat digabungkan dengan program yang kita buat. Cara mengabungkannya dengan proses LINK. Turbo C++ mempunyai 5 jenis file library yang disesuaikan dengan model programnya, kecuali model tiny mengunakan library sama dengan model small. File-file library tersebut adalah : cs.lib untuk model small cc.lib untuk model compact cl.lib untuk model large cm.lib untuk model medium ch.lib untuk model huge

9 File Run Time File RUN TIME akan digabungkan dengan program kita pada saat proses LINK. File Run Time dari Turbo C++ disesuaikan dengan model memorinya. c0s.lib untuk model small c0c.lib untuk model compact c0l.lib untuk model large c0m.lib untuk model medium c0h.lib untuk model huge

10 Math Library File ini digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan operasi bilangan. File math juga disesuaikan dengan model memorinya. File-file tersebut adalah : maths.lib untuk model small mathc.lib untuk model compact mathl.lib untuk model large mathm.lib untuk model medium mathh.lib untuk model huge

11 File Editor, Object dan Ekssekusi
File editor adalah program yang anda susun dalam turbo C++. File ini adalah file text berekstensi .cpp. File Object File hasil proses COMPILE dari file editor. Nama file objectnya sama dengan nama file editor. Extensinya .obj. File Eksekusi Adalah hasil dari proses LINK. File ini bernama sama dengan file sebelumnya, dan berekstensi .exe. File ini dapat langsung dijalankan dari Dos Prompt.

12 Token Unit terkecil dari teks dalam program C++ yang mempunyai arti khusus dan dikelompokan menjadi simbol-simbol / sejumlah karakter. Menggunakan simbol alphabet, angka dan karakter khusus.

13 Penulisan C++ Program C++ merupakan kumpulan fungsi, ditambah variable global (jika ada). Fungsi terdiri : Nama fungsi, daftar parameter dan blok kode. Sebuah block code dimulai dengan tanda { dan dikuti beberapa statemen dan diakhiri dengan tanda }. Block Code :{, Urutan pernyataan, } Pernyataan : Kata Kunci, ekspresi, atau block code. Setiap program C++ diawali dengan pemanggilan fungsi main() dan diakhiri dengan } atau return (jika return ditemukan di dalam main() ), dengan asumsi exit() atau abort() tidak ditemukan.

14 STRUKTUR BAHASA C++ #include void main( ) { deklarasi variabel; deklarasi konstanta; perintah – perintah; //komentar }

15 Contoh 1 #include <iostream.h> Void main() { cout<<"Aku sedang mencoba belajar pemrograman C++ \n"; cout<<" SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ASIA"; }

16 Contoh 2 #include <stdio.h> main() { printf("Aku sedang mencoba belajar pemrograman C++ \n”); printf(“SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER"); }

17 Mencetak di Layar dan Escape Sequence
Hasilnya Backspace Formfeed Baris Baru Tab (default 8 karakter) Tanda kutip tunggal(‘) Tanda kutip ganda(“) Backslash(\) Kode ASCII dengan hexadesimal (aa diganti dengan angka ASCII-nya) Kode ASCII dengan octal. Escape Sequences \b \f \n \t \’ \” \\ \xaa \aaa

18 VARIABLE Variable adalah tempat penampungan data. Variable berada di memori komputer. Biasanya, setiap variable mempunyai tipe. Kita bisa memilih sendiri nama variable. Tapi sebaiknya pemberian nama variable disesuaikan dengan tujuan pemakaian variable. Ketentuan-ketentuan dari Turbo C++ yang harus kita ikuti : Nama variable terdiri dari huruf, angka dan garis bawah (_). Nama Variable boleh didahului huruf atau _. Tetapi tidak boleh angka. Tidak boleh mengunakan operator hitung (+ - / * %) dan juga tidak boleh mengunakan karakter-karakter khusus (; : , $ & dan . } Nama Variable tidak boleh berisi spasi. Tidak boleh mengunakan reserved word ( Kata-kata yang mempunyai arti didalam turbo C++). Contoh : printf Turbo C++ membedakan huruf besar dan kecil. Panjang karakter boleh berapa saja, tetapi identifier yang dikenali hanya 32 karakter pertama.

19 Tipe Data

20 Tabel penentu format

21 Contoh 1 : #include<conio.h> #include<stdio.h> main() { int a,b; float c,d,A; clrscr(); printf(" a?");scanf("%d",&a); b=90; c=a+b; printf("A %10.2f ",c); }

22 Contoh 2: #include <stdio.h> #include <conio.h> main() { float gaji =20000, tunj, GAJI; tunj = 0.1 * gaji; GAJI = gaji +tunj; clrscr(); printf("Gaji Pokok =Rp%10.2f \n",gaji); printf("Tujangan =Rp%10.2f \n",tunj); printf("Gaji Total =Rp%10.2f \n",GAJI); }

23 KOMENTAR Komentar ( Keterangan sebuah program ) di dalam turbo C++ dinyatakan di dalam tanda /* dan */. Tanda komentar diatas biasa digunakan jika komentar lebih dari satu baris Jika komentar dalam satu baris, dapat digunakan tanda //

24 Ekspresi Pada C++, seperti juga bahasa pemrograman lain, juga dimungkinkan pembentukan ekspresi matematika. Dalam C++, objek adalah himpunan atribut- atribut / nilai-nilai serta operasi-operasi yang dapat diterapkan pada nilai-nilai tersebut. Ekspresi pada C++ adalah mekanisme untuk mengaplikasikan operasi-operasi pada objek.

25 Operasi pada Integer

26 Ekspresi pada Floating Point

27 Prioritas Pengerjaan Ekspresi

28 KONVERSI TIPE PADA EKSPRESI
Jika didalam sebuah ekspresi ada beberapa konstanta dan variable yang tipenya berbeda, turbo C++ akan menyamakan tipenya. Turbo C++ akan mengubah setiap operan menjadi tipe terbesar

29 Aturan KONVERSI TIPE PADA EKSPRESI
Tipe char dan short int diubah menjadi int. Tipe float diubah menjadi double. Untuk semua pasangan operan, jika salah satu operan bertipe tertentu, misalnya long double, operan yang lain akan diubah menjadi tipe yang sama, dalam hal ini long double.

30 Contoh: Artinya x diubah menjadi tipe float.
#include <stdio.h> #include <conio.h> main() { int x; x=5; clrscr(); printf("Gaji Pokok %f", float (x) / 2); } Artinya x diubah menjadi tipe float. Dengan demikian konstanta 2 juga akan diubah menjadi tipe float. Hasilnya 2.5. Perhatikan pernyataan berikut : (float) (x/2)

31 Assignment Operator penugasan yang berupa simbol sama dengan (=), berguna untuk memberikan suatu nilai ke variabel. Operator ini dapat dikenakan sebagai ekspresi atau berdiri sendiri sebagai pernyataan Beberapa pernyataan penugasan, sebagai contoh a=1; a=b+2.


Download ppt "PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google