Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMODELAN OBJECT ORIENTED

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMODELAN OBJECT ORIENTED"— Transcript presentasi:

1 PEMODELAN OBJECT ORIENTED

2 UML ( Unified Modeling Language )
Pemodelan visual adalah proses penggambaran informasi-informasi secara grafis dengan notasi-notasi baku yang teah disepakati sebelumnya. Notasi-notasi tersebut sangat penting dengan alasan komunikasi. Dengan notasi pemodelan yang bersifat baku, komunikasi yang yang baik akan terjalin dengan mudah antar tim anggota pengembang dengan para pengguna.

3 Dengan menggunakan UML pengembang perangkat lunak dapat melakukan :
Tinjauan umum bagaimana arsitektur sistem secara keseluruhan. Penelahan bagaimana objek-objek dalam sistem saling mengirimkan pesan dan saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Menguji apakah sistem/perangkat lunak sudah berfungsi seperti seharusnya. Dokumentasi sistem /perangkat lunak untuk keperluan tertentu dimasa mendatang.

4 UML menyediakan 10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek, yaitu:
Use Case Diagram untuk memodelkan proses bisnis. Conceptual Diagram untuk memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi. Sequence Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects. Collaboration Diagram untuk memodelkan interaksi antar objects. State Diagram untuk memodelkan perilaku objects di dalam sistem. Activity diagram untuk memodelkan perilaku Use Cases dan objects di dalam system. Class diagram untuk memodelkan struktur kelas. Object Diagram untuk memodelkan struktur object. Component Diagram untuk memodelkan komponen object. Deployment Diagram untuk memodelkan distribusi aplikasi.

5 Usecase Diagram Pengertian :
Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi/layanan yang disediakan oleh sistem ke pemakai. Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem. Use case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal.

6 Komponen Pembentuk Use Case Diagram :
1. Actor Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapa actor. Actor tersebut mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem. Actor hanya berinteraksi dengan use case, tetapi tidak memiliki kontrol atas use case. Actor digambarkan dengan stick man . Actor dapat digambarkan secara secara umum atau spesifik, dimana untuk membedakannya kita dapat menggunakan relationship

7 Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun. Catatan : Use case diagram adalah penggambaran sistem dari sudut pandang pengguna sistem tersebut (user), sehingga pembuatan use case lebih dititikberatkan pada fungsionalitas yang ada pada sistem, bukan berdasarkan alur atau urutan kejadian. Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem: Pola perilaku perangkat lunak aplikasi. Gambaran tugas dari sebuah actor. Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya).

8 Relasi dalam Use Case Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: Association, menghubungkan link antar element. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

9 Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram:
<<include>> , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. <<extends>>, kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm. <<communicates>>, mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.

10 Tugas Pribadi Carilah defenisi, fungsi dan cara penggambaran serta contoh 10 diagram UML.

11 TERIMA KASIH


Download ppt "PEMODELAN OBJECT ORIENTED"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google