Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu"— Transcript presentasi:

1 Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Oleh Sari Ferliani ( ) Farah Nahdzia ( ) Sora Azizah ( ) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Fakultas Ekonomi / IV Akuntansi B2

2 ETIKA ISLAM DALAM PENERAPAN ILMU EKONOMI
Dalam mengkaji persoalan etika ekonomi Islam tidak terlepas dari al-Qur'an dan Hadits. Istilah "etika" sering digunakan secara bergantian dengan "moral" untuk maksud yang sama. Ini bisa dipahami, karena sebenarnya, keduanya berasal dari dua kata yang sama. Etika berasal dari kata "ethos", sebuah kata Yunani, sedangkan moral, asal katanya adalah "moralis", sebuah kata latin. Keduanya bisa diartikan sebagai kebiasaan atau adat istiadat, Tapi kemudian etika atau "ethics" berkembang artinya menjadi sebuah bidang kajian filsafat atau ilmu pengetahuan tentang moral atau moralitas. Dengan demikian, maka etika adalah suatu penyelidikan atau pengkajian secara sistematis tentang perilaku manusia

3 Landasan Etika Islam dalam penerapan Ilmu Ekonomi
Landasan etika bisnis dalam penerapan ilmu ekonomi antara lain : Qs. Al Baqarah : 282 Qs. An Nisa’ : 29 Qs. Al-Isra’ ayat 26 Qs. Al Jumuah ayat 9 Q.S al-Hijr ayat 20 Hadist hadist Rasulullah

4 Qs. Al baqarah ayat 282 Yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau Dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, Maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). jika tak ada dua oang lelaki, Maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa Maka yang seorang mengingatkannya. janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu’amalahmu itu), kecuali jika mu’amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, Maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. jika kamu lakukan (yang demikian), Maka Sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

5 2. Qs. An Nisa’ : 29 Yang artinya :Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu; Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

6 3. QS. Al-Isra’ ayat 26 4. QS. Al-Jumuah ayat 9
Yang Artinya “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros” 4. QS. Al-Jumuah ayat 9 Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at maka, bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. ”

7 5. Q.S al-Hijr ayat 20 Artinya “Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya” 6. QS. Al Baqarah Artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya”

8 Perintah Berterus terang dalam transaksi jual beli
Riba Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama kadarnya dan janganlah melebihkan sebagiannya dengan mengurangi sebagian yang lain. Janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama kadarnya dan janganlah melebihkan sebagiannya dengan mengurangi sebagian yang lain. Dan janganlah menjual sesuatu yang berjangka dengan yang kontan. (Shahih Muslim No.2964) Perintah Berterus terang dalam transaksi jual beli Hadis riwayat Hakim bin Hizam ra.: Dari Nabi saw. beliau bersabda: Penjual dan pembeli memiliki hak pilih selama belum berpisah. Apabila mereka jujur dan mau menerangkan (keadaan barang), mereka akan mendapat berkah dalam jual beli mereka. Dan jika mereka bohong dan menutupi (cacat barang), akan dihapuskan keberkahan jual beli mereka. (Shahih Muslim No.2825)

9 Hubungan ilmu dan kemanusiaan
Hubungan Antara Ilmu Dan Kemanusiaan Manfaat Ilmu bagi Kemanusiaan Fungsi manusia dalam perkembangan ilmu IV AKUNTANSI B2 AIK - Kelompok 9

10 Hadist Tentang Hubungan Ilmu dan Kemanusiaan
«اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَارْزُقْنِي عِلْمًا تَنْفَعُنِي بِهِ» - Ya Allah, berilah aku manfaat dari ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, ajarkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah untukku ilmu yang bermanfaat bagiku.” (HR. An-Nasai dalam As-Sunan al-Kubra no dan Al-Hakim no. 1879) اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، الحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ. Ya Allah, berilah aku manfaat dari ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, ajarkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah untukku ilmu. Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan dan aku berlindung kepada Allah dari keadaan penduduk neraka.” (HR. At-Tirmidzi no. 3599)

11 Hadist Tentang Manfaat Ilmu dan Kemanusiaan
افضل الاعمال العلم با لله ان العلم ينفعك معه قليل العمل وكثيره وان الجهل لاينفعك معه قليل العمل ولا كثيهر Artinya: Amal yang paling utama adalah berilmu mengenai Allah, sesungguhnya ilmu itu mendatangkan manfaat bagimu (bila engkau) bersamanya sedikit maupun banyak amal. Dan sesungguhnya bodoh  itu tidaklah mendatangkan manfaat bagimu  (bila engkau) bersamanya, sedikit maupun banyak amal itu

12 Fungsi manusia dalam perkembangan ilmu
Fungsi manusia terhadap ilmu adalah menemukan, mengembangkan, menciptakan, kemudian mengevaluasi terhadap ilmu yang didapatnya melalui proses berpikir yang alami dan sistematis. dengan pemikiran seperti itu manusia bisa membagi atau memetakan suatu ilmu degan spesifikasi tertentu yang berkembang saat ini dan sudah dimanfaatkan oleh manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah surat Al-Alaq Ayat 1-5 sebagai berikut : IV AKUNTANSI B2 AIK - Kelompok 9

13 Ilmu Filsafat Dalam Kemaslahatan Hidup Insani
Pembentukan manusia yang lebih baik bukan dalam arti moral; baik buruknya manusia, tetapi dalam arti pembentukan manusia sebagai makhluk yang hidup dan berbudaya dalam perspektif filsafat budaya, yakni hidup yang lebih bijaksana,  dan lebih kritis. 1. pengetahuan manusia tentang diri sendiri dan lingkungannya 2. manusia dalam hubungannya dengan hidup komunitas 3.agama membantu manusia hidup dengan lebih baik. IV AKUNTANSI B2 AIK - Kelompok 9


Download ppt "Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google