Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI"— Transcript presentasi:

1 MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Oleh : Maria Etik Sulistiyani

2

3

4 FUNGSI MENUBAR MENU FILE  Berisi submenu dengan beberapa perintah yang berhubungan dengan pengelolaan file

5  Berisi perintah yang berhubungan dengan penyuntingan halaman
Lanjutan fungsi menubar 2. MENU EDIT  Berisi perintah yang berhubungan dengan penyuntingan halaman

6 Lanjutan fungsi menubar
3. MENU VIEW  Berisi perintah yang berhubungan pengaturan tampilan di layer dan pengaturan letak menu-menu dan ikon-ikon tambahan

7  berisi perintah untuk penyisipan
Lanjutan fungsi menubar 4. MENU INSERT  berisi perintah untuk penyisipan

8  untuk memodifikasi objek
Lanjutan fungsi menubar 5. MENU MODIFY  untuk memodifikasi objek

9  Berisi perintah yang berhubungan dengan pengaturan teks
Lanjutan fungsi menubar 6. MENU TEXT  Berisi perintah yang berhubungan dengan pengaturan teks

10  berisi pengaturan perintah
Lanjutan fungsi menubar 7. MENU COMMANDS  berisi pengaturan perintah

11  pengaturan perintah untuk pengendalian objek
Lanjutan fungsi menubar 8. MENU CONTROL  pengaturan perintah untuk pengendalian objek

12  memonitor eksekusi program
Lanjutan fungsi menubar 9. MENU DEBUG  memonitor eksekusi program

13 Lanjutan fungsi menubar
10. MENU WINDOW  Berisi perintah yang digunakan untuk melakukan pengaturan window yang ada di halaman animasi

14  merupakan perangkat bantuan untuk aplikasi pengolah animasi
Lanjutan fungsi menubar 11. MENU HELP  merupakan perangkat bantuan untuk aplikasi pengolah animasi

15 Mengubah bentuk objek secara bebas Menyeleksi objek
FUNGSI TOOLBAR FUNGSI Selection (V) Free Transform(Q) Lasso (L) Mengubah bentuk objek secara bebas Menyeleksi objek Menggambar dengan bentuk goresan pensil Menggambar corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic Menggambar objek Menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas Menggambar objek garis lurus Membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada objek Mengaktifkan atau mematikan fungsi snap to objek Mengambil sampel warna dari sebuah objek Menggeser area lembar kerja atau stage Pen (P) Menentukan warna bidang objek Mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam dan putih Line (N) Menentukan warna garis Pencil (Y) Deco (U) Bone Eyedropper (I) Hand (H) Stroke Fill Color Black and White Snap to Objects

16 Menyeleksi bagian objek untuk proses editing
Lanjutan fungsi toolbar Subselection (A) 3D Rotation (W) FUNGSI Text (T) Menyeleksi bagian objek untuk proses editing Rectangle (R) Mengetikkan teks dan paragraf Mengambar dengan bentuk polesan kuas Memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja atau stage Memberi warna bidang objek Menghapus bidang objek Membalik warna antara warna garis dan warna bidang objek Menggambar objek kotak Melakukan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y, dan Z Brush (B) Paint Bucket (K) Eraser (E) Zoom (M,Z) Swap Colors

17 Mengubah transformsi warna gradasi pada sebuah objek
Lanjutan fungsi toolbar Gradient Transform Tool (F) FUNGSI 3D Translation Tool (G) Add Anchor Point Tool (=) Mengubah transformsi warna gradasi pada sebuah objek Melakukan transformasi bentuk dan posisi 3D pada simbol movie clip dengan acuan tiga sumbu X,Y dan Z Menambah titik anchor pada sebuah path Mengubah sudut lancip dari sebuah path menjadi sudut lengkung Menggambar objek oval atau lingkaran Delete anchor Point Tool (-) Menggambar objek kotak dengan sudut yang dapat dilengkungkan Menggambar objek lingkaran dengan berbagai variasi Menghapus titik anchor Menggambar objek poligon dan bintang Convert Anchor Point Tool (C) Oval Tool (O) Rectangle primitive Tool (R) Oval Primitive Tool (O) PolyStar Tool

18 Menggambar dengan spray, yaitu menyemprotkan warna atau simbol
Lanjutan fungsi toolbar Spray Brush Tool (B) FUNGSI Bind Tool (Z) Menggambar dengan spray, yaitu menyemprotkan warna atau simbol Melakukan pengeditan dan modifikasi titik sendi dari piranti bone tool Ink bottle Tool (S) Memberi warna dan bentuk garis outline pada sebuah objek

19 Mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya
FUNGSI TIMELINE Show All Layers as outlines Lock/Unlock All Layers Show/Hide All Layers Timeline Playhead Frame Blank Keyframe Layer Simbol Pencil Kotak Outline Titik Show/Hide Current Frame Delete New layer New Folder Onion Skinning button Frame Rate Elapsed Time FUNGSI Mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya Menambah folder baru Menambah layer baru Klik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk outline Sebuah simbol lingkaran kosong yang menampung suatu objek Mengunci atau melepas kunci objek dari semua layer Jarum untuk membaca frame pada saat animasi dijalankan Menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk outline Sebuah bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi Menunjukkan layer yang aktif Tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan Klik untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif Mengatur tampilan animasi di dalam stage Menunjukkan durasi atau lamanya animasi Menunjukkan posisi frame aktif Lembar kerja yang menampung objek yang akan dianimasikan dalam timeline Menyembunyikan atau menampilkan semua isi layer Menghapus Layer

20 Lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan
FUNGSI STAGE Scene Edit Symbol Edit Scene Zoom Stage FUNGSI Lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan Mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja Memilih nama scene yang akan diedit Memilih nama simbol yang akan diedit Menunjukkan nama scene yang aktif

21 Motion Editor Efek Filter Panel Action
 Untuk melakukan kontrol animasi yang telah dibuat seperti mengatur motion, transformasi, pewarnaan, filter dan lain-lain Efek Filter  Untuk menampilkan berbagai jenis efek filter yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan objek Panel Action  Untuk menuliskan perintah action script saat membuat animasi

22 Panel Color  Untuk memodifikasi warna pada objek terpilih

23 Persiapkan untuk UH Materi : Pengantar animasi, pengenalan Flash,Mengidentifikasi Fungsi menu dan ikon pada pengolah animasi

24 Latihan Soal Sebutkan 4 kegunaan dari software Adobe flash? Menu apakah yang ada di adobe flash tetapi tidak ada di macromedia flash? Jelaskan fungsi dari menu tersebut! Apakah fungsi dari : a. Stage b. Timeline c. toolbox 4. Apa yang dimaksud dengan : Layer Frame Keyframe 5. Apa fungsi dari toolbox berikut ini : Deco Bone Stroke color


Download ppt "MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google