Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehShinta Sudjarwadi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PERTEMUAN 6 “ALAT INPUT” AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 CREATED BY: PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2011
2
POKOK PEMBAHASAN Pendahuluan Alat Input Langsung
Alat Input Tak Langsung
3
PENDAHULUAN Alat input : (Input device ) adalah alat yang digunakan untuk menerima input. Input : Adalah energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem. Signal input : signal input adalah data yang dimasukkan ke sistem komputer. Maintenance input: adalah program yang digunakan untuk mengelolah data yang dimasukkan. Terminal dapat digolongkan sebagai berikut: Non Intelligent terminal Smart terminal Intelligent terminal
4
ALAT INPUT LANGSUNG Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melaui alat input ini tampa terlebih dahulu dimasukkan kemedia simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan system computer. Alat input langsung dapat digolongkan kedalam beberapa golongan, yaitu keyboard, pointing device, scanner, censor dan voice reconizer
5
Keyboard Keyboard (papan tombol) adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan kealat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard. Keyboard sebagai alat input langsung, biasanya didampingi dengan suatu tampilan (display) yang akan menampilkan apa yang akan ditekan di keyboard. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal. Beberapa alat input langsung yang keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah teleprinter terminal, financial transaction terminal, point-of-sole terminal dan visual display terminal.
6
Teleprinter Terminal Teleprinter terminal atau line terminal terdiri dari keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer). Input dimasukkan dengan menekan tombol-tombol kunci yang ada di keyboard dan apa yang ditekan akan tercetak dilayar berbentuk kertas. Input yang dimasukkan tersebut , akan langsung dikirim dan diproses oleh alat proses.
7
Financial transaction terminal
Financial transaction terminal digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu dari penggunaan terminal ini adalah untuk Elektronic Find Tranfer (EFT) dengan menggunakan ATM (Automated Teller Machine).
8
Point-of-sale terminal
Point-of-sale (POS) terminal biasanya digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard untuk memasukan data barang yang dijual dan display untuk menampilkan data transaksi dan alat cetak untuk mencetak tanda terima untuk pembeli.
9
Visual display terminal
Alat input yang popular digunakan untuk memasukan input langsung kealat proses sekarang ini adalah visual display terminal (VDT) atau disebut juga dengan nama visual display unit (VDU) atau video display unit, yang terdiri dari keyboard dan visual display (tampilan visual). Visual display terminal disebut juga dengan nama CTR terminal, karena visual display tersebut menggunakn bahan tabung atau CTR (Cathone Ray Tube).
10
Pointing DEVICE Untuk kerpeluan tertentu, misalnya pembuatan grafik atau ganber, penggunaan keyboard kurang memuaskan. Alat input yang berupa pointing device lebih tepat digunakan.
11
Mouse Mouse adalah pointing devise yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse dibidang yang datar, misalnya meja, cursor dilayar akan bergeser sesuai dengan arah dari penggeseran moese. Setelah cursormenempati urutan tertentu di layer yang diinginkan, anda dapat menekan tombol yang ada dimouse untuk beberapa keperluan, tergantung dari program yang akan digunakan, misalnya untuk memilih suatu pilihan dilayar.
12
Touch screen Touch screen (layer sentuh) adalah layer monitor yang akan mengaktipkan program bila bagian tertentu dilayar disentuh dengan tangan. Misalnya, layer menampilkan bebrapa pilihan untuk dipilih, bagian yang anda pilih dapat anda lakukan dengan cara menyentuhnya. Computer Hewlett-Packard HP 150 mempergunakan teknologi layer sentuh ini.
13
Light pen Dengan light pen memungkinkan anda untuk menyentuh suatu titik di layer dan koputer akan membaca lokasi tersebut. Kalau pada touch screen anda menyentuh dengan tangan, maka pada light pen anda menyentuh posisi dilayar dengan cara tersebut. Dengan light pen, posisi sentuhan dilayar akan lebih tepat dan lebih teliti. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik dan ganbar didalam perencanaan dengan bantuan koputer (computer aided design).
15
Digizer grapihics tablet
Menggambar grafik secara elektronika dapat dilakukan dengan digitizer graphics tablet. Dengan alat ini memungkinkan anda untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan alat menyerupai pen, selanjutnya hasil dari grafik akan tampak dilayar.
16
Scanner Alat input yang berupa scanner bekerja dengan cara meraba elektronik input yang akan dibaca. Alat input scanner dapat berupa Magnetic Ink Character Recognition (MICR) dan optikal data reader.
17
Magnetic Character Recognition
Bentuk pertama dari alat peraba (scanner) adalah alat pembaca pengenal karakter tinta magnetic atau Magnetic Ink Character Recognition (MICR) reader, MICR reader banyak digunakan di bank-bank diAmerika Serikat untuk transaksi cek.
18
Optical Data Reader Dengan MICR dibutuhkan tinta magnetic yang khusus supaya bias dibaca oleh alatnya. Optical data reader mempunyai kemampuan untuk membaca data langsung dari kertas biasa dan tampa menggunkan tinta magnetic yang khusus. Optical data reader dapat berupa Optical Character Recognition (OCR) reader, OCR tag reader, bar code wand, dan Optical Mark Recognition (OMR) reader.
19
OCR reader Keterbasan dari MICR selain harus ditulis dengan tinta magnetic yang khusus, juga terbatasnya jumlah macam karakter yang dipergunakan, yaotu hanya tersedia 14 macam karakter saja. Walaupun OCR lebih mahal, tetapi mempunyai kelebihan jumlah macam kerakter yang dapat dipergunakan.
20
OCR tag reader OCR tag reader banyak dipergunakan ditoko-toko serba ada untuk membaca label data barang yang dijual yang dicetak dengan bentuk (font) karater OCR. OCR tag reader diletakkan pada POS terminal yang dihubungkan dengan pusat computer.
21
Bar code wand Alat tambahan lain yang diletakkan di POS terminal selain OCR tag reader adalah bar code wand untuk membaca label data barang dagangan yang dicetak dalam bentuk kode batang (bar code). Kode barang yang paling banyak dipergunakan adalah system Universal Product Code (UPC).
22
OMR reader Optical Mark Recognition (OMR) reader sekarang banyak digunakan untuk penilaian test (test scoring). Jawaban dari test yang diberikan dijawab dikertas mark sense form dengan menandai tempat jawaban menggunakan pensil hitam (umumnya jenis 2B). OMR reader juga banyak digunakan untuk membaca hasil dari daftar pertayaan (questinaires), register mahasiswa dan lain sebagainya. Sekarang sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menggunakan system OMR untuk penyeleksian test masuk mahasiswa baru. Dengan OMR, operator computer tidak perlu memasukkan setiap jawaban peserta ujian satu persatu melalui keyboard (terlalu lama dan cendrung banyak terjadi kesalahan pemasukan), tetapi langsung memasukkan jawaban formulir mark sense ke OMR reader
24
Sensor Sensor merupakan alat yang mamapu secara langsung menangkap data kejadian phisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukkan ke pengubah analog-to-digital converter yang berikutnya akan diproses oleh computer.
25
Mata di komputer Pada misi ruang angkasa Voyager ke Jupiter dan Saturnus, pesawat ruang angkasa mempunyai beberapa kamera televise dan beberapa sensor yang mengumpulakn data di planet-planet tersebut. Computer di pesawat ruang angkasa mengirimkan banyangan yang ditangkap oleh kamera kedalam bentuk sinyal digital yang dipancarkan ke bumi stasiun dibumi menangkap sinyal digital Southern California. Sinyal digital tersebut kemudian diproses lebih lanjut oleh computer dan dirubah kembali kedalam bentuk gambar. Sekitar gambar foto dari planet Jupiter telah dihasilkan dengan cara tersebut.
27
Digitizing camera Alat digitizing camera memungkinkan untuk menagkap obyek gambar seperti misalnya foto, dokumen, obyek tiga dimensi yang akan ditampilakan kelayar computer untuk diproses lebih lanjut. Layer peraga computer harus khusus, yaitu yang mempunyai resolusi yang tinggi (terdiri dari titik-titik yang rapat).
28
Voice Recognizer Voice recognizer atau speech recognizer membuat computer mengerti omongan manusia. Voice recognizer menggunakan microphone untuk menangkap suara input. Walaupun sekarang computer sudah dapat meneima input suara, tetapi tidak semua suara manusia bias dimengerti oleh computer. Computer yang bias mengerti semua suara manusia sedang dalam pengembangan. Koputer sekarang dapat mengenal suara manusia dalam pengembangan. Computer sekarang dapat mengenal suara manusia dalam jumlah suku kata yang terbatas dan tertentu.
29
ALAT INPUT TIDAK LANGSUNG
Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu kesuatu media machine readable from (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh computer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya kartu plong (punched card), pita magnetic (magnetic tape) atau disk magnetic (magnetic disk).
30
Key-to-card Salah satu alat memasukkan data yang paling tua adalah keypunch atau key-to-card. Alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu kedalam bentuk media punched card (kartu plong atau kart upon). Bila digunakan beberapa unit alat keypunch, maka dapat dilakukan pembagian tugas merubah data dari sumber data kedalam bentuk kartu plong. Kumpulan dari kartu plong, selanjutnya dapat dibacakan ke computer untuk proses melalui alat pembaca kartu (card reader).
31
KEY-TO-TAPE Alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data kemedia simpanan luar pita magnetic terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU. Data yang tersimpan dipita magnetic, nantinya bila akan diproseskan ke CPU dapat dibacakan kekomputer lewat alat pembaca pita magnetic (tape reader atau driver atau tape unit).
32
Key-to-disk Seperti key-to-card atau key-to-tape, maka key-to-disk memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media simpanan luar, dalam hal ini adalh disk magnetic, umumnya dalam bentuk diskette. Data yang tersimpan di disket, kemudian dapat dibacakan ke computer untuk di proses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk drive). Dengan semakin murahnya computer micro, sekarang sebagai pengganti alat key-to-disk dapat dipergunakan computer micro.
33
Referensi
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.