Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER"— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER
MATERI XI PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI

2 KOMPUTER Difinisi : Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

3 Hardware Software Brainware
Sistem Komputer Hardware Software Brainware

4 Sistem Komputer Hardware (Perangkat Keras)  Perangkat Fisik perangkat/rangkaian elektronika pada komputer Software (Perangkat Lunak)  Non Fisik  Program yang dijalankan pada komputer Brainware  Sumber Daya Manusia

5 Perangkat Komputer Tersusun atas tiga perangkat utama : Prosesor
Memori Input-output

6 Prosesor Prosesor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logical Unit) sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer.

7 Memori Memori, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu:
Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah: Volatil (informasi ada selama komputer bekerja atau hidup) kecepatan tinggi akses random (acak)

8 Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah: non volatil atau persisten kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer) akses random atau sekuensial Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll.

9 Jenis Memori ROM (Read Only Memory)  hanya dapat dibaca
ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak dapat dirubah oleh pengguna komputer. ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan/dihidupkan. RAM (Random Access Memory)  dapat dibaca dan ditulis Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang. Jenis RAM diantaranya adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll.

10 I/O Device Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu : Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Contoh: keyboard, mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card, dll. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Contoh: Monitor, Printer, Speaker, Plotter, Modem, network card, dll

11 MAINBOARD / MOTHERBOARD
Papan rangkaian utama berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya. Selain itu juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC

12 Inside the Computer

13 Major Computer Components
CPU memory motherboard hard drive

14 Software Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Data yang diolah tidak hanya berupa data bilangan dan karakter tapi juga berupa audio visual (bunyi, suara, gambar, video). Seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

15 Jenis Software Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh: MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.

16

17 2. Software Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : Software Office, Software Utility, Software Pengolah grafis, Software akuntansi, manajemen, dll.

18 Aplikasi Office Word Processors 2. Spreadsheets 3. Databases
4. Presentation tools 5. Personal Information Managers

19 Graphics & Design Graphics and Design Photo Management Drawing
Page Layout Photo Manipulation Publishing

20 3. Bahasa Pemprograman, merupakan software untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.

21 Software Jaringan/Internet: Merupakan software khusus yang mampu bekerja dalam jaringan komputer atau internet. Contoh: Browser Internet (Internet Explorer, Netscape, Opera, dll), Software (Outlook, eudora), dll. Perkembangan ke depan akan membuat semua jenis software harus mampu bekerja dalam jaringan komputer/internet.

22 BRAINWARE Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan Teknisi, bertugas merakit, memelihara dan memperbaiki perangkat keras, perangkat lunak, dan lingkungan tempat komputer berada Jenis lebih lanjut dapat dilihat pada buku acuan

23 Selanjutnya ?

24 Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :
1. Perbankan 2. Perdagangan 3. Industri 4. Transportasi 5. Rumah Sakit 6. Pendidikan 7. Seni 8. Penelitian 9. Rekreasi 10. Hankam 11. Komunikasi

25 Bidang Perbankan Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)
Penyimpanan data Pemrosesan transaksi secara on-line Pembayaran tagihan secara on-line

26 Bidang Perdagangan Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.
Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock). Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

27 Bidang Industri CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

28 Bidang Kedokteran Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak. Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus. Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS Mengelolaan persediaan obat-obatan.

29 Bidang Pendidikan CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran. CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

30 Bidang Seni SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano. Untuk proses penciptaan lagu. Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

31 Bidang Penelitian Science
Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data. Penelitian ruang angkasa Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.

32 Bidang Rekreasi Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

33 Bidang Hankam Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat. Untuk simulasi perang atau terbang

34 Bidang Komunikasi Telekomunikasi yaitu teleconference.
, voice mail dll Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

35 Isyu Sosial Dampak Negatif Dampak Positif
Komunikasi yang lebih baik. Transportasi data yang cepat & aman. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat. Efisiensi tenaga kerja Dampak Negatif Manusia tergantung dengan komputer. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.

36 Bidang: Industri Kesehatan Lainnya
Komputer & Pekerjaan Bidang: Industri Kesehatan Lainnya

37 Bidang Industri:

38 Pengertian Industri : Semua kegiatan yang memberikan nilai tambah (added value) Beberapa istilah : Just In Time Total Quality Management Customized Product Continuous Improvement

39 Model Persaingan Industri:

40 Skema Dasar Industri Manufaktur:

41 Urutan Umum Proses Manufaktur:

42 Aspek Informasi Dalam Manufaktur:

43 Aspek Informasi Dalam Manufaktur:
Sub Sistem Data Logistik : tentang aliran barang dan produk, antara lain : volume dan lokasi bahan pesanan ramalan kebutuhan pengendalian perkakas dan produk Sub Sistem Data Administratif tentang informasi menjalankan usaha, antara lain : personalia biaya bahan susut proses penagihan pembukuan Sub Sistem Data Teknis Tentang perancangan produk dan prosesnya, antara lain : Barang yang akan dibuat : rancangan, spesifikasi, pekerjaan, penambahan dan pengurangan Proses pembuatan : pengendalian proses, pengendalian mutu Testing / pengujian

44 Bidang Kesehatan:

45 Dunia Medis: Tenaga Medis : Perkembangan di bidang medis :
Dokter 􀃆 umum & spesialis Perawat Administrasi Perkembangan di bidang medis : Telemedicine Telecare Teleoperation Di ITB terdapat : Program Studi Teknik Biomedik (EL) KBK Instrumentasi Medis (FT)

46 Penggunaan Komputer Komputer membantu di bidang :
administrasi obat-obatan Penyakit 􀃆 diagnostik, terapi, perawatan (monitoring status pasien) Bidang informatika yang berperan : Pengolahan Citra Robotik Sistem Pakar Domain aplikasi menyangkut kesehatan / jiwa orang sehingga keamanan penggunaan harus sangat diperhatikan

47 Hospital Information System:

48 Bidang Lainnya E-Goverment:

49 Pengetian: Definisi : Tujuan : Prospek E-Government di Indonesia :
Penggunaan sistem teknologi informasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain Tujuan : Supaya masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan dari pemerintah tiap waktu dan di mana saja Prospek E-Government di Indonesia : Baik, tapi banyak kendala

50 Aspek Implementasi & Kendala E-Gov:
Ekonomi / Bisnis Sosial 􀃆 meningkatkan taraf hidup Infrastruktur Kendala : Uang (biaya mahal) Penguasaan teknologi yang masih kurang (SDM) Aturan (Hukum Perundang-undangan) Strategi untuk mengatasi kendala ??

51 Contoh E-Government: Pemerintah - Masyarakat :
Sensus penduduk Pembuatan KTP Pemilihan Umum Pemerintah – Komunitas bisnis : Pembayaran pajak secara on-line Penerbitan surat izin bangunan, dsbnya

52 Penggunaan komputer lainnya:
Kesenian Koreografi Olahraga Meningkatkan kemampuan atlet (ex : analisis gerakan senam) Latihan Musik Mixing suara, komposisi lagu (menciptakan, memperbaiki)

53 THE END


Download ppt "PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google