Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
2
HOME MENU 4 2 1 6 3 5 3 FASE RPL METODE/ MODEL JENIS SOFTWARE
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS 2 4 PENGERTIAN Software engineering 1 HOME METODE/ MODEL 6 MENU JENIS SOFTWARE 3 TAHAP PENGEMBANGAN RPL 5
3
MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE PENGERTIAN UMUM : Rekayasa perangkat lunak yang dilakukan oeh engineer yang berpengetahuan dalam membaut software dengan tatacara tertentu
4
MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE Menurut Frizt Bauer : Software engineering adalah pembuatan dan penggunaan prinsip engineering dalam membuat software yang ekonomis , handal dan efisien
5
Back To Home PENGERTIAN IEEE :
MENURUT FRITZ BAUER PENGERTIAN UMUM IEEE PENGERTIAN IEEE : Pendekatan aplikasi yang sistematis disiplin dan terukur untuk mengembangkan , melakukan operasi dan perbaikan software Back To Home
6
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS
TOOLS METHOD METHOD RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS PROCES PROCES A QUALITY FOCUS A QUALITY FOCUS
7
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS
QUALITY : Dasar pembuatan sebuah produk, apalagi produk software adalah kualitas. Software yang dibuat harus handal, efisien, ekonomis, dan sesuai dengan harapan user A QUALITY FOCUS
8
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS
Proses : Merupakan elemen yang menyatukan lapisan yang lainnya, berfungsi sebagai kerangka kerja, memungkinkan pengembangan yang rasional dan tepat waktu dari software RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS PROCES
9
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS
METHOD RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS METODE : Cara yang dilakukan untuk membangun software. Mencakup analisis kebutuhan, desain, kontruksi program, pengujian, dan support.
10
RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS
TOOLS TOOLS TOOLS / ALAT : Memberi support unutk lapisan proses dan metode. Saat alat-alat saling terintegrasi , memungkinkan informasi yang dibuat tools dapat digunakan tools lain RPL : TEKNOLOGI BERLAPIS Back To Home
11
Contoh : sistem operasi Windows, Microsoft Office
GENERIC SOFTWARE Software dengan spesifikasi umum dan berlaku dimanapun. Software yang memiliki standar tetap dan tak berubah. Contoh : sistem operasi Windows, Microsoft Office
12
Contoh : software akademik univ,
COSTUMIZE SOFTWARE : Disebut juga bespoke software adalah software yang dibuat berdasarkan permintaan dan kebutuhan Contoh : software akademik univ, Back To Home
13
3 Fase RPL Fase Definition Fase Support Fase Developtmen
14
Fase Definition Fokus pada apa yang akan dibuat identifikasi informasi untuk diproses, fungsi yang akan dibuat, sistem yang diterapkan dan desainnya, agar bisa menghasilkan software yang baik
15
Fase Development Berfokus pada bagaimana software dibuat, bagaimana detail prosedural diimplementasi, interface dibangun, coding, dan testing. 3 kegiatan yang dilakukan SE : desain software, code generation, dan testing software
16
Fase Support Berfokus pada perubahan. Fase ininya adalah pengulangan fase defiisi dan development. Terjadi dari perubahan yang memungkinkan baik dari user maupun faktor lingkungan. Lingkup support
17
Back To Home Jaminan kualitas Tracking dan kontrol
Lingkup Fase Support Tracking dan kontrol Manajemen pengaturan Dokumentasi persiapan dan pembuatan Review formal teknis Manajemen penggunaan kembali Pengukuran Back To Home
18
Maintenence Debug Proces Requirement Test specification Code Design
19
Tahap pengumpulan dan analisa dan definisi kebutuhan proses bisnis
Requirement Tahap pengumpulan dan analisa dan definisi kebutuhan proses bisnis specification Analisa perangkat lunak untuk mengerti sifat program. Design Terjemah dari kebutuhan ke sebuah perancangan rpl yang akan dibuat kodenya
20
Back To Home Tahap penerjemahan kebutuhan kedalam bahasa pemrograman
Code Tahap pengujian logika internal, penyesuaian sistem dengan lingkungan Test Debug Proces Pencarian eror, perbaikan eror dan uji ulang program Maintenence Pengapdatasi software untuk menyesuaikan lingkungan eksternal seperti OS baru. Back To Home
21
E E M T D O
22
METODE/MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Penerapan struktur pada pengembangan suatu perangkat lunak(Software) dengan tujuan mengembangkan sistem dan memberikan panduan untuk proyek pengembangan sistem dan kemajuan melalui tahapan tertentu .
23
MODEL LINIER/ Waterfall
SYSTEM/INFORMATION ENGINEERING ANALISIS DESAIN CODE TEST MODEL LINIER/ Waterfall Model ini menunjukkan pendeketan yang sistematis dan terurut untuk mengembangkan software dimulai dari tingkat sistem, dan kemajuan melalui analisis, desain, coding, testing dan support. Kekurangan : Banyak penerapan yang tidak sesuai alur Requirement dari konsumen kurang jelas Memungkinkan adanya kesalahan fatal pada akhir projek
24
Kostumer mengetest contoh program
Model Prototype Bangun contoh program Kostumer mengetest contoh program Dengarkan costumer Sebuah mekanisme untuk mengidentifikasi kebutuhan software. Developer terlebih dulu mengidentifikasi kebutuhan dari kostumer, lalu membuat fragen program melalui tools seperti report generator, windows manager. Dan hasilnya akan dilihat oleh kostumer. Keuntungan : - dapat menghasilkan software yang berkualitas Kerugian : - membutuhkan waktu yang lama.
25
Model RAD RAD ( Rapid Application Development ) : model pengembangan software cepat yang menekankan siklus sangat pendek. RAD diadaptasi dengan kecepatan tinggi dari model linier sekensial
26
Model Incremental Metode ini menggabungkan elemen dari sekuensial linier dan iterasi dari model prototipe. Elemen-elemen dikerjakan hingga menghasilkan produk dengan spesifikasi tertentu, kemudian dimulai dari awal kembali hingga muncul hasil produk yang spesifikasinya lebih lengkap.
27
Model Spiral Model ini mengadaptasi model prototype dengan proses pengulangannya, dan waterfall dengan sistematikanya , metode ini dikenal sebagai spiral Boehm.
28
TERIMA KASIH
29
OLEH KELOMPOK 3 RPL : ERLANGGA DWI PRATAMA 1534010080
MADA LAZUARDI NAZILLY NADHIF REVISYACH F.S.W TATAQ DISTASIANTO
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.