Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Komponen Desain Grafis
Oleh Darsono.S.Si
2
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan komponen dalam desain grafis. Mahasiswa mengetahui prinsip desain grafis
3
Komponen dalam desain grafis
Garis Bentuk (shape) Warna, tekstur dan Cahaya Ilustrasi/ Gambar Huruf/tipografi Ruang/ Space
4
Desain grafis agar terlihat menarik
Komponen grafis harus diedit Diberi efek Dikomposisikan/ dilayaout dengan prinsip Desain.
5
Prinsip Desain antara lain
Keseimbangan Keserasian Proporsi/ skala Irama Kesatuan dll
6
Garis Garis disoftware grafis komputer sering disebut Outline(Coreldraw) dan Counter atau stroke ( adobe photoshop)
7
Garis secara orientasi terdiri dari :
Garis lurus Horizontal > memberi kesan ketenangan atau hal yang tak bergerak. Garis Lurus Vertikal > memberi kesan Stabilitas, kekuatan atau kemegahan. Garis lurus miring diagonal > memberi kesan Tidak stabil, sesuatu yang bergerak dan dinamika. Garis melengkung (kurva)> memberi kesan keanggunan, halus.
8
Kombinasi garis Horizontal dan Vertikal, memberi kesan : fromal, kokoh, tegas Kombinasi garis diagonal, memberi kesanKonflik, perang, benci, larangan. Kombinasi garis kurva, spiral memberi kesan kelahiran atau generasi penerus, hipnotis. Untuk setngah lingkaran memberi kesan kekokohan, Gelombang memberi kesan gemulai, lembut, mengalir.
9
Bentuk Bentuk juga sebut shape
Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra)atau 3 dimensi (trimatra)
10
Warna Setiap warna mempunyai karektiristik tersendiri.
Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience.
11
Ilustrasi Manual/ hand drawing dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush , kuas dll Computerized> menggunakan komputer
12
Tipografi/Teks Kategori jenis Font
Huruf tanpa kait (sans serif) > tahima, arial Berkait (serif) > time roman, Garamond Huruf tulis ( Scipt) > Bruschscript, Mistral Dekoratif > Augsburger initial Monospace > monotype Cursive,
13
Ruang/ Space Sifatnya relatif.
Dengan adanya ruang orang bisa merasakan jauh-dekat, tinggi – rendah, kecil – besar dll
14
Prinsip Desain 1. Keseimbangan a. Simetris b. Asimetris c. Radial
2. Irama - Normal - Mengalir - Progresive 3. Skala & Proportion - jauh - Sedang - Dekat 4. Fokus (Dominance) a. Hirarki b. Contras 5. Kesatuan - Kedekatan ( Closure) - Keselarasan - Similarity - Perataan ( Aligment)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.