Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAde Hartono Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Oleh : Nanscy Evi Wardani
2
Apa yang disebut RPL?
3
Pengertian RPL Proses membuat perangkat lunak dengan menggunakan kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip rekayasa sehingga dihasilkan perangkat lunak yang berkualitas
4
Tujuan dari RPL
5
Tujuan RPL Perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya. Memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya rendah, Tepat waktu, baik saat pembuatan, penyerahan ke pemakai, maupun instalasinya. Setiap tahap pekerjaan terjamin kualitasnya, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (ada proses verifikasi dan validasi).
6
Karakteristik RPL
7
Understandability, membuat bagaimana agar proses mudah untuk dimengerti
Visibility, Aktifitas proses menghasilkan hasil yang jelas Supportability, Aktifitas Proses dapat didukung atas CASE tools Acceptability, Penerimaan atas proses yang digunakan selama pembangunan Produk Perangkat Lunak. Reliability, Proses didesain dalam suatu metode untuk dihindarkan dari kesalahan Robustness, Proses dapat meneruskan dalam masalah yang tidak diharapkan terjadi Maintainabiity, Proses yang merefleksi atas perbaikan proses yang diidentifikasi Rapidity, bagaimana cepat proses pengiriman sebuah sistem dari Spesifikasi yang ada sampai selesai Karakteristik RPL
8
Komponen Perangkat Lunak
9
Sistem Operasi : Sistem Operasi (disebut juga platform software) terdiri dari program utama dan program low-level yang mengatur operasi dasar komputer. Device Driver : adalah program komputer yang mengawal jenis-jenis peranti yang dipasangkan (install) pada komputer Program Utilitas: Adalah sebuah program yang digunakan untuk Meningkatkan kapabilitas program komputer yang telah ada pada computer. Komponen PL
10
Prinsip Analisis dan desain
11
Prinsip Analisis dan Desain.
Prinsip analisis : Untuk mencari kebutuhan pengguna dan organisasi serta menganalisa kondisi yang ada (sebelum diterapkan sistem informasi yang baru). Desain : Bertujuan menentukan spesifikasi detil dari komponen-komponen sistem informasi (manusia, hardware, software, network dan data) dan produk-produk informasi yang sesuai dengan hasil tahap analisis. Prinsip Analisis dan Desain.
12
Domain informasi dari suatu masalah harus direpresentasikan dan dipahami.
Fungsi-fungsi yang akan dilakukan oleh perangkat lunak harus didefinisikan. Tingkah laku perangkat lunak (sebagai suatu urutan kejadian eksternal) harus diwakilkan. Model-model yang menggambarkan informasi, fungsi, dan tingkah laku harus dipecah-pecah dalam suatu cara yang membongkar suatu detail dalam bentuk lapisan. Proses analisis harus bergerak dari informasi dasar ke detail implementasi. Prinsip analisis
13
Ragam model proses pengembangan pl
14
Ragam model proses pengembangan PL
Model air terjun : Model ini adalah model klasik yang mengusung pengembangan perangkat lunak yang sistematis, Model prototype : Metode ini menyajikan gambaran yang lengkap dari sistem, terdiri atas model kertas, model kerja dan program. Model RAD : proses pembangunan Perangkat Lunak yang menekankan pada siklus pengembangan yang pendek dan singkat. Model spiral :Model ini mengadaptasi dua model perangkat lunak yang ada yaitu model prototyping dengan pengulangannya dan model waterfall dengan pengendalian dan sistematikanya. Dan lain lain. Ragam model proses pengembangan PL
15
DISKUSI KELOMPOK BENTUKLAH KELOMPOK MASING-MASING TERDIRI DARI 4 ORANG! DISKUSIKAN MENGENAI KONSEP PEMODELAN PERANGKAT LUNAK! MASING-MASING KEMUDIAN PRESENTASIKAN HASIL DISKUSI TIAP KELOMPOK KE DEPAN KELAS!
16
Thanks
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.