Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
JARINGAN KOMPUTER
2
Sejarah singkat 1969 – ARPANET, first packet switched network consist of UCLA, Stanford, UC Santa Barbara and Utah University 1971 – first program 1974 – TCP/IP 1980’s – Local Area Networks (LANs) 1984 – OSI Layer 1990’s – WWW / Internetworking
3
Mengapa perlu jaringan?
Efisiensi dan Produktivitas Reliabilitas Sistem Tersebar
4
Aplikasi apa yang dipakai ?
Client/Server Business Applications Electronic Messaging Information Retrieval
5
Definisi Jaringan Sekelompok komputer yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi komunikasi sehingga dapat saling berbagi data- informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hard disk, dan sebagainya.
6
Komunikasi Data Sumber Input (DTE) Encoder Pengirim Transmitter Kanal
Pengiriman Tujuan Output (DCE) Decoder Penerima Receiver Media transmisi Model komunikasi data dalam jaringan komputer
7
Protokol = “Bahasa” Diperlukan untuk berkomunikasi antar komputer (host) Protokol: sekumpulan aturan untuk perilaku yang dapat diterima bersama (how communication should take place in) Specifically: Mostly implemented in Software Complexity demands that protocols are ‘layered’ Contoh : TCP/IP, IPX/SPX, X.25
8
OSI Reference Model Physical Layer Link Layer Network Layer
Transport Layer Session Layer Presentation Layer Application Layer Physical Layer Link Layer Network Layer Transport Layer Session Layer Presentation Layer Application Layer
9
OSI Layer vs. TCP/IP Layer
10
Tujuan Dibangun Jaringan Komputer
Untuk membawa data-informasi dari sisi pengirim menuju penerima secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui media transmisi atau media komunikasi tertentu.
11
Manfaat Jaringan Berbagi pakai peralatan dan sumber daya
Integrasi data Komunikasi Distributed processing Keteraturan aliran informasi Keamanan data Konektisitas berbagai jenis dan merek komputer
12
Resource Sharing
13
Internet Connection Sharing
14
Contoh Penggunaan Jaringan
Supermarket Usaha dagang Perusahaan Perbankan Ada yang lain ?
15
LAN Topologies Tree Bus Star
16
Macam Jaringan Berdasar Topologi
bus
17
Macam Jaringan Berdasar Topologi
Token Ring Token ring
18
Macam Jaringan Berdasar Topologi
Star
19
Macam Jaringan Berdasar Topologi
Tree
20
Macam Jaringan Berdasar Area
Local Area Network – LAN Interconnection Network – InterNetwork Metropolitan Area Network – MAN Wide Area Network – WAN
21
Local Area Network – LAN
Menghubungkan daerah yang tidak terlalu jauh (antar ruangan dalam perkantoran) Radius 100 m – 2 km Kecepatan masih tinggi Tidak menggunakan fasilitas telepon, frekuensi radio kecuali wireless Sistem operasi : Novel Netware, Windows, Linux
22
Inter Network Penggabungan dua atau lebih jaringan lokal
Peralatan penggabungan Repeater, Bridge, Router, Gateway Kesulitan terjadi, jika antar jaringan komputer lokanya berbeda sistem operasi, jenis kabel, dan topologi.
23
Metropolitan Area Network – MAN
Menghubungkan antar kantor cabang dalm satu kota Radius 10 – 50 km Integrasi data antar kantor cabang
24
Wide Area Network – WAN Tidak memungkinkan jaringan kabel
Pengembangan dari Jaringan Komputer Metropolitan Dibutuhkan fasilitas infrastruktur publik, misalnya internet Melibatkan teknologi telekomunikasi canggih (satelit, gelombang elektronik lain)
25
Hardware Yang Dibutuhkan
Server Terminal (workstation) Media transmisi (kabel, radiasi elektromagnetik) Hub Network Interface Card (NIC) HW, SW Konektor Modem
26
Wireless Media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (microwave), sistem satelit (satellite system), sinar infra merah/sistem laser (laser system)
27
Contoh Wireless Network
28
Wired + Wireless
29
W-LAN
30
Manfaat Wireless Pembangunan infrastruktur jaringan komputer terpadu yang kondisi tidak memungkinkan untuk ditarik kabel Tepat pada user yang mempunyai mobilitas tinggi Tepat untuk pengguna temporer (tidak permanen)
31
Wireless ICS
32
Software Yang Dibutuhkan
Peer to Peer (Windows 3.x, 9.x, Me, Novell Netware Lite) File Server (Novell Netware 1.x) Client Server (Novell Netware 3.x, Windows NT, XP, Unix, Linux)
33
Arsitektur Jaringan Peer to Peer File Server Client Server
34
Model Jaringan Time Sharing System Distributed Processing
35
Teknik Pembangunan Jaringan
Teknik bottom up Jaringan lokal dibangun berdasarkan kebutuhan setiap unit atau departemen dalam suatu instansi / perusahaan Teknik top down Pembuat keputusan dalam organisasi mengambil keputusan untuk membangun jaringan untuk kebutuhan seluruh departemen yang ada
36
Tahap pembangunan jaringan
Tujuan Analisis Kebutuhan dan Studi Kelayakan Analisis situasi dan perencanaan Perancangan Implementasi Evaluasi Pemeliharaan
37
Membangun Jaringan Komputer Sederhana
38
Peralatan Jaringan Sederhana
PC (komputer) LAN card Kabel UTP RJ 45 Tang Crimping LAN Cable Tester Hub Switch
39
PC
40
LAN card
41
USB Network Adapter
42
Kabel UTP
43
Konektor RJ 45
44
Tang Crimping
45
LAN Cable Tester Coaxial+UTP Cat 5 UTP Cat 6
46
SWITCH/HUB
47
Pasang LAN card ke PC
48
Aturan Pengkabelan (1)
49
Aturan Pengkabelan (2)
50
Kegunaan IP dan Subnetmask
Identitas dari komputer agar bisa terhubung dengan komputer yang lain Terdiri dari 32 bit yang direpresentasikan dalam 4 group ( W X Y Z) Terdiri dari 3 kelas (A, B, C)
51
Pembagian Kelas Jaringan
52
Kelas – kelas IP
53
Jumlah Network
54
Kenapa harus memakai subnetmask berbeda ???
Teknologi yang berbeda dalam jaringan Kongesti yang berbeda, sebuah LAN dengan 254 host akan memiliki performansi yang kurang baik dibandingkan 62 host Perbedaan group dalam satu organisasi yang berbeda wewenangnya
55
Pemberian nomor IP (1)
56
Pemberian nomor IP (2) Network Connections
57
Pemberian nomor IP (3)
58
Pemberian nomor IP (4)
59
Testing koneksi
60
Sharing Data
61
Ambil Data Sharing
62
Koneksi Internet via Modem
63
Koneksi Internet via Modem
64
Koneksi Internet via Modem
65
Koneksi Internet via Modem
66
Koneksi Internet via Modem
67
Koneksi Internet via Modem
68
Koneksi Internet via Modem
69
Koneksi internet via jaringan
70
Future Trends
71
Total Digital Convergence
72
Miniaturization
73
USB NETWORKING more than 2 PC's and/or notebooks can be connected via USB-cables to connect 2 PC's and/or notebooks
74
Network with both Ethernet and USB networking cables
75
Wireless Technology
76
Hotspot
77
Wireless Adapter
78
Wireless Access Point
79
Bluetooth Bluetooth is a short-range radio technology designed to simplify peer-to-peer connectivity. It enables mobile phones, printers, PCs and PDAs to communicate directly with each other at high speeds without the need for a network server or cables.
80
3G Network Wireless Technology The Convergence Mobile telephony
The internet technology Media business Kebutuhan akses informasi dimana saja 3G Network high speed mobile access with Internet Protocol (IP)-based services Driven technology Multimedia, hiburan, dsb
81
1 2 3 ? 2G Vs 3G 2G 3G 1980:s 1990:s 2000:s Layanan Suara+
Low data rate Aplikasi Multimedia Kapasitas Transmisi 22,8 kb/s 2 Mb/s Switching/ Routing Circuit Packet Charging Time and Location based Volume Based st Generasi Analog nd Digital rd pita lebar 1 2 3 1980:s 1990:s 2000:s ?
82
4G Networks Bandwidth of 100Mbit/s Due 2006 – 2010
But: Too many 3G standards now, slows development Permanent internet connection (IPv6 address) while mobile All digital, packet switched, with tight security Extends 3G by >10x Not backwards compatible Enables full interactive video services
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.