Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
SDLC (System Development Life Cycle)
2
SDLC A framework that describes the activities performed at each stage of a software development project. Sebuah Kerangka Kerja yang menggambarkan aktivitas yang dilakukan di masing – masing tahapan proyek pengembangan software
3
SDLC Waterfall Requirement = Perencanaan Analysis Design = Perancangan
Coding = Implementasi Testing = Pengujian Maintenance = Pemeliharaan
4
Tahap Perencanaan Menyangkut studi tentang kebutuhan pengguna (user’s specification), studi – studi kelayakan (feasibility study) serta penjadwalan pengembangan suatu proyek sistem informasi atau perangkat lunak.
5
Tahap Analisis Tahap dimana kita harus mengenali segenap permasalahan yang mucul pada pengguna dengan mendekomposisi (menguraikan) dan merealisasikan use case diagram lebih lanjut.
6
Tahap Perancangan Mencoba mencari solusi permasalahan yang didapat dari tahap analisis, menambahkan dan memodifikasi kelas – kelas yang akan lebih mengefektifkan serta mengefisienkan sistem yang kita kembangkan.
7
Tahap Pengujian Digunakan untuk menentukan apakah sistem yang kita buat sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum. Jika belum, proses selanjutnya adalah bersifat iteratif, yaitu kembali ke tahap – tahap sebelumnya.
8
RUP (Rational Unified Process)
9
Rational Unified Process (RUP) merupakan suatu metode rekayasa perangkat lunak yang dikembangkan dengan mengumpulkan berbagai best practises yang terdapat dalam industri pengembangan perangkat lunak. RUP menggunakan konsep object oriented, dengan aktifitas yang berfokus pada pengembangan model dengan menggunakan Unified Model Language (UML).
10
Pemetaan SDLC dalam Fase RUP
11
Melalui gambar di atas, dapat dilihat bahwa RUP memiliki :
Dimensi pertama digambarkan secara horizontal. Dimensi ini mewakili aspek-aspek dinamis dari pengembangan perangkat lunak. Aspek ini dijabarkan dalam tahapan pengembangan atau fase. Setiap fase akan memiliki suatu major milestone yang menandakan akhir dari awal dari phase selanjutnya. Setiap phase dapat berdiri dari satu beberapa iterasi. Dimensi ini terdiri atas Inception, Elaboration, Construction, dan Transition.
12
Dimensi kedua digambarkan secara vertikal.
Dimensi ini mewakili aspek-aspek statis dari proses pengembangan perangkat lunak yang dikelompokkan ke dalam beberapa disiplin. Proses pengembangan perangkat lunak yang dijelaskan kedalam beberapa disiplin terdiri dari empat elemen penting, yakni who is doing, what, how dan when. Dimensi ini terdiri atas Business Modeling, Requirement, Analysis and Design, Implementation, Test, Deployment, Configuration dan Change Manegement, Project Management, Environtment.
13
Fase RUP Inception/insepsi Elaboration/elaborasi
Construction/konstruksi Transition/transisi
14
Inception Pada tahap ini pengembang mendefinisikan batasan kegiatan, melakukan analisis kebutuhan user, dan melakukan perancangan awal perangkat lunak (perancangan arsitektural dan use case). Pada akhir fase ini, prototipe perangkat lunak versi Alpha harus sudah dirilis
15
Elaboration Pada tahap ini dilakukan perancangan perangkat lunak mulai dari menspesifikasikan fitur perangkat lunak hingga perilisan prototipe versi Betha dari perangkat lunak.
16
Construction Pengimplementasian rancangan perangkat lunak yang telah dibuat dilakukan pada tahap ini. Pada akhir tahap ini, perangkat lunak versi akhir yang sudah disetujui administrator dirilis beserta dokumentasi perangkat lunak.
17
Transition Instalasi , deployment dan sosialisasi perangkat lunak dilakukan pada tahap ini.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.