Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desain MULTIMEDIA dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desain MULTIMEDIA dalam."— Transcript presentasi:

1 Desain MULTIMEDIA dalam

2 Desain Design (perancangan) adalah membuat spesifikasi secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, dan kebutuhan material untuk proyek.

3 Macam Desain Functional design Physical design Logical Design

4 Multimedia? Perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik

5 Bidang Terkait dg Multimedia Pembelajaran
Desain Pembelajaran >Content >Interactivity Matter >Learning Procedure >Learning Strategy >Kontektualitas >Simulasi, Latihan, Assignment dan Ujian Desain Komunikasi Visual Graphic Icon Color Harmony Background & Layout Sound Recording Sound Editing Combine audio & Graphic Interactivity icon Animated Object Rekayasa Perangkat Lunak >Development Process >Development Tools >Code Development >Software Testing >Software Maintenance

6 Rekayasa Perangkat Lunak
Melihat multimedia pembelajaran sebagai sebuah perangkat lunak Pengembangan perangkat lunak harus melewati tahapan proses yang diatur di bidang ilmu rekayasa perangkat lunak Fokus ke bagaimana sebaiknya multimedia pembelajaran dikembangkan: Kemudahan instalasi dan pemakaian (usabilitas), efisiensi program, pemaketan, kompatibilitas, dokumentasi, dsb

7 Desain Komunikasi Visual
Pemahaman media Gagasan kreatif dan konsep komunikasi visual Eksekusi audio-visual Ketepatan tata letak, tipografi, gambar dan warna

8 Desain Pembelajaran Cakupan dan kedalaman materi pembelajaran
Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran Pemberian motivasi belajar

9 Desain Pembelajaran (Lanjutan)
Kontekstualitas dan aktualitas Sistematis, runut, alur logika jelas Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan

10 Tujuan Karya Desain Grafis :
Menarik perhatian, Mengikat perhatian, dan Menimbulkan kesan.

11 Kelebihan desain grafis :
Memperjelas atau memberikan penekanan Dapat menterjemahkan ide-ide yang abstrak Mengatasi keterbatasan ruang Mengatasi keterbatasan waktu

12 Pertimbangan dalam mendesain:
Sasarannya Waktu pembuatan Biaya produksi Bahannya Sarana produksinya Selera pemesan

13 Desain Grafis merupakan salah satu alat komunikasi yang lebih menonjolkan visualnya.
Visual merupakan alat komunikasi yang mudah diingat dan mudah dimengerti

14 PERBANDINGAN KELIMA INDERA
Doug Malouf, dalam How to Create and Deliver a Dynamic Presentation, memberikan tanggapan dramatis melalui lima indera (Malouf, 1988, h. 81):

15 DAMPAK KOMUNIKASI Sebuah studi dari UCLA (University of California at Los Angeles) menemukan 90% lebih darI apa yang dipahami dan dipercaya peserta berasal dari pesan audio dan visual. Untuk teks hanya sebesar 7% (Brody & Kent, 1993, h. 23)

16 INGATAN TERHADAP PESAN
Sebuah studi di Wharton Reasarch Center di University of Pennsylvania pada tahun 1981 menemukan, ingatan terhadap presentasi verbal saja hanya 10%. Bandingkan dengan tingkat ingatan dari kombinasi komunikasi verbal dan visual yang berjumlah 50% -- suatu penambahan 400% dalam efektivitas (Hallan, h ).

17 TUJUAN YANG INGIN DICAPAI
Decker Communications menyimpulkan, pembicara tanpa visual mencapai sasarannya dalam 33% kasus, sementara pengguna visual mencapai sasarannya dalam 67% kasus (Malouf, 1988, h. 82).

18 Prinsip-prinsip Desain
1. Pusat perhatian 2. Keseimbangan/balance 3. Kontras 4. Irama/ritme 5. Kesatuan/unity 6. Proporsi 7. Keserasian/harmoni

19 1. Pusat perhatian a. Warna b. Bentuk c. Penempatan d. Ukuran

20

21

22

23

24 2. Keseimbangan a. Simetris b. Asimetris c. Arah pandang

25

26

27 1 2 3 4

28 3. Kontras Background gelap Objek terang Background terang Objek gelap

29 4. Irama/ritme

30 5. Kesatuan/unity

31 6. Proporsi

32 7. Serasi/harmoni Sejarah NAMAKU KWEK

33 Unsur-unsur Desain 1. Warna 2. Bentuk 3. Garis 4. Bidang 5. Ruang
6. Tekstur 7. Titik 8. Huruf/teks

34 WARNA DASAR

35 CAMPURAN WARNA KEDUA

36 CAMPURAN WARNA KETIGA

37 PETA WARNA

38 BENTUK Geometris Kurva Tidak beraturan

39 GARIS Lurus Lengkung Zig-zag Putus-putus

40 BIDANG KOSONG ISI

41 RUANG

42 TEKSTUR

43 Kelompok huruf/teks: 1. Roman (kait segitiga) ---> Time
2. Bodoni (kait garis tipis) ---> Bodoni 3. Egyption (kait batang)---> Play Bill 4. Sans Serif (tidak berkait) ---> Arial 5. Fantasi/dekorasi (hiasan) ---> Monotype

44 Fungsi Teks Untuk menerangkan materi Sebagai penjelas dari visual
Sebagai keterangan tambahan di samping visual Sebagai penekanan materi

45 Ukuran/size Teks Judul dan Sub judul lebih besar dari teks materi, tentang jenisnya dan warna disesuaikan dengan materi serta sasarannya 60 sampai 80 karakter dari kiri sampai kanan

46

47 Untuk media cetak antara lain :
Desain sampul Poster Stiker Brosur Leaflet/pamflet Karikatur Cartoon/Kartun Iklan Flip charts Bilboard/Baliho Ilustrasi Diagram/grafik dsb.

48 Desain Sampul Tenis LOGO Nama Penulis

49 Brosur dan leaflet Judul atau Topik Periksakan Gigi secara rutin
Alamat Judul atau Topik Materi Dan ilustrasi Periksakan Gigi secara rutin Keterangan singkat

50 Billboard/baliho BEBAS HAMBATAN KERETA API

51 Kartun dan Film kartun

52 Poster dan Iklan di media cetak
BANYAK MEMBACA TERCAPAI CITA-CITA LOGO PERUSAHAAN

53 Contoh Grafis untuk media elektronik (film, televisi, OHP, slide, dan komputer) antara lain : Tampilan Web Tampilan program multimedia Animasi Kartun Transparansi Fotografi digital Slide Iklan dsb

54 Desain Grafis Desain Komersial Media Cetak Periklanan Film Televisi
Fotografi Komputer Grafik Martin, Judy h. 94. Lognman Dictionary of Art.


Download ppt "Desain MULTIMEDIA dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google