Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUNTUNAN AGAMA TERHADAP IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUNTUNAN AGAMA TERHADAP IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN"— Transcript presentasi:

1 TUNTUNAN AGAMA TERHADAP IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN
BAB VII TUNTUNAN AGAMA TERHADAP IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN

2 Bimbingan & Doa Bagi Ibu Hamil, Melahirkan, & Bayi Baru Lahir
Mns adlh makhluk yg sempurna berasal dr bibit yg satu & sama dibentuk dr tanah liat & akan kembali ke asalnya. Sbgmn firman Allah swt. Dlm Qs. al-Hijir (15): وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ ( الحجر :28-29) Artinya: “Dan ketika Tuhanmu berkata kpd Malaikat, Ssghnya Aku (Allah) adlh dzat yg menciptakan mns dr tanah liat yg kering (yg berasal) dr lumpur hitam, mk ktk Aku tlh meratakan (membuat bentuk) & Aku tiupkan ruh (nyawa) dr ruh-Ku didlmnya mk pr malaikat tunduk kpdnya utk bsujud.” Dr Nabi Adam itulah kmd Allah menciptakan jenis makhluk wnt shg mrk dpt melestarikan keturunannya. Firman Allah swt dlm Qs. al-Nisa’ (4): 1. يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً (النساء :1) Artinya: “Hai mns! Bertakwalah kpd Tuhan yg tlh menciptakan kalian dr seorg diri. & Dia jadikan drnya seorg istri. & kmd mrk itu, Dia sebarkan keturunan laki2 & wanita yg banyak.”

3 Allah swt. menciptakan mns scr berpasangan dan dikarunia nafsu demi kelangsungan keturunannya. OKI, utk melegistimasikan hal ini mk perlu adanya pernikahan yg sah & mdptk keturunan yg saleh. Mdptk anak yg saleh bukanlah hal yg mudah ttp dipengaruhi bbrp faktor mis. faktor genetis, shg Nabi Muhammad saw. menganjurkan utk memilih benih (calon ibu & bapak) yg baik. Sabda nabi Muhammad saw.: تَخَيَّرُوْا لِنُطَفِكُمْ فَاِنَّ اْلعِرْقَ دَسَّاسٌ (رواه الترمذى) Artinya: “Pilihlah yg baik utk air spermamu, krn akhlak orang tua itu menurun kpd anaknya.” Nabi saw. juga memberikan tuntunan dlm melak. hub suami istri agar kelak benih yg dikandung & dilahirkan mjd anak yg saleh. Sbgmn sabda Nabi: اَمَّا لَوْ اَنَّ اَحَدَهُمْ يَقُوْلُ حِيْنَ يَأْتىِ اَهْلَهُ: بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانِ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانِ مَارَزَقْتَنَا. ثُمَّ قَدَّرَ بَيْنَهُمَا فىِ ذلِكَ اَوْ قَضَي وَلَدٌ يَضُرُّهُ شَيْطَانُ أَبَدًا (رواه البخارى) Artinya:“Ssghnya! Seandainya salah satu di ant mrk ketika melakukan hub. kelamin dg istrinya berdoa: “Dg nama Allah, Ya Allah! Jauhkanlah setan drku & jauhkan apa yg Engkau karuniakan kpd kami (anak) dr setan”. Kmd dr hub. itu mrk ditakdirkan/dikaruniai anak mk selamanya setan tdk akan dpt membahayakan” 

4 Byk wnt yg sdh tahu dirinya hamil tanpa memeriksakan dirinya ke dokter
Byk wnt yg sdh tahu dirinya hamil tanpa memeriksakan dirinya ke dokter. Yg dpt diket. dr gejala2 pd awal kehamilan al: haid yg tdk kunjung dtg, payudara yg memadat & membesar, puting membesar & menghitam, mual2/ sering kencing. Proses kehamilan ini memerlukan waktu yg cukup lama. Sbgmn firman Allah swt. وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا ءَاخَرَ ( المؤمنون :12-14) Artinya: “Dan ssgh Kami tlh menciptakan mns dr saripati (berasal) dr tanah. Kmd Kami jdk saripati itu air mani (yg disimpan) dlm tmp yg kokoh (rahim). Kmd sperma (nuthfah) Kami jdk alaqah (segumpal darah), kmd segumpal darah itu Kami jdk mudhgah (segumpal daging), kmd segumpal daging itu Kami jdk belulang mk belulang itu lalu Kami bungkus dg daging. Kmd Kami ciptakan makhluk baru yg lain.” (Qs. Al-Mukminun: 12-14) فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ( الحج : 5) Artinya:“Mk ssgh Aku (Allah) tlh menciptakan kalian dr debu (tanah) kmd dari sperma (nuthfah) kmd dr gumpalan darah (alaqah), lantas embrio (mudhghah) yg sempurna kejadiannya & yg tdk sempurna, agar Aku menjelaskan kpd kalian, & Aku tempatkan makhluk baru itu dlm rahim dg sekehendak-Ku sampai batas waktu yg tlh ditentukan (dlm Lauh Mahfudz), kmd Aku keluarkan kalian dlm keadaan bayi.” (Qs. al-Haj [22]:5).

5 Kehadiran bayi ke alam dunia mrp kebahagiaan bagi setiap keluarga
Kehadiran bayi ke alam dunia mrp kebahagiaan bagi setiap keluarga. Sbgmn termuat dlm firman Allah swt. Dlm Qs. Maryam (19):7. يَازَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا (مريم :7) Artinya: “Hai Zakaria! Ssghnya Aku (Allah) akan memberikan kegembiraan dg seorg anak yg bernama Yahya yg nama itu blm pernah Aku sebutkan sblmnya.” مَا مِنَ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى اْلفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ (رواه البخارى) Artinya: “Setiap bayi yg baru lahir adlh membawa fitrah mk terserah kpd orangtuanya ia akan jd Yahudi atau Nasrani.”

6 Menyambut Kehadiran Bayi
Bbrp langkah menyambut kehadiran bayi sbb: 1. Menyerukan azan & iqamat Pertama kali si bayi lahir ke alam dunia, disunnahkan bagi orangtua utk menyerukan azan di telinga kanan si bayi & iqamat di telinga sebelah kiri. Sbgmn sabda Nabi saw.: من ولد لَهُ مَوْلُوْدٌ فَأَذَّنَ فيِ أُذُنِهِ اْليُمْنىَ وَأَقَامَ فيِ أُذُنِهِ اْليُسْرَى لَمْ تَضُرُّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ (رواه البيهقي). Artinya:“B.s. memiliki anak yg baru lahir kmd ia serukan azan di telinga kanannya & menyerukan iqamat di telinga kirinya mk jin/makhluk halus lain tdk dpt menjerumuskannya dlm bahaya.” 2. Menggosok langit2 mulutnya Cara menggosok langit2 sisi kanan diteruskan ke sisi kiri smp rata shg otot di sekitar rahang semakin kuat. Hal ini pernah dilak. Rasulullah saw. thd putra Abu Musa & Abu Thalhah. 3. Mencukur rambut kepala si bayi Mencukur rambut ini sebaiknya dilakukan pd hari ke-7 sejak kelahirannya sekaligus bersamaan dg acara aqiqah.

7 4. Pemberian nama Islam tdk memberikan batasan kapan pemberian nama. Tuntunan yg pernah dilakukan Rasulullah adlh pd hari ke7. Sbgmn sabda Nabi saw.: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعَهِ وَيُسَمَّى فِيْهِ وَيُخْلِقُ رَأْسَهُ (رواه أصحاب السنن) Artinya:“Setiap bayi adlh bergantung pd aqiqahnya yg dipotong pd hari ke-7 stlh kelahirannya. Dan pd saat itu bayi diberi nama & dicukur rambut kepalanya.” 5. Pemberian nama haruslah dg nama yg baik & sekaligus yg sesuai dg syari’at Islam. Sbgmn sabda Nabi saw. : اِنَّكُمْ تَدْعُوْنَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ بِأَسْمَاءِكُمْ وَأَسْمَاءِآبَائِكُمْ فَأَحْسِنُوْا أَسْمَاءَكَمْ (رواه ابو داود) Artinya: ”Ssghnya kalian nanti di hari Kiamat akan dipanggil dg namamu & nama ayahmu mk pilihlah nama yg baik utkmu.”

8 6. Aqiqah Scr bhs berarti memotong. Scr istilah fiqh berarti memotong kambing utk si bayi pd hari ke-7 stlh kelahirannya. Mayoritas Ulama mengatakan bhw hukum aqiqah adlh sunnah sdgk Ulama Hanafiyah mengatakan bhw aqiqah tdk pernah disyariatkan. Pd hari ke-7 bukanlah batas waktu yg diwajibkan, jk belum mampu bisa di kesempatan lain. Ada perb. mas. aqiqah bagi anak laki-laki dg anak perempuan. Anak laki2 disunnahkan memotong 2 ekor kambing sdk anak pr cukup 1 ekor. Sbgmn yg dikemukakan Aisyah r.a.: أَمَرَنَا عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ أَنْ نَعِقَ عَنِ اْلغُلاَمِ بِشَاتَيْنِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ بِشَاةٍ (رواه ابن ابي شيبة) Artinya: “Rasulullah saw. memerintahkan kpd kami memotong aqiqah 2 ekor kambing untuk bayi laki2 & seekor kambing utk bayi pr.” Kambing utk aqiqah adlh kambing yg tlh memenuhi persyaratan, yi tlh mencapai umur 1 thn & tdk cacat. 7. Khitan Orang yg pertama kali melakukan khitan adlh Nabi Ibrahim a.s. yg menerima perintah Allah utk berkhitan pd usia 80 tahun. syari’at ini tetap dilestarikan pd masa kerasulan Muhammad saw.

9 Tuntunan Agama Terhadap Ibu Nifas
Nifas berasal dr bhs Arab yg scr etimologi berarti kelahiran krn proses ini tjd pasca persalinan. Sdgk nifas dlm istilah fiqh, nifas adlh pendarahan yg tjd stlh rahim menjalankan fungsinya, tmp mengandung janin sekalipun yg dilahirkan hanya brp mudhghah/baru alaqah. Wanita yg tlh menjalani proses persalinan, perutnya akan mengempis spt sediakala & rahim akan mengeluarkan cairan yg bercampur darah (lochia/darah nifas). Lochia: cairan terbentuk dr darah berasal dr bekas uri yg melekat pd dinding rahim, pd ms kehamilan menebalan ttp stlh persalinan mjd hancur & keluar lwt rahim. 5 hari pertama biasanya lochia berwarna merah krn byk mengandung darah hr kmd, lochia berubah mjd merah agak keruh /pucat, krn zat2 yg ada pd darah semakin berkurang. Pd saat itu, byk zat2 sisa dr dinding rahim yg dikeluarkan, shg pd hari ke 12, lochia semakin pucat & kekuning2an. Lochia akan terus menerus keluar dan biasanya akan berhenti keluar pd minggu ke3.

10 Mrt fiqh, puerperium (waktu nifas) memiliki batas2 waktu ttt, shg darah/cairan yg mengalir pd saat itu (uerperium) dpt dibedakan dr darah istihadlah/dg darah nifas. al-Qur’an & hadis tdk memberikan ketentuan scr jelas, shg pr ahli fiqh hrs melak ijtihad sbgmn mas. haidl, yi dg istiqra’. Ulama Syafiiyah: Waktu (standar) puerperium, batas min. “sejenak”/“seketika”, batas maks 60 hari sejak berlangsungnya persalinan. Mayoritas wnt mengalami puerperium sekitar 40 hari, sbgmn Hadis Nabi saw. yg dikemukakan oleh Ummu Salamah r.a: كَانَتِ النُّفَسَاءُ تَقْعِدُ عَلىَ عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بَعْدَ نِفَاسِهَا أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا, وَلَمْ يَأْمُرْهُنَّ النَّبِىُّ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ (رواه أبو داود عن أم سلمة) Artinya: “Pd saat Rasulullah saw., pr wnt yg sdg nifas tdk melak salat slm 40 hari stlh persalinan mrk & Nabi tdk memerintahk mengqadla salat yg ditinggalkannya.”

11 Jk proses persalinan tdk diikuti oleh darah nifas mk cr menghitungnya mulai sejak keluarnya darah bukan sejak proses persalinan dg ketentuan belum melebihi batas min masa suci, yi 15 hari sejak persalinan. Jika pendarahan baru berlangsung setelah 15 hari mk bukan lagi darah nifas tetapi darah haid. Jika tdk mengeluarkan darah mk dianggap masa suci & wajib salat. Nifas memiliki kesamaan illat dg mas. haidl yg ada sumber utamanya, mk nifas diqiyaskan dg mas. haidl. OKI, hal2 yg diharamkan bagi wnt haidl, haram pula utk wnt yg sdg nifas. Bbrp hal yg diharamkan al: shalat baik fardlu/sunnah, membaca ayat2 suci, Menyentuh/membawa mushaf, melakukan thawaf, berdiam diri di masjid, berpuasa, berjima’, diceraikan, dan Menyeberangi/melewati masjid jk khawatir mengotori.

12 Demikian dan Terima Kasih
Semoga Bermanfaat


Download ppt "TUNTUNAN AGAMA TERHADAP IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google