Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Universitas Islam Indonesia

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Universitas Islam Indonesia"— Transcript presentasi:

1 Universitas Islam Indonesia
TEKNOLOGI MULTIMEDIA Erizal, S.Si, M.Kom Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia

2 Buku Pegangan Vaughn, Tay, Multimedia : Making It Work Edisi 6, McGraw-Hill, 2004 (Diterjemahkan oleh Penerbit Andi, Yogyakarta) Compendium

3 Overview

4 Latar Belakang Teknologi Informasi sudah merupakan bagian dari kehidupan kita Aplikasi yang berbasis teknologi informasi yang diintegrasikan dengan multimedia berkembang pesat e-commerce e-learning e-government Search engine (

5 Konvergensi Teknologi (Content, Computing & Communications)
Interactive Multimedia Source: New Paradigm Learning Corporation, 1996 Information Digital Internet (Computer Communications) Cable T.V (Video Communications) Telephony (Voice Communications) Kini, fenomena konvergensi teknologi terjadi kembali pada teknologi informasi akibat ditemukannya teknologi digital yang mengawinkan teknologi komputer, teknologi komunikasi, dan teknologi konten (audio visual) yang melahirkan teknologi multimedia. Hasilnya adalah suatu masyarakat ekonomi informasi yang disebut juga era informasi atau era electronic economy yang menjadi landasan bisnis pada abad 21. Electronic economy menghasilkan peningkatan efisiensi usaha yang sangat luar biasa dan di sisi lain menghadirkan tingkat kompetisi yang luar biasa pula, serta suatu pergeseran mendasar paradigma sistem nilai yang berlaku saat ini. Perubahan yang dihadapi oleh umat manusia di Abad 21 pada dasarnya adalah perubahan elemen komunikasi; Setelah komunikasi dalam bentuk transportasi fisik (mobil, pesawat, kereta api) membuat komunikator bertemu lebih dekat; Selanjutnya adalah dalam media telekomunikasi, yaitu perubahan meliputi media kandungan (content) dari komunikasi yang dipertukarkan dalam bentuk Multimedia-Interaktif-Real-time. Ekonomi Industri Ekonomi Informasi Mendefinisikan landasan kegiatan usaha di Abad 21

6 Saat ini : 4 jaringan berbeda

7 Tahun-tahun mendatang : Konvergensi menggunakan Jaringan IP

8 Beberapa Kegiatan Lintas Instansi dalam Roadmap ICT Indonesia
Akses komunikasi terhubung di 50% Kota/Kabupaten Palapa Ring Project Tersedianya service BWA di kota-kota besar Pengembangan BWA Semua tender pemerintah transparan, dilakukan secara e-Procurement Implementasi e-Procurement National Single Window Peluang ekspor & impor lebih besar dan proses lebih cepat Sebagian besar Perguruan Tinggi dan SMA terhubung Internet dan literasi TI dan SDM yang memiliki e-skills meningkat Implementasi e-Education Nomor Induk Nasional (NIN) Semua penduduk tercatat dengan data yang unique Keamanan data dan transaksi elektronik terjamin UU ITE Regulasi ICT lintas industri terkait yang efektif dan efisien UU Konvergensi ICT Pengguna internet meningkat menjadi 50 juta Kampanye Sosialisasi Internet Jumlah pembajakan berkurang (Pemerintah: 0%, Nasional: 65%) dan citra positif Indonesia di mata internasional Implementasi Software Legal Implementasi e-Anggaran Koordinasi Anggaran Nasional, antara Departemen dan DPR Pembangunan & Pengembangan Technopark Tersedianya Technopark yang integrated antar akademik & industri 2006 2007 2008 2009 HASIL YANG DICAPAI

9 Government to e-Government
Menuju e-Government Government to e-Government Penyelenggaraan Pemerintahan Secara MANUAL Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis ICT TRANSFORMASI Transformasi Perubahan Budaya Kerja Perubahan Proses Kerja (Bisnis Proses) SOP dan Kebijakan Politik Peraturan dan Perundangan Leadership Pemanfaatan ICT Penggunaan Internet Penggunaan Infrastruktur Telematika Penggunaan Sistem Aplikasi Standarisasi Metadata Transaksi dan Pertukaran Data Elektronik Sistem Dokumentasi Elektronik

10 Multimedia Multimedia : ·
Media : Merupakan satu bentuk interaksi manusia yang sesuai dengan kebutuhan dan pemrosesan menggunakan komputer seperti video, audio, teks, grafik, animasi. Multi : Merupakan gabungan beberapa media tersebut yang diintegrasikan dalam sistem atau aplikasi yang sama.

11 Definisi Multimedia F. Hofstetter, Multimedia Literacy (1995) :
“Multimedia is the use of a computer to present and combine text, graphics, audio and video with links and tools that let the user navigate, interact, create and communicate”.

12 Komponen Multimedia SISTEM MULTIMEDIA Grafik Teks Animasi Audio
Komputer Interaktif Video

13 Terminologi (1) Multimedia Information/Content
Aplikasi – Program komputer yang menyediakan tujuan yang specifik (Word, Powerpoint, Exel). Interaktif – Aplikasi yang memberikan pilihan-pilihan kepada user. Developers – Orang yang terlibat dalam pembangunan produk multimedia

14 Terminologi (2) User (Pengguna) – Biasa disebut End-User. Individu/kelompok yang menggunakan produk multimedia Authoring tools (desain) – tool untuk mengelola elemen multimedia dan menyediakan interkasi pengguna yang digunakan untuk membangun produk multimedia Produk – Produk multimedia yang lengkap dibangun yang akan digunakan kan oleh user.

15 Teknologi Multimedia Teknologi Multimedia : implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) Content Management Sytem GUI (Human Conputer Interaction)

16 Aplikasi Multimedia (1)
Bisnis Presentasi Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog dll

17 Aplikasi Multimedia (2)
Pendidikan Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

18 Aplikasi Multimedia (3)
Hiburan Games Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll)

19 Aplikasi Multimedia (4)
Virtual Reality : Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi Mengharuskan adanya umpan balik (feedback) dari user – multimedia interaktif

20 END OF MODUL - 1


Download ppt "Universitas Islam Indonesia"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google