Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma."— Transcript presentasi:

1 01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma

2 Mata Kuliah : Analisis dan Desain Algoritma

3 Desain Analisis dan Algoritma Kuliah Awal Serangkaian KULIAH Merupakan
PRAKTIKUM Merupakan Kuliah Awal dari yang mengajarkan

4 . . . Perintah seperti apa yang dapat dilaksanakan oleh komputer
yang mengajarkan . Antara lain : Bagaimana Cara memberi perintah kepada komputer . Perintah seperti apa yang dapat dilaksanakan oleh komputer . Memeriksa atau menguji apakah perintah yang diberikan kepada komputer, sudah benar

5 Perhatikan kata : PERINTAH

6 Sebagai ilustrasi kita Kembali ke ……

7 Dalam hal ini kita memilih alat prosesnya adalah KOMPUTER
Data Informasi PROSES Dalam hal ini kita memilih alat prosesnya adalah KOMPUTER

8 Data Informasi 5 dan 2 + 7 Contoh : 5 + 2 PROSES (penjumlahan)
Prosesnya 5 + 2

9 Data Informasi + Penambahan - Pengurangan * Perkalian / Pembagian
PROSES Ada yang mudah misalnya : Ada yang tidak mudah + Penambahan - Pengurangan * Perkalian / Pembagian

10 mengolah data menjadi INFORMASI
Alur Pekerjaannya Data Informasi KOMPUTER Mengeluarkan / mencetak INFORMASI mengolah data menjadi INFORMASI memasukkan DATA kedalam komputer Ada perintahnya Ada perintahnya Ada perintahnya Kita yang memberikan perintah

11 ? ? ? 1. 2. 3. Terlihat ada 3 langkah pokok :
Apakah komputer mempunyai tempat untuk menampung data yang akan diolah 1. Memasukkan dan menyimpan data ke dalam komputer ? Apakah komputer mempunyai alat untuk mengolah data menjadi informasi 2. Mengolah data menjadi informasi ? 3. Mengeluarkan atau menampilkan atau mencetak informasi Apakah komputer mempunyai alat untuk menampilkan informasi ?

12 Semua peralatan yang diperlukan untuk mengolah data menjadi informasi dimiliki oleh komputer
Dapat diilustrasikan dengan : Konfigurasi Komputer

13 Konfigurasi Komputer

14 MEMORY (internal Storage) Input device (external storage) RAM
PROCESSOR misal : Intel Atom SCREEN MEMORY (internal Storage) KEYBOARD Output device Input device HARDDISK (external storage) RAM misal kapasitas 512 MB Misal kapasitas 256 GB Input & Output device

15 MEMORY Tempat menampung data
Alat dan tempat mengolah data PROCESSOR MEMORY (internal Storage) SCREEN KEYBOARD Tempat menampung data Alat untuk menampilkan informasi Alat untuk memasukkan data HARDDISK (external storage) RAM misal kapasitas 512 MB Misal kapasitas 256 GB Input & Output device

16 Definisi Komputer sebagai berikut :
Konfigurasi komputer ini sesuai dengan definisi komputer berikut ini : Ada buku yang menulis Definisi Komputer sebagai berikut :

17 adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik,
Ada buku yang menulis sebagai berikut : Mempunyai Processor, contoh Intel Atom KOMPUTER adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, yang mempunyai, internal storage bekerja dengan bantuan Operating System menurut program yang diberikan kepadanya. RAM Contoh WINDOWS

18 Ilustrasi sebuah data tersimpan dalam memory komputer :

19 Data Memory KOMPUTER DATA disimpan kedalam komputer

20 yang dapat digunakan sebagai suatu tempat untuk menampung
Memory komputer Memang ada bendanya secara fisik Memory komputer adalah suatu benda di dalam komputer yang dapat digunakan sebagai suatu tempat untuk menampung segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pengolahan data Punya kapasitas, punya satuan daya tampung Sesuatu misal : Operating System Program Data Compiler Dsb.

21 Apa itu memory komputer
?

22 Apa bentuk fisik memory komputer
?

23 Dapatkah dosen menerangkan bentuk fisik memory komputer
?

24 Hanya berusaha menerangkan secara ilustrasi Kenapa hanya ilustrasi
TIDAK dapat Hanya berusaha menerangkan secara ilustrasi Kenapa hanya ilustrasi ?

25 ( Random Access Memory )
adalah internal storage biasa disebut RAM ( Random Access Memory )

26 adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik,
Ingat kembali Definisi Komputer : KOMPUTER adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, yang mempunyai, internal storage bekerja dengan bantuan Operating System menurut program yang diberikan kepadanya.

27 Memory komputer dapat diILUSTRASIKAN sebagai suatu tempat,
yang diatas kertas digambarkan sebagai sebuah bidang empat persegi. Bayangkan ini sebagai sebidang tanah yang luasnya 512 juta meter persegi untuk mengilustrasikan memory dengan kapasitas 512 MB, dimana 1 meter persegi hanya dapat ditempati oleh sebuah huruf Memory Komputer

28 internal storage mempunyai Suatu tempat didalam komputer
adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, yang mempunyai, internal storage bekerja dengan bantuan Operating System menurut program yang diberikan kepadanya. mempunyai internal storage Suatu tempat didalam komputer mempunyai kapasitas daya tampung

29 RAM (Random Access Memory) Kapasitas 512 MB (Mega Byte)
Internal Storage, RAM (Random Access Memory) misal dengan Kapasitas 512 MB (Mega Byte) Daya Tampung Satuan memory

30 B singkatan untuk Byte 1 KB (Kilo Byte ) = Byte

31 B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = Byte 1 MB (Mega Byte ) = KB

32 B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = Byte 1 MB (Mega Byte ) = KB 1 GB (Giga Byte ) = MB

33 B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = Byte 1 MB (Mega Byte ) = KB 1 GB (Giga Byte ) = MB 1 TB (Tera Byte ) = GB

34 cari sendiri B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = 1024 Byte
1 MB (Mega Byte ) = KB Di Buku Ada 1 GB (Giga Byte ) = MB 1 TB (Tera Byte ) = GB = TB

35 cari sendiri sendiri B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = 1024 Byte
1 MB (Mega Byte ) = KB Di Buku Ada 1 GB (Giga Byte ) = MB 1 TB (Tera Byte ) = GB = TB = ……

36 cari sendiri sendiri B Byte 1 KB (Kilo Byte ) = 1024 Byte
1 MB (Mega Byte ) = KB Di Buku Ada 1 GB (Giga Byte ) = MB 1 TB (Tera Byte ) = GB = TB = …… = ……

37 1KB = 1024 B ? Mengapa mengapa bukan 1000 1 kg = 1000 g 1 km = 1000 m
Sedangkan : 1 kg = 1000 g 1 km = 1000 m ?

38 Karena komputer menggunakan
bilangan biner ( binary number )

39 Bilangan biner x x x x x . x x x x adalah bilangan yang berbasis 2 1 ,
Hanya mengenal 2 macam notasi atau simbol yaitu : 0 dan 1 Setiap digit 1 , nilainya x x x x x . x x x x angka biner titik decimal (binary digit)

40 Setiap digit 1 , nilainya Bilangan binary ini nilainya secara decimal = = 0.625 = 19

41 Selalu Bagi 2 Selalu Kali 2 Bilangan binary ini nilainya secara decimal = = 0.625 = 19

42 1 2 4 8 16 32 64 128 256 512 1024 2048 . mengapa ? 1024 1024 = nilai yang paling mendekati 1000 ini yang dipakai untuk kilo

43 Setiap satu satuan , nilainya
yang biasa kita gunakan sehari-hari Bilangan decimal yaitu bilangan yang berbasis 10 mengenal 10 macam notasi atau simbol yaitu : 0, 1, 2, ……..9 Setiap satu satuan , nilainya x x x x x x x titik decimal

44 Byte

45 BYTE adalah satuan memory
(storage) terkecil yang masih bisa diberi alamat Satuan lain : WORD ( 4 Byte) HALF WORD ( 2 Byte) DOUBLE WORD ( 8 Byte) SECTOR (512 Byte) no: 0 1 2 3 Bila memory dianggap sebagai sebidang tanah, maka 1 BYTE dapat dianggap sebagai 1 meter persegi, yang hanya dapat menampung 1 buah karakter atau huruf memory No : 512 * 1024 * (Untuk memory 512 MB) 1 BYTE = 8 bit (binary digit ) X X X X X X X X Tetapi bit tidak dapat diberi alamat

46 BYTE adalah satuan memory
(storage) terkecil yang masih bisa diberi alamat no: 0 1 2 3 Bila memory dianggap sebagai sebuah ruangan, maka 1 BYTE dapat dianggap sebagai 1 buah ubin, yang hanya dapat menampung 1 buah karakter atau huruf memory 1 BYTE = 8 bit (binary digit ) X X X X X X X X

47

48 RANDOM ACCESS (Akses secara Acak)
Komputer dapat mengakses (menuju, mencapai, mendapatkan) sebuah Byte dalam memory, secara langsung, tanpa harus menelusuri satu per satu mulai Byte 0,1,2,3, dan seterusnya. Bagi komputer, untuk mengakses Byte no 1000, sama mudahnya dengan mengakses Byte nomor 1, atau nomor lainnya

49 1 BYTE = 8 bit ( binary digit atau angka biner)
Sebuah Byte terdiri dari 8 komponen yang disebut bit. Sulit menerangkan benda yang disebut bit tersebut secara fisik. Hanya dapat diilustrasikan sebagai sebuah bohlam lampu atau bola lampu yang hanya memiliki salah satu dari 2 kondisi yaitu : menyala atau padam. Bila menyala disebut ON, dan padam disebut OFF Menurut standard ASCII Contoh sebuah huruf A bila disimpan dalam satu BYTE memory ON OFF ilustrasi sebuah BYTE yang terdiri dari 8 buah bohlam lampu.

50 Catatan : ON OFF disini sengaja dibuat jarak, hanya agar mudah melihat jumlah bitnya ada 8 buah.

51 Bit = Binary digit (angka biner)
Untuk keperluan komputasi secara digital, maka : bit yang ON dinyatakan dengan angka 1, dan bit yang OFF dinyatakan dengan angka 0 Sehingga huruf A yang dinyatakan dengan ON dan OFF nya bit-bit sebagai berikut : ON OFF selanjutnya dinyatakan dengan :

52 Binary digit (angka biner)
Bilangan Binary, Basis (Radix) = 2, karena hanya mengenal 2 notasi atau simbol yaitu: 0 dan 1 x x x x x x Bilangan Decimal Basis (Radix) = 10, karena mengenal 10 notasi atau simbol yaitu : 0, 1, 2, 3, x x x x

53 Nilai decimal Binary digit (angka biner) 1 1 0 1 1 1 0 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 = 0 = 1 = 2 = 3 = 4 = 5 = 6 = 7 = 8 = 9

54 Nilai yang terkandung dalam sebuah BYTE
Setiap bit yang ON mempunyai nilai sesuai dengan posisinya dalam sebuah BYTE yang dapat digambarkan sebagai berikut : Contoh : Bila bit-bit dalam satu Byte dinyatakan sebagai berikut : maka nilai numerik yang tersimpan = 53 ( = )

55 Nilai karakter A Ilustrasi huruf A yang disimpan dalam suatu BYTE
Yang dinyatakan dengan angka biner (binary digit) menjadi : Sehingga karakter A, atau huruf A yang disimpan dalam satu BYTE memory akan bernilai = 65 karena bit yang ON bernilai 64 dan 1.

56 A B C D E HURUF atau KARAKTER : = 65 = 66 = 67 = 68 = 69
A B C D E = 65 = 66 = 67 = 68 = 69

57 Ilustrasi sebuah data tersimpan dalam memory komputer :
Kembali Ke : Ilustrasi sebuah data tersimpan dalam memory komputer :

58 Data Memory KOMPUTER DATA disimpan kedalam komputer

59 Penjelasannya akan diterangkan kemudian pada saat diperlukan
Catatan : Data yang disimpan dalam komputer, dibedakan menjadi 2 macam : a. Numerik , yaitu data yang berbentuk nilai yang dapat dikenai proses aritmatik (hitung menghitung). Contoh : 25 -17 3.72 b. karakter, yaitu data yang berbentuk karakter yang tidak dapat dikenai proses aritmatik (hitung menghitung). Contoh : ‘5’ “25” “Jakarta” Penjelasannya akan diterangkan kemudian pada saat diperlukan

60 (misal dengan kapasitas 512 MB)
Contoh : Data yang disimpan dalam memory komputer akan disimpan dalam sejumlah Byte. Menyimpan nilai 25 ke dalam memory komputer Nilai 25 dapat disimpan dalam : 2, atau 4, atau 8 Byte tergantung tipe data yang digunakan : 25 A Tipe data akan diterangkan kemudian Area tempat menyimpan data dalam memory dapat diberi nama Dalam ilustrasi yang digambarkan namanya A Memory (misal dengan kapasitas 512 MB) Dapat juga tanpa nama Pada Byte nomor berapa nilai 25 disimpan, jangan dipikirkan dulu

61 (misal dengan kapasitas 512 MB)
Contoh : Untuk pelajaran awal, kita misalkan nilai 25 disimpan dalam 2 Byte dengan nama A Menyimpan nilai 25 kedalam memory komputer 25 Nama ini kita karang sendri. A Untuk selanjutnya nama ini kita sebut : variabel Ada ‘komputer’ yang membatasi jumlah karakter untuk nama maksimum 32 karakter Memory (misal dengan kapasitas 512 MB) variabel A

62 (misal dengan kapasitas 512 MB)
Contoh : Menyimpan nilai 25 kedalam memory komputer 25 Kita sebut : Variabel A isinya 25 A Memory (misal dengan kapasitas 512 MB)

63 Variabel adalah : Apa itu : variabel ? Aslinya : variable Asal kata :
vary : variasi, bermacam-macam Able : Dapat di …… Variabel adalah : Sesuatu yang nilainya dapat berubah-ubah , atau dapat diubah-ubah Sesuatu itu misalnya : Jumlah Jam Kerja Upah per Jam Jumlah Mahasiswa

64 Variabel adalah : Apa itu : variabel ? Aslinya : variable Asal kata :
vary : variasi, bermacam-macam Able : Dapat di …… Variabel adalah : Sesuatu yang nilaianya dapat berubah-ubah , atau dapat diubah-ubah Sesuatu itu misalnya : JUmlah Jam Kerja Upah per Jam Jumlah Mahasiswa

65 Y = 10000 X + 25000 Apa itu : variabel ? Contoh dalam Matematika :
X dan Y disebut variabel yaitu nama simolis untuk suatu nili Y = Nama simbolis untuk nilai Upah yang diterima X = Nama simbolis untuk nilai Jumlah barang yang dibuat hari itu

66 Variabel : Apa itu : variabel ?
Pengguna data menggunakan nama ini untuk berhubungan dengan ‘komputer’ Dalam penggunaan memory Komputer : Variabel : Suatu area dalam memory komputer yang isinya dapat diubah-ubah . Punya nama . Memiliki jumlah Byte tertentu . Punya isi atau nilai Variabel tersebut :

67

68 Perintah Memberi Kepada Komputer
Selanjutnya menggunakan istilah INSTRUKSI

69 ? ? ? 1. 2. 3. Terlihat ada 3 langkah pokok :
Apa instruksi untuk memasukkan data ke komputer Memasukkan atau menyimpan data ke dalam komputer ? Apa instruksi untuk mengolah data menjadi informasi ? 2. Mengolah data menjadi informasi 3. Mengeluarkan atau menampilkan atau mencetak informasi Apa instrusi untuk menampilkan informasi ?

70 mengolah data menjadi INFORMASI
Alur Pekerjaannya Data Informasi KOMPUTER Mengeluarkan / mencetak INFORMASI mengolah data menjadi INFORMASI memasukkan DATA kedalam komputer Ada perintahnya Ada perintahnya Ada perintahnya Kita yang memberikan perintah

71 Data Informasi + 5 dan 2 7 5 + 2 Bagaimana memeberi perintah
kepada komputer untuk menghitung total dua buah yaitu 5 dan 2 dan menampilkan total tersebut ke layar monitor komputer Data Informasi PROSES + (penjumlahan) 5 dan 2 7 Prosesnya 5 + 2

72 Algoritma Tahap-tahap urutan instruksi-instruksi Ini yang disebut :
1. Siapkan 3 variabel dalam memory : A, B dan T. 2. Isikan variabel A dengan nilai 5 Ini yang disebut : Algoritma 3. Isikan variabel B dengan nilai 2 4. Tambahkan isi variabel A dengan isi variabel B, hasilnya dismpan dalam variabel T 5. Tampilkan isi variabel T ke layar monitor

73 Dalam pelajaran Algoritma, Tugas / Pekerjaan tersebut
adalah langkah-langkah yang diambil dalam menyelesaikan suatu tugas / pekerjaan Langkah-langkah harus tersusun secara LOGIS dan Efisien agar dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien. Dalam pelajaran Algoritma, Tugas / Pekerjaan tersebut akan diselesaikan dengan menggunakan tugas ? komputer kita

74 tugas kita memberikan perintah komputer kepada untuk menyelesaikan
adalah : memberikan perintah komputer kepada untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut

75 memang dirancang untuk dapat yang diberikan oleh manusia
komputer memang dirancang untuk dapat menerima dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh manusia Susunan perintah-perintah inilah yang disebut algoritma

76 Algoritma yang ditulis dalam suatu bahasa yang kita kenal atau yang kita pahami Algoritma yang ditulis menggunakan bahasa sehari-hari disebut : Pseudo Code 1. Siapkan 3 variabel dalam memory : A, B dan T. Pseudo dapat diartikan : “Bukan sebenarnya, tapi menyerupai “ 2. Isikan variabel A dengan nilai 5 3. Isikan variabel B dengan nilai 2 4. Tambahkan isi variabel A dengan isi variabel B, hasilnya dismpan dalam variabel T Code sering digunakan untuk menyatakan “Instruksi yang ditulis dalam bentuk kode” 5. Tampilkan isi variabel T ke layar monitor

77 Dalam penulisan Algoritma yang tidak langsung dialankan di komputer, biasanya :
Instruksi yang memerintahkan komputer menyiapkan variabel , tidak perlu ditulis, karena dianggap sudah semestinya disiapkan 1. Siapkan 3 variabel dalam memory : A, B dan T. 2. Isikan variabel A dengan nilai 5 3. Isikan variabel B dengan nilai 2 4. Tambahkan isi variabel A dengan isi variabel B, hasilnya dismpan dalam variabel T 5. Tampilkan isi variabel T ke layar monitor

78 Sehingga Algoritmanya cukup sebagai berikut :
Yang dapat disingkat menjadi : 1. Isikan variabel A dengan nilai 5 A diisi 5 B diisi 2 2. Isikan variabel B dengan nilai 2 T diisi dengan A+B 3. Tambahkan isi variabel A dengan isi variabel B, hasilnya disimpan dalam variabel T Cetak T Nomor urut tidak diperlukan karena instruksi dilaksanakan sesuai urutan penulisan atau pembacaan dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan 4. Tampilkan isi variabel T ke layar monitor

79 Mana diantara ketiga buah algoritma ini yang benar
Dulu ada buku yang menulis Algoritma ini menjadi Sekarang semua buku cetakan baru menulisnya menjadi 1. A diisi 5 A A = 5 B = 2 T = A + B Write ( T ) 2. B diisi 2 B 3. T diisi dengan A+B T A+B Cetak T 4. Cetak T Mana diantara ketiga buah algoritma ini yang benar SEMUANYA BENAR

80

81 Bersambung ke : 01.4 Algoritma dan Bahasa Pemrograman


Download ppt "01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google