Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehFarida Tedjo Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Pentingnya Pengembangan Media Kesehatan
Oleh : I Wayan Ordiyasa, S.Kom. M.T. Staf Pengajar : FST UNRIYO
2
Pendahuluan Data fakta-fakta yang dijumpai disekililing
Informasi data yang sudah melalui proses pengolahan, dengan metoda tertentu Teknologi informasi (TI) teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
3
Pendahuluan T I adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,dan memanipulasi data) T I menghasilkan informasi yang berkualitas (relevan, akurat, tepat waktu). T I digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pendidikan dan pemerintahan TI merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
4
Lanjutan Pendahuluan T I menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan antar komputer. Teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
5
Perkembangan Teknologi Hardware Komputer
Sejak dikembangkan dari tahun 1940-an sampai saat ini Perkembangan Komputer sangat pesat sekali Kecepatan dan Harga dari Teknologi Hardware komputer makin lama makin murah Hukum Moore: menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, sekarang semakin dekat kearah jenuh.
6
Perkembangan Teknologi Software Komputer
SISTEM OPERASI DOS WINDOWS LINUX MAC OS UNIX SOFTWARE APLIKASI Perkantoran : MS Office Disain: Corel Draw Multimedia : Ulead, Flash Internet : Browser, YM Statistik: SPSS Akuntansi : DacEasy Acc. Utility: Antivirus BAHASA KOMPUTER BASIC PASCAL C JAVA DELPHI
7
MENGAPA MULTIMEDIA PENTING?
Karena digunakan sebagai salah satu alat untuk bersaing bagi peruhaaan. Pada Abad ke-21 ini multimedia segera menjadi ketrampilan dasar yang sama pentingnya dengan ketrampilan membaca. Multimedia memiliki kelebihan dapat menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Multimedia akan membantu meratakan zaman informasi kejutaan orang yang belum memakai komputer.
8
Apa itu blog Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
9
Internet (Interconnected Network)
Definisi : Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Aplikasi internet Browsing, , Chatting, E-Commerce, E-Government, E-Procurement, E-Learning, dll.
10
E-Learning (Belajar Elektronik)
Definisi : e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone. (LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001])
11
Keuntungan E-Learning (Belajar Elektronik)
Keuntungan Menggunakan e-Learning Menghemat waktu proses belajar mengajar Mengurangi biaya perjalanan Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku) Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
12
PERNAN TEKNOOGI INFORMASI
13
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa Sesuai dengan kegiatan belajar dan pem-belajaran yang dirancang Sesuai dengan tempat penyelenggaraan belajar dan pembelajaran Memuat informasi yang dapat memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
14
Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
Sebaiknya dapat dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator. Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana. Biaya yang diperlukan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam skema kemam-puan anggaran sekolah
15
TINGKAT PENYERAPAN DALAM BELAJAR
20 % DARI YANG KITA BACA 30 % DARI YANG KITA DENGAR 40 % DARI YANG KITA LIHAT 50 % DARI YANG KITA KATAKAN 60 % DARI YANG KITA KERJAKAN 90 % DARI YANG KITA LIHAT, KITA DE- NGAR, KITA KATAKAN DAN SEKALI- GUS KITA KERJAKAN
16
Peran media dalam pembelajaran
Membuat kongkrit konsep yang abstrak Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting Memberikan pengganti pengalaman langsung Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati Memberikan pengalaman segi pengamatan Menyajikan perbedaan warna secara visual Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
17
Perkembangan Media Cetak Radio/audio Televisi/Video KOMPUTER/JARINGAN
Generasi Pertama Radio/audio Generasi Kedua Televisi/Video Generasi Ketiga KOMPUTER/JARINGAN Generasi Keempat
18
Jenis-jenis media Media Cetak Media Radio/Audio Media Televisi/Video Komputer/Jaringan
19
TERIMAKASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.