Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehFanny Shinta Dharmawijaya Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
BAB I VRML SHAPE, MULTIPLE SHAPE
Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
2
Abstrak VRML (Virtual Reality Modeling Language) merupakan standar aplikasi 3-D yang ditampilkan dalam halaman web (World Wide Web). VRML merupakan distribusi visual yang berbasis web.
3
Versi VRML Version Released Comment VRML 1.0 May 1995
Dimulai pada tahun 1994, merupakan versi VRML pertama dengan dasar Open Inventor dikembangkan oleh sislicon Graphics dan dispesifikasikan pada mei 1995 dan meliputi pembuatan bentuk, cahaya dan tektur. VRML 2.0 August 1996 Spesifikasi baru untuk syntax VRML dan penambahan pada fitur untuk pembuatan bentuk, animasi, background dan interaksi. VRML 97 September 1997 Pada tahun 1997, VRML 2.0 dispesifikasikan kedalam ISO (international Standart Organization) sebagai bahasa 3-D browser dengan SGI platform (Silicon Graphics Cosmo Player).
4
Pengertian VRML adalah simple text language yang menggambarkan bentuk 3-D dan interaksi dengan lingkungan. File text VRML menggunakan extensi .wrl Untuk menampilkan file VRML menggunakan VRML browser. Untuk membangun /membuat filenya menggunakan text editor (notepad, edit plus, dll).
5
Struktur File VRML File Header
Comments – notes untuk keperluan sendiri Nodes – bagan dari informasi Fields – node atribut yang akan dirubah Values – nilai dari atribut Contoh : File Header Comment Node Fields Values
6
Bentuk Primitive VRML Standar pembuatan blok berbentuk: Box Cone
Cylinder Sphere Text
7
Syntax : Shape Dalam shape terdapat node: Syntax: Shape {
appearance – color dan texture geometry – bentuk atau struktur Syntax: Shape { appearance . . . geometry …… }
8
Geometry Box { …. } Cone {…..} Cylinder {…} Sphere {…} Text {….}
Field dalam node geometry digunakan untuk mengontrol dimensi, dan dimensinya biasanya dalam meter.
9
Syntax : Box Geometry BOX dibangun dari kotak. Box { size 2.0 2.0 2.0
} Y Z X
10
Syntax : Cone Geometry CONE dibangun dari kerucut tegak. Cone {
height 2.0 bottomRadius 1.0 } height bottomRadius
11
Syntax : Cylinder Geometry CYLINDER dibangun dari tabung tegak.
height 2.0 radius 1.0 } radius height
12
Geometry SPHERE dibangun dari sebuah bola. Sphere { radius 1.0 }
13
Syntax : Text Geometry text dibangun dari suatu tulisan. Text {
string [“Text”, “Shape” ] fontStyle FontStyle { style “BOLD” size 1.0 spacing 1.0 }
14
Multiple Shape Shape dibangun di tengah-tengah halaman browser
Sebuah VRML dapat terdiri dari multiple shapes Shapes hanya bisa dibangun pada lokasi yang sama. #VRML V2.0 utf8 Shape {.....} Shape {....} .....
15
Grouping Node Shape dapat dikelompokan untuk menjadi bentuk yang kompleks. VRML mempunyai beberapa pengelompokan nodes, yaitu: Group {…..} Transform {….} Group { children [ …..] } Transform { translation ….. rotation ….. scale …… children […..] }
16
Naming Node Jika beberapa shape memepunyai geometry yang sama atau appearance, maka harus menggunakan multiple duplicate nodes. Setiap node dapat dilakukan penamaan mengggunakan DEF dan USE DEF untuk penamaan sedangkan USE untuk pemanggilan. Contoh DEF: DEF redColor Material { diffuseColor } Contoh USE : Appearance { material USE RedColor Penamaan harus berbeda dengan node/field. Penamaan bersifat unique.
17
Soal I : mspace.wrl mCone1.wrl mbox1.wrl mcyl1.wrl
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.