Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)"— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)
Pengantar Multimedia Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)

2 Pengantar Multimedia Sejarah, Definisi, Elemen Multimedia
Perkembangan & Pentingnya Multimedia Pengembangan Bidang Multimedia Manfaat & Pengaruh Multimedia Masa Depan Multimedia Karir Multimedia

3 Sejarah Multimedia Komunikasi radio, koran, televisi, teater, film, dll. Semua medium ini membantu dalam memperoleh pengetahuan atau mendidik. Media informasi yang tunggal kurang baik dalam menyampaikan pesan yang bermanfaat untuk berbagai macam audiens (penonton). Contoh: Telepon Suara Surat Text Semakin banyak medium yang digunakan akan meningkatkan kualitas informasi yang didapat oleh audiens (penonton). Contoh: Video Clip

4 Sejarah Multimedia Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia (Anonymous).

5 Sejarah Multimedia Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection (AVC). Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia di pasar.

6 Definisi Multimedia Kombinasi dari paling sedikit dua media input/output dari data. Media ini bisa berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafis & gambar (Turban dkk, 2002) Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi,audio & gambar video (Robin & Linda, 2001) Pemanfaatan komputer untuk membuat & menggabungkan teks, grafik, audio, video & animasi dengan menggabungkan link & tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

7 Definisi Multimedia Dari beberapa definisi sebelumnya, terkandung 4 komponen penting berkaitan dengan multimedia : Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat & didengar, yang berinteraksi dengan audiens. Harus ada link yang menghubungkan dengan informasi. Harus ada alat navigasi yang memandu, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Multimedia menyediakan tempat untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide.

8 Multimedia Definisi Multimedia MULTI [latin nouns] :
banyak; bermacam -macam MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

9 Definisi Multimedia Mutimedia berarti penggunaan beberapa media untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, multimedia adalah kombinasi dari unsur-unsur media yang berbeda seperti teks, audio, grafis, video, dan animasi. Kombinasi dari semua elemen media yang membuat komunikasi lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh pengguna.

10 Components of Multimedia
Definisi Multimedia Komputer memainkan peran penting dalam pengembangan elemen media ini. Komputer yang mampu menangani teks, grafik, audio, video, dan animasi biasa disebut Komputer Multimedia. Components of Multimedia

11 Elemen Multimedia (1) Teks
Menurut Hofstetter (2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu: Teks adalah elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena merupakan jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Sebagai cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti. Jenis-jenis teks seperti: Printed Text, Scanned Text dan Hypertext

12 Elemen Multimedia (2) Grafis (Image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Informasi yang disampaikan melalui gambar lebih mudah untuk diingat dan dipahami. Jenis-jenis grafis seperti Bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor (.bmp, .gif, .png, .jpg, .psd, .tif) Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.

13 Elemen Multimedia (3) Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.  Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :

14 Elemen Multimedia (4) Animasi
Adalah perubahan/pergantian visual setiap waktu. Simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.  Animasi dapat diklasifikasikan kedalam 2 bentuk: Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D).

15 Elemen Multimedia (5) Video
Adalah urutan pemandangan natural yang ditangkap menggunakan perangkat perekam video analog atau digital (web cam, digital camera atau mobile phones). Menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.

16 A movie may consist of several files
Multimedia Files A movie may consist of several files

17 Jenis Multimedia Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu Multimedia Linier/ Multimedia Non - Interaktif Suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh penguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: Corporate presentasi, demo, TV dan film. Multimedia Interaktif Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.

18 Pentingnya Multimedia (1)
Multimedia lebih menarik indera dan minat CTR (Computer Technology Research) : Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat Orang mampu mengingat 80% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan. Multimedia tool yang ampuh dalam pendidikan

19 Pentingnya Multimedia (2)
Multimedia dalam bidang pendidikan Advantage Disadvantage Students learn more easily and in less time To operate, depend on permanent electricity Attractive and entertaining Some equipment have a tendency to be addictive in their use Access to multiple educational resources Serious problem like visual tired and physical

20 Pengembangan Bidang Multimedia
Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia 1. Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy 2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Application, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object 3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance

21 Manfaat Multimedia Multimedia dapat digunakan dalam:
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif seperti untuk promosi produk dan pendidikan. Bidang pendidikan dan pelatihan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik. Recording atau broadcasting bahan ajar. Video conferencing Distance learning. Simulasi Operasi/pembedahan pada bidang kedokteran.

22 Manfaat Multimedia Bidang Entertainment (dunia hiburan):
Special effects pada animasi dan film (Ice Age, Jurassic Park, Avatar, dll). Multimedia games. Bidang Jurnalisme: Newspaper, E-Newspaper, E-Magazines.

23 Pengaruh Multimedia (1)
Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu: Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting! Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.

24 Pengaruh Multimedia(2)
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.

25 Sistem Multimedia Sistem Multimedia adalah sebuah sistem yang mampu memproses data multimedia dan aplikasi. Sistem Multimedia ditandai dengan pengolahan, penyimpanan, menghasilkan, memanipulasi dan menginterpretasikan informasi Multimedia.

26 Pembagian Sistem Multimedia
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi: 1. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. 2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.

27 Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media audio jika: Informasi sederhana. Informasi pendek. Informasi hanya dibutuhkan saat itu. Informasi berisi event dalam waktu. Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung. Sistem visual dari manusia terlalu sibuk. Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya.

28 Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media visual jika: Informasi kompleks. Informasi panjang. Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian. Informasi berisi lokasi dalam ruang. Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung. Sistem audio dari manusia terlalu sibuk. Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.

29 berbagai Aplikasi dalam multimedia
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi: Presentasi , company profile Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog dll Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

30 berbagai Aplikasi dalam multimedia
Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi Games; virtual game, virtual driving Film : animasi Olah raga dan hobi Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll) Aplikasi kepentingan publik atau institusi Militer Pariwisata Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll

31 Masa Depan Multimedia Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) Content Management Sytem HCI (Human Computer Interaction)

32 Karir Multimedia Bidang teknologi multimedia merupakan profesi yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.

33 Karir Multimedia (2) Multimedia covers a wide variety of job areas including web design, computer games design, advertising graphics, animation and new media. Multimedia is used in libraries, museums, security systems, cable TV, publishing houses, schools, retailers, films, games, training and video conferencing. Much of the work is freelance work and can be done working from home. You need to be adaptable - able to cope with constant change. Able to learn new things quickly, client focused with good team skills and able to work in project teams (University of Kent, 2103).

34

35


Download ppt "Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google