Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYenny Iskandar Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP-011302:S1-KA) Pertemuan 1
AHMAD HIDAYAT
2
Games Logika? Ada 3 buah wadah terdiri dari wadah A, wadah B dan wadah C. wadah A sudah menampung 8 liter air dan masing-masing wadah mempunyai ukuran sbb: wadah A mempunyai kapasitas menampung 8 liter air wadah B mempunyai kapasitas menampung 5 liter air Wadah C mempunyai kapasitas menampung 3 liter air Pertanyaan : Bagaimana langkah dan berapa cara yang dibutuhkan agar wadah B terisi 4 liter air dengan alat ukurnya hanya wadah A, B dan C ?
3
Jawaban Tuang air di wadah A ke wadah B sampai penuh (air di wadah A menjadi 3 liter dan air di wadah B menjadi 5 liter) Tuang air di wadah B ke wadah C sampai penuh (air di wadah B menjadi 2 liter dan air di wadah C menjadi 3 liter) Tuang air di wadah C hingga habis ke wadah A (air di wadah c menjadi habis dan air di wadah A menjadi 6 liter) Tuang air di wadah B hingga habis ke wadah C (air di wadah B menjadi habis dan air di wadah C menjadi 2 liter) Tuang air di wadah A ke wadah B sampai penuh (air di wadah A menjadi 1 liter dan air di wadah B menjadi 5 liter) Tuang air di wadah B ke wadah C sampai penuh (air di wadah B menjadi 4 liter dan air di wadah C menjadi 3 liter).
4
Apa Itu? Komputer Algoritma Program Komputer
5
Komputer Alat elektronik untuk menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan untuk memproses dan menyiapkan data maupun informasi yang cepat dan akurat dan juga dapat membantu memecahkan masalah.
6
Fokus utama program Komputer secara umum
7
Algoritma Algoritma adalah inti/jantung dari ilmu komputer.
Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma adalah memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan dalam pemecahan suatu masalah. Disusun sebelum membuat program/aplikasi.
8
Sifat-sifat algoritma
Banyak instruksinya berhingga Tidak ada keraguan / harus jelas Terstruktur Rangkaian proses yang berisi langkah-langkah dari suatu algoritma yang akan diproses harus ditetapkan dengan pasti, tidak berbelit- belit Batasan dari input dan output Input harus sesuai dengan jenis algoritma yang bersangkutan dan harus menghasilkan output yang pasti. Efektivitas & efisien Batasan ruang lingkup
9
Program Sekumpulan instruksi yang disusun dengan urutan tertentu yang melakukan suatu pekerjaan dan dikenal/dimengerti oleh komputer. Kegiatan pembuatan program : PEMROGRAMAN (Programming) Bahasa yang digunakan : BAHASA PEMROGRAMAN (Programming Language) (C++, Python, Pascal, Java, dll) Orang yang membuat program : PROGRAMER
10
Program Tingkatan orang komputer ( Brainware) : 1. System Analisis, bertugas menganalisa masalah 2. Programmer, bertugas membuat program 3. Operator, bertugas menjalankan program
11
Tingkatan bahasa pemrograman:
Bahasa tingkat rendah Bahasa ini menyerupai bahasa mesin/rakitan cara penulisannya dan ditulis dalam bentuk kode Hexa. Bahasa ini paling sulit untuk dimengerti Contoh : Bahasa mesin (machine language) & Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi Bahasa ini adalah bahasa yang mendekati bahasa manusia, dan agar dimengerti oleh computer akan diterjermahkan dulu oleh kompilator Contoh : BASIC => Beginner's All-purpose Symbolic Instruction Code Dibuat dengan tujuan agar para pemakai langsung dapat mengetahui respon dari apa yang telah dibuat. Hexadecimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol dengan urutan angka sebagai berikut 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E,
12
CONTOH Algoritma Mengirim Surat
Algoritma ketika ingin mengirimkan surat kepada teman, yaitu : 1. Tulis surat pada secarik kertas surat 2. Ambil sampul surat 3. Masukkan surat ke dalam sampul 4. Tutup sampul surat menggunakan perekat 5. Tempel perangko pada surat 6. Bawa surat ke kantor pos untuk di poskan
13
Contoh Algoritma Program
Prosedur untuk menyelesaikan masalah komputansi akar bulat positif dari suatu bilangan bulat atau ( integer ) positif a, yaitu : Baca a Masukan x sama dengan 1 Hitung y sebesar X*X Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Tambahkan x dengan 1 Pergi ke langkah 3
14
Prosedur dibentuk ke dalam Program basic
10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END 50 X = X + 1 60 GO TO 30
15
Sejarah Bahasa BASIC
16
Sejarah Basic BASIC, adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula". Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an. Dan hingga saat ini, menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali berevolusi.
17
Sejarah Basic Bahasa BASIC yang asli didesain pada tahun 1963 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz dan diimplementasikan oleh sekelompok siswa di Dartmouth College di bawah arahan mereka berdua. BASIC didesain untuk para siswa agar mereka dapat menulis program untuk Dartmouth Time-Sharing System. BASIC buatan Kemeny dan Kurtz dinamakan dengan Dartmouth BASIC.
18
Sejarah Basic Prinsip-prinsip yang digunakan dalam mendesain bahasa BASIC antara lain: Dapat digunakan secara mudah bagi para pemula. Dapat digunakan sebagai sebuah bahasa pemrograman untuk tujuan umum (general purpose) Dapat ditambahi fitur-fitur tambahan dan tingkat lanjut untuk para ahli, tetapi tetap mempertahankan kesederhanaan bahasa untuk para pemula. Harus interaktif. Pesan-pesan kesalahan harus jelas dan mudah dipahami. Merespons dengan cepat untuk program-program yang kecil. Tidak harus membutuhkan pengetahuan dan pemahaman perangkat keras komputer.
19
Pendahuluan BASIC merupakan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang bersifat intrepreter yaitu memungkinkan untuk mengoperasikan komputer secara interaktif, program dapat ditulis, dijalankan, dirubah, dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi, seperti bahasa tingkat tinggi lainnya yang berbentuk compiler.
20
Jenis-Jenis Bahasa Basic
BASICA GW-BASICA MBASIC Turbo BASIC Quick BASIC QBASIC POWER BASIC Dll
21
Modus operasi pada BASIC
Modus langsung / Direct Mode / Immediate Mode / Command Mode modus ini cara kerjanya mirip dengan kalkulator dimana hasil langsung ditampilkan. Contoh : Print atau ? 5+10 Ok Ok
22
Modus operasi pada BASIC
Modus tidak langsung / Indirect Mode / Program Mode modus ini pada setiap awal program harus diberi nomor baris dan untuk menjalankan program digunakan command RUN Contoh : LET A=5 20 LET B=7 30 PRINT A+B 40 END Output 12
23
Program Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu
24
Bahasa Pemrograman Bahasa yang digunakan untuk membuat program
Klasifikasi bahasa pemrograman : Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang berorientasi mesin Bahasa mesin (machine language) Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia BASIC Pascal COBOL Untuk dapat dijalankan, program harus diterjemahkan ke dalam kode-kode yang dimengerti oleh komputer
25
Bahasa Pemrograman Proses penterjemahan dapat dilakukan oleh :
Interpreter Compiler
26
Langkah Pemrograman Menulis program
Menjalankan program untuk menguji kebenaran perogram Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan kembali ke langkah 2
27
Mulai Menulis program Menjalankan program Ada kesalahan ya Memperbaiki program tidak Selesai
28
BASIC Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code
Diciptakan Prof . John G. Kemeny dan Thomas Kurtz di Darthmouth College, New Hampshire USA, program dijalankan pertama kali 1 Mei 1964 Beberapa jenis/versi BASIC : BASICA GW-BASIC MBASIC TurboBASIC QuickBasic QBasic PowerBasic dll
29
QBasic Salah satu versi dari bahasa BASIC
Dibuat oleh Microsoft Corporation Merupakan interpreter Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)
30
Menu pada QBasic File, berisi operasi yg berhubungan dengan file seperti : Mengosongkan editor Menyimpan file Mencetak program ke printer Keluar dari Qbasic Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam, seperti : Copy & paste Membuat subrutin / fungsi View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program
31
Menu pada QBasic Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks
Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan) Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan QBasic
33
Menulis Program Menulis program baru : Pilih menu File – New
Ketikkan baris-baris program, misal PRINT “Selamat belajar” PRINT “QBASIC”
34
Menjalankan Program Pilih menu Run – Start atau tekan Shift-F5 Hasil
35
Menyimpan Program Pilih menu File – Save
Ketik nama file yang diinginkan
36
Keluar dari QBasic Memanggil Program Pilih menu File – Exit
Pilih menu File – Open Ketikkan nama file yang diinginkan Keluar dari QBasic Pilih menu File – Exit
37
Referensi Seri Diktat Kuliah : Pengantar Algoritma dan Pemrograman : Teknik diagram alur dan bahasa Basic Dasar, Penerbit Gunadarma Yay Singleman, Business Programming Logic 2nd –ed, Prentice Hall Engelwood Cliffs, NewJersey, 1982. Gottfried, Programming in BASIC, MC Graw Hil, Ne York, 1981. Insap Santosa, Program-program Terapan Menggunakan Quick Basic, Andi Yogyakarta. Jogiyanto, Teori dan Aplikasi dan Program Komputer Bahasa Basic, Andi Yogyakarta. Rijanto Tosin, Quick Basic, Dinastindo. Wikipedia
38
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.