Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHartono Kusnadi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
ADETYA SANDY, Pengaruh Penggunaan Game Make A Match Berbasis Chemo-Edutainment (CET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Redoks pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2009/2010
2
Identitas Mahasiswa - NAMA : ADETYA SANDY - NIM : PRODI : Pendidikan Kimia - JURUSAN : Kimia - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - emte_candika pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Agung Tri Prasetya, S. Si, M.Si - PEMBIMBING 2 : Dr. Sudarmin, M. Si - TGL UJIAN :
3
Judul Pengaruh Penggunaan Game Make A Match Berbasis Chemo-Edutainment (CET) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Redoks pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2009/2010
4
Abstrak Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan efektif digunakan untuk mengatasi pembelajaran yang membosankan dan monoton yaitu penggunaan game Make A Match. Make A Match adalah model pembelajaran yang menggunakan kartu sebagai media dan dilakukan dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah penggunaan game make a match berbasis Chemo-edutainment (CET) berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game make a match berbasis CET dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Wiradesa tahun ajaran 2009/2010 dengan sampel penelitian adalah kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelompok kontrol. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran game Make A Match berbasis Chemo-edutainment (CET) dan metode ceramah pada pembelajaran kimia, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan desain Pretes-post tes Control Group Design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post tes siswa pada kelas eksperimen mencapai 74,33, sedangkan rata-rata nilai post tes siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 67,95. Hasil uji t menunjukan thitung 2,837 > t tabel 1,66 untuk dk 77 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara rata-rata nilai post tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran game make a match berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada pokok materi redoks siswa kelas X semester II SMA N 1 Wiradesa tahun pelajaran 2009/2010.
5
Kata Kunci Hasil belajar, model pembelajaran Make A Match, Chemo-Edutainment (CET).
6
Referensi
7
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.