Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
02 |Introduction to OpenGL
Imam Cholissodin|
2
Introduction to OpenGL
Computer Graphics What’s OpenGL ? OpenGL History OpenGL Architecture Fixed-Function vs Programmability Related Libraries OpenGL Syntax Simple CG Program Architecture Setup OpenGL Demo OpenGL Program
3
Computer Graphics Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital (sumber : Wiki). Bagaimana menurut pemahaman anda?
4
What is OpenGL ? Low-level Graphics API (Application Programming Interface) / antarmuka perangkat lunak ke kartu grafis. Independen terhadap platform (hanya menyediakan fungsi grafis, tidak menyediakan fungsi yang dependen terhadap platform : input handling, windowing, dsb). Banyak digunakan di aplikasi grafis : CAD programs, games, data visualization, dsb.
5
OpenGL History Dikembangkan pertama kali oleh SGI (Silicon Graphics, Inc). 1992 diambil alih oleh OpenGL ARB (Architecture Review Board) : 3DLabs, ATI, Dell, Evans & Sutherland, Hewlett-Packard, IBM, Intel, Matrox, NVIDIA, SGI, Sun Microsystems sebagai pembuat dan pengelola spesifikasi OpenGL. 2006 dikontrol oleh The Khronos group.
6
OpenGL Architecture Sebuah state machine, contoh untuk menggambar objek dengan warna merah programmer harus merubah color state ke merah lalu menggambar objek tersebut. Tetapi sejak OpenGL 3.0 (programmable pipeline/shader based) menjadi less state- oriented API : state functions untuk color, normals, lighting deprecated (kadaluarsa).
7
Fixed-Function vs Programmability
Fixed-function pipeline dirancang utk berjalan di CPU (single-path rendering). Programmable pipeline (shader based) dirancang utk berjalan di GPU sehingga lebih flexible dan mudah dikontrol oleh programmer. Ada 3 jenis shaders : Vertex shaders (memodifikasi vertex), Fragment shaders (memodifikasi pixel), Geometry shaders (menggenerate vertices, dan bukan fitur inti).
8
Related Libraries GLUT (OpenGL Utility Toolkit) menyediakan fungsi untuk windowing, menus, input-handling. SDL (Simple Direct Media Layer) : librari multimedia cross-platform . GLFW : windowing, creating an OpenGL context and managing input .
9
OpenGL Syntax Diawali dengan awalan gl : glVertex3f()
Nomor menunjukkan jumlah parameter : glVertex3f(1.0f, 1.0f, 1.0f) punya 3 parameter Huruf setelah nomor menunjukkan tipe data parameter : glVertex3f() bertipe data float.
10
Simple CG Program Architecture
Inisialisasi Berisi kode inisialisasi : penciptaan window, loading resource, dsb . berisi finite loop untuk logika, dan rendering. Update logika Rendering Keluar ? De-Inisialisasi
11
Setup OpenGL (using GLUT)
Windows : GLUT download :
12
Setup OpenGL 3 file penting dalam OpenGL yang akan digunakan, yaitu : glut.h, glut32.lib dan glu32.dll Letakkan glut.h ke dalam direktori : “Programs Files\VC\include” Letakkan glut32.lib ke dalam direktori : “Programs Files\VC\lib” Letakkan glut32.dll ke dalam direktori : “Windows\System32”
13
Demo Configuration OpenGL
Live Demo Setup OpenGL di Kelas Live Demo OpenGL Code Base Create Line Contoh code online dapat di akses pada link berikut : (hello.c & double.c)
14
Imam Cholissodin| imam.cholissodin@gmail.com
Selesai Imam Cholissodin|
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.