Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK"— Transcript presentasi:

1 PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

2 PENDEKATAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERORIENTASI OBJEK UNTUK MENDESAIN SEBUAH SISTEM DISEBUT DENGAN DESAIN BERORIENTASI OBJEK. DESAIN BERORIENTASI OBJEK BANYAK TERKAIT DENGAN IDENTIFIKASI DAN KLASIFIKASI TIGA TIPE OBJEK, MELIPUTI OBJEK ANTARMUKA, ENTITI, DAN KONTROL. TIPE OBJEK ANTARMUKA DAN KONTROL ADALAH OBJEK YANG MERUPAKAN HASIL DARI IMPLEMENTASI KEPUTUSAN YANG DIBUAT SELAMA DESAIN SISTEM.

3 PERANCANGAN OBJEK OBJEK ENTITY DIIDENTIFIKASI SELAMA ANALISIS SISTEM DAN BIASANYA DIHUBUNGKAN DENGAN ITEM DIDALAM KEHIDUPAN NYATA DAN MEMUAT INFORMASI, YANG DISEBUT ATRIBUT, YANG MENGGAMBARKAN CONTOH-CONTOH YANG BERBEDA DARI SEBUAH ENTITY. OBJEK ANTARMUKA ADALAH OBJEK YANG MEWAKILI SEBUAH ALAT YANG AKAN DIPAKAI OLEH PENGGUNA UNTUK BERANTARMUKA DENGAN SISTEM. FUNGSIONALITAS USE CASE.

4 C. OBJEK CONTROL DIANGGAP SEBAGAI “POLISI LALU-LINTAS” YANG BERISI LOGIKA APLIKASI ATAU ATURAN BISNIS DARI SEBUAH PERISTIWA. SIMBOL: OBYEK ENTITI OBYEK ANTARMUKA OBYEK KONTROL

5 PERANCANGAN HUBUNGAN (DEPENDENCY, NAVIGABILITY) MI51/19/12/2011
DEPENDENCY, HUBUNGAN DEPENDENSI/KETERGANTUNGAN DIGUNAKAN UNTUK MEMODELKAN ASOSIASI ANTARA DUA BUAH KELAS DALAM DUA BUAH CONTOH/INSTANCE. UNTUK MENUNJUKKAN BAHWA KETIKA TERJADI PERUBAHAN PADA SEBUAH KELAS, PERUBAHAN TERSEBUT DAPAT BERPENGARUH PADA KELAS LAIN. HUBUNGAN DEPENDENSI DIGAMBARKAN DENGAN SEBUAH ANAK PANAH DENGAN GARIS PUTUS-PUTUS.

6 In OO programming every piece of code resides inside an object class
CONTOH: In OO programming every piece of code resides inside an object class

7 NAVIGABILITY, OBJEK DARI SEBUAH TIPE DAPAT MENAVIGASI KE OBJEK YANG TIPENYA LAIN. NAVIGABILITY DIILUSTRASIKAN DENGAN ANAK PANAH YANG HANYA MENUNJUK KE ARAH PESAN TERSEBUT DIKIRIM. CONTOH:

8 VISIBILITY ADALAH LEVEL AKSES YANG DIMILIKI OLEH SEBUAH OBJEK EKSTERNAL PADA SEBUAH ATRIBUT ATAU METODE. UML MEMPUNYAI TIGA BUAH LEVEL VISIBILITY: PUBLIC, DENGAN SIMBOL “+” PROTECTED, DENGAN SIMBOL “#” PRIVATE, DENGAN SIMBOL “-” CONTOH:

9 TANGGUNG JAWAB OBJEK ADALAH KEWAJIBAN BAHWA SEBUAH OBJEK HARUS MEMBERIKAN LAYANAN KETIKA DIMINTA DAN BEKERJA SAMA DENGAN OBJEK LAIN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN TERSEBUT JIKA DIMINTA. METODE ADALAH LOGIKA PERANGKAT LUNAK YANG DIEKSEKUSI SEBAGAI RESPONS TERHADAP SEBUAH PESAN

10 KEMAMPUAN OBJEK UNTUK DIGUNAKAN KEMBALI.
JANGAN PERNAH MEMBUAT PERANGKAT LUNAK BARU UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DI MANA ORANG LAIN TELAH MEMBUAT PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMECAHKAN MASALAH TERSEBUT DENGAN BENAR DAN EFISIEN.

11 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google