Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSuryadi Halim Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf
Penyelesaian masalah ~ pencarian dalam graf Dua cara penyajian: (1) State space (umumnya graf) (2) graf AND/OR
2
Masalah “blocks world”
Mencari urutan pergerakan robot untuk mengurutkan balok
3
State space untuk Blocks world
Start Goal
4
State Space State space (ruang masalah) = graf berarah
Simpul/Node ~ situasi masalah Panah/Arc ~ aksi, gerakan yang diperbolehkan Masalah = ( State space, Start, Goal condition) Beberapa simpul bisa memenuhi kondisi goal Pemecahan masalah ~ mencari jalur/path Penyelesaian masalah ~ pencarian dalam graf Solusi masalah ~ jalur dari simpul start ke goal
5
Menyajikan masalah ke dalam state space
Contoh masalah: Blocks world planning 8-puzzle 8 queens Travelling salesman dll
6
8-puzzle
7
State spaces untuk masalah optimisasi
Optimisasi: meminimalkan cost/biaya solusi Contoh pada kasus blocks world, setiap aksi bisa memiliki perbedaan cost Cost terdapat pada panah Cost of solution = cost of solution path
8
Mekanisme Pencarian Adalas prosedur untuk mengakses basis pengetahuan
Setiap teknik representasi pengetahuan berhubungan dengan mekanisme pencarian Rules untuk pencarian pohon merupakan pencarian terhadap jalur yang harus diambil tiap percabangan Semantic networks dicari dengan memelriksa jalur tiap simpul Frames – mencari frame yang relevan, lalu slot yang relevan
9
Metode Pencarian Uninformed techniques/blind search:
systematically search complete graph, unguided Depth-first search Breadth-first search Iterative deepening Informed techniques /heuristic search: Use problem specific information to guide search in promising directions Best-first search Hill climbing, steepest descent Algoritma A* Beam search Algoritma IDA* (Iterative Deepening A*) Algoritma RBFS (Recursive Best First Search)
10
Arah Pencarian Forward search: dari start ke goal
Backward search: dari goal ke start Bidirectional search Dalam sistem pakar: Forward chaining Backward chaining
11
Depth-first search
12
Depth-first search, problem of looping
13
Iterative deepening search
14
Breadth-first search
15
Time and space complexity orders
16
Time and space complexity
Breadth-first and iterative deepening solusi terbaik bisa diperoleh Breadth-first: terjadi kompleksitas pada high space Depth-first: terjadi kompleksitas pada low space, tetapi pencarian efektif pada kedalaman solusi Iterative deepening: kinerja bagus baik dalam space apapun
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.