Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGAMA dan PERUBAHAN SOSIAL

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGAMA dan PERUBAHAN SOSIAL"— Transcript presentasi:

1 AGAMA dan PERUBAHAN SOSIAL
Oleh : Erna Karim

2 DEFINISI AGAMA MENGUNDANG PERDEBATAN POLEMIK (Ilmu Filsafat Agama, Teologi, Sosiologi, Antropologi, dan Ilmu Perbandingan Agama) TIDAK ADA DEFINISI AGAMA YANG BISA DITERIMA / DISEPAKATI SEMUA KALANGAN ADA 14 DEFINISI AGAMA YANG MENGETENGAHKAN BERBAGAI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN

3 CONTOH DEFINISI AGAMA DILIHAT DARI 2 ASPEK :
SEBAGAI KEADAAN PSIKOLOGIS RELIGIUSITAS : KEPERCAYAAN ATAU IMAN KEPADA ZAT YANG BERSIFAT KETUHANAN YANG PATUT DITAATI DAN DISEMBAH

4 LANJUTAN CONTOH DEFINISI AGAMA
2. SEBAGAI HAKIKAT EKSTERNAL : ADALAH SEPERANGKAT PANDUAN TEORITIS YANG MENGAJARKAN KONSEPSI KETUHANAN DAN SEPERANGKAT ATURAN PRAKTIS YANG MENGATUR ASPEK RITUALNYA

5 Lanjutan Definisi Agama (Sosiologi)
Sistem kepercayaan /sistem religi Ada kelompok/komunitas/masyarakat yang menganut sistem kepercayaan/sistem religi Ada pemimpin dan umat, ada strata sosial Ada ritual bersama dan individu

6 Lanjutan Definisi Agama
Ada atribut bersama / kolektif dan individual Ada tempat melakukan ritual Ada waktu dan periodisasi ritual Ada nilai dan norma

7 3 PENDEKATAN UNTUK MENDEFINISIKAN AGAMA
1. INSTITUSI 2. FUNGSI 3. SUBSTANSI

8 PENDEKATAN INSTITUSI DIGUNAKAN OLEH PARA AHLI SEJARAH SOSIAL DAN SOSIOLOGI DEFINISI AGAMA :  SUATU PANDANGAN HIDUP YANG INSTITUTIONALIZED YANG MUDAH DIBEDAKAN DARI YANG LAIN YANG SEJENIS DALAM HAL : SISTEM KEMASYARAKATAN, KEYAKINAN, RITUAL, DAN ETIKA YANG ADA DALAM AJARAN

9 INSTITUSI KEAGAMAAN Proses Pelembagaan / proses institusionalisasi
Pelembagaan yang melahirkan “rutinisasi kharisma”  proses fundamental yang mendahului berdirinya organisasi keagamaan

10 LANJUTAN INSTITUSI AGAMA
Penyesuaian dengan masyarakat Berlangsung pada 3 tingkat yang saling mempengaruhi : antara ibadah, doktrin dan organisasi

11 Lanjutan Pelembagaan Karena kebutuhan akan stabilitas dan kesinambungan, serta kebutuhan melestarikan isi keimanan Kharisma yang ada secara individu diubah menjadi kharisma institusi

12 LANJUTAN KELEMBAGAAN Kebutuhan untuk menjawab permasalahan yang timbul dari implikasi doktrin yang diajarkan

13 LANJUTAN PELEMBAGAAN Kebutuhan untuk menafsirkan kembali implikasi ajaran-ajaran tradisional agar isinya tetap sesuai dengan situasi baru Kebutuhan untuk mengatasi pengaruh ekstrinsik

14 LANJUTAN PELEMBAGAAN Pemujaan atau ibadah tetap merupakan monopoli pengurus dan pemuka agama Bertumpu pada doktrin yang telah digariskan

15 LANJUTAN PELEMBAGAAN Kebutuhan menentukan dan mengajarkan serta merupakan saluran yang terlembaga di dalam mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan atau apapun yang dituhankan Kebutuhan proses rutinisasi (ibadah, doktrin, organisasi, power relationship)

16 LANJUTAN PELEMBAGAAN Kebutuhan proses pemantapan kembali
pengalaman keagamaan di kala memuja Tuhan atau yang dituhankan

17 LANJUTAN PELEMBAGAAN Diperlukan organisasi keagamaan
Penguatan keimanan dan umat (kohesivitas umat) Penyebaran doktrin agama Proses memperbanyak umat

18 PENDEKATAN FUNGSI PARA AHLI SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI ADA YANG MENDEFINISIKAN AGAMA DARI SUDUT FUNGSI SOSIALNYA  YAITU SUATU SISTEM KEHIDUPAN YANG MENGIKAT MANUSIA DALAM SATUAN-SATUAN ATAU KELOMPOK-KELOMPOK SOSIAL, ADA SITUASI SOSIAL PENDEKATAN INI DIDUKUNG OLEH : EMILE DURKHEIM, ROBERT N. BELLAH, THOMAS LUCKMANN, DAN CLIFFORD GEERTZ

19 ADA SITUASI SOSIAL Pendiri agama dan penganut nya sering datang dari berbagai latar-belakang sosial, Strata sosial masyarakat Ada perbedaan fungsi, nilai dan norma

20 LANJUTAN SITUASI SOSIAL
Ada perbedaan pandangan, gaya hidup, kebutuhan, tanggapan dan motivasi yang ragam Muncul keragaman aliran dan sekte dalam satu agama

21 PENDEKATAN SUBSTANSI DIDEFINISIKAN OLEH PAKAR TEOLOGI, FENOMENOLOGI
MEREKA MENGUTAMAKAN ASPEK SUBSTANSINYA YANG SANGAT ASASI  YAITU SESUATU YANG SAKRAL (The Sacred) PENDUKUNGNYA : RUDOLF OTTO, DAN MIRCEA ELIADE

22 PERLUASAN DEFINISI AGAMA
ADA KECENDERUNGAN BARU DIKALANGAN PARA AHLI DARI BERBAGAI DISIPLIN ILMU UNTUK MEMPERLUAS DEFINISI AGAMA HINGGA MENCAKUP SEMUA JENIS KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SERTA IDEOLOGI BERSIFAT THEISTIC (KETUHANAN) MAUPUN YANG TIDAK BERKETUHANAN (NON-THEISTIC) TOKOHNYA : JOHN HICK

23 LANJUTAN PERLUASAN DEFINISI AGAMA
DIKENAL SEBAGAI AGAMA ALTERNATIF TERMINOLOGI PAUL TILLICH  QUASI-RELIGIONS ( IDEOLOGI YANG MIRIP AGAMA ATAU IDEOLOGI PENGGANTI AGAMA ) NINIAN SMART  WORLDVIEWS ( ADALAH FILSAFAT HIDUP ATAU PANDANGAN DUNIA )

24 AGAMA DALAM ARTI LUAS MENCAKUP SEMUA JENIS AGAMA, KEPERCAYAAN, SEKTE MAUPUN BERBAGAI JENIS IDEOLOGI MODERN SEPERTI  HUMANISME, SEKULARISME, NASIONALISME, DLL

25 PANDANGAN JOHN HICK LEBIH DIKENAL DENGAN TERMINOLOGI PLURALISME AGAMA
BERANGKAT DARI PENDEKATAN SUBSTANTIF  YANG MENGUNGKUNG AGAMA DALAM RUANG PRIVAT YANG SANGAT SEMPIT  MEMANDANG AGAMA LEBIH SEBAGAI KONSEP HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEKUATAN SAKRAL TRANSENDENTAL DAN BERSIFAT METAFISIK KETIMBANG SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL

26 LANJUTAN PANDANGAN HICK
SEJATINYA, SEMUA AGAMA ADALAH MANIFESTASI-MANIFESTASI DARI REALITAS YANG SATU BAHWA AGAMA-AGAMA BESAR MERUPAKAN PERSEPSI DAN KONSEPSI YANG BERBEDA SEKALIGUS MERUPAKAN RESPON YANG BERAGAM TERHADAP YANG REAL ATAU YANG MAHA AGUNG, DARI DALAM PRANATA KULTURAL MANUSIA YANG BERVARIASI

27 LANJUTAN PANDANGAN HICK
SEMUA AGAMA SAMA TIDAK ADA AGAMA YANG LEBIH BAIK DARI YANG LAIN PENDEKATAN SUBSTANTIF MENIMBULKAN PROSES PENGEBIRIAN DAN “REDUKSI” PENGERTIAN AGAMA YANG SANGAT DAHSYAT PEMIKIRAN “PERSAMAAN” AGAMA ( dalam hal eksistensi riil agama-agama maupun aspek esensi dan ajarannya / syariat )

28 LANJUTAN PANDANGAN HICK
PLURALISME AGAMA  DIHARAPKAN UNTUK TERCAPAINYA SUATU KEHIDUPAN BESAMA ANTAR AGAMA YANG HARMONIS, PENUH TOLERANSI, DAN SALING MENGHARGAI

29 MUNCULNYA PLURALISME AGAMA
BANYAK DAN BERAGAM SECARA UMUM DAPAT DIKLASIFIKASIKAN DALAM DUA FAKTOR UTAMA, YAITU :  FAKTOR INTERNAL ( IDEOLOGIS )  FAKTOR EKSTERNAL ( SOSIO-POLITIS DAN ILMIAH )

30 FAKTOR INTERNAL ( IDEOLOGIS )
TIMBUL AKIBAT TUNTUTAN AKAN KEBENARAN YANG MUTLAK (absolute truth claims) DARI AGAMA-AGAMA ITU SENDIRI, BAIK DALAM MASALAH AQIDAH, SEJARAH MAUPUN DALAM MASALAH KEYAKINAN ATAU DOKTRIN “KETERPILIHAN”

31 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
( THE DOCTRINE OF CHOSENNES ATAU DIVINE SELECTION ) ADANYA KEYAKINAN SESEORANG YANG SERBA MUTLAK DAN ABSOLUT BAHWA APA YANG DIYAKINI DAN DIIMANINYA ITU ADALAH YANG PALING BENAR DAN PALING SUPERIOR (sifat alami)

32 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
KEYAKINAN AKAN ABSOLUTISME DAN KEMUTLAKAN INI BERLAKU DALAM HAL AQIDAH, MAZHAB, DAN IDEOLOGI ( baik yang berasal dari wahyu Allah maupun dari sumber lainnya )

33 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
ABSOLUTISME AGAMA INI HAMPIR TIDAK ADA YANG MEMPERTANYAKAN ATAU MEMPERTENTANGKANNYA PD ERA MODERN (DEKADE AKHIR ABAD KE-20) MUNCUL PEMIKIRAN RELATIVITAS AGAMA DIKALANGAN PEMIKIR & KAUM INTELEKTUAL

34 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
RELATIVISME AGAMA MUNCUL SEBAGAI SEBUAH IDEOLOGI BARU ATAU “AGAMA BARU” MENGGANTIKAN FAHAM ABSOLUTISME AGAMA HAL INI MEMPERPARAH ISU PERTENTANGAN ANTAR KEYAKINAN-KEYAKINAN ABSOLUT

35 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
DALAM KONTEKS IDEOLOGI INI, UMAT MANUSIA TERBAGI MENJADI DUA BAGIAN :  MEREKA YANG BERIMAN DENGAN TEGUH TERHADAP WAHYU LANGIT ATAU SAMAWI  MEREKA YANG TIDAK BERIMAN KECUALI HANYA KEPADA KEMAMPUAN AKAL (RASIONALITAS)

36 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
MEREKA YANG BERIMAN PADA WAHYU SAMAWI, MEYAKINI ADANYA ESENSI WUJUD YANG GAIB, METAFISIK, ATAU KEKUATAN TRANSENDENTAL YANG ADA DIBALIK KEKUATAN ALAM

37 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
KELOMPOK PERTAMA INI TERJEBAK DALAM PERBEDAAN PENDAPAT YANG TAK MUNGKIN DIKOMPROMIKAN SAMA SEKALI DALAM MENENTUKAN SIAPA/APA ESENSI ZAT YANG GAIB, BAIK DALAM ASPEK BILANGAN, SUBSTANSI MAUPUN EKSISTENSINYA

38 LANJUTAN FAKTOR IDEOLOGIS
KELOMPOK KEDUA, SAMA SEKALI TIDAK MENGIMANI SEMUA YANG GAIB DAN DIANGGAP TIDAK RASIONAL (TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN MELALUI PANCA INDERA)

39 FAKTOR KETERPILIHAN KEYAKINAN SEBAGAI BANGSA TERPILIH OLEH TUHAN MERUPAKAN SUATU AQIDAH YANG HAMPIR DIDAPATI DALAM SEMUA AGAMA

40 LANJUTAN FAKTOR KETERPILIHAN
AQIDAH INI SANGAT PEKA DAN BERPERAN PENTING DALAM MEMBENTUK KESADARAN EMOSIONAL UMAT BERAGAMA AQIDAH INI LEBIH DIKENAL PADA AGAMA SAMAWI (Yudaisme, Kristen, Islam) DIBANDING AGAMA-AGAMA LAIN

41 LANJUTAN AQIDAH PEMBEBASAN DAN KESELAMATAN
FILSAFAT HIDUP YANG MEMBERIKAN HAK EKSKLUSIF KEPADA SUATU BANGSA/UMAT ATAS PEMBEBASAN DAN KESELAMATAN (SALVATION)

42 FAKTOR EKSTERNAL ADANYA GERAKAN KAJIAN ILMIAH MODERN TERHADAP AGAMA-AGAMA (STUDI PERBANDINGAN AGAMA) CONTOHNYA : ORIENTALISME KAJIAN PARA AHLI BARAT TERHADAP AGAMA-AGAMA TIMUR

43 LANJUTAN KESIMPULAN PENTING DARI KAJIAN PERBANDINGAN AGAMA (secara historis, fenomenologis, sosiologis, psikologis, dan filosofis) ADALAH BAHWA AGAMA-AGAMA DUNIA HANYA MERUPAKAN EKSPRESI ATAU MANIFESTASI YANG BERAGAM DARI SUATU HAKIKAT

44 LANJUTAN METAFISIK YANG ABSOLUT DAN TUNGGAL
DENGAN KATA LAIN, SEMUA AGAMA ADALAH SAMA PREMIS YANG MENDASARINYA  BAHWASANYA AGAMA ADALAH SIKAP DAN RESPONS MANUSIA

45 LANJUTAN PREMIS YANG MENDASARINYA  BAHWASANYA AGAMA ADALAH SIKAP DAN RESPONS MANUSIA TERHADAP SUATU HAKIKAT KETUHANAN YANG ABSOLUT


Download ppt "AGAMA dan PERUBAHAN SOSIAL"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google