Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehLiana Dharmawijaya Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
MEDIA PERMAINAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
EKA YUDHA SAKTI, S.Pd EVA IMANIA ELIASA, S.Pd IIS SHOLIHAT, S.Pd NANI CHAERANI, S.Pd RINA MARLINA, S.Psi
2
KONSELOR MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MEMFASILITASI HUBUNGAN KO-KI, MEMBANGUN INFORMASI, PENILAIAN DAN SEGALA KEGIATAN UNTUK PERUBAHAN TINGKAH LAKU DIANTARA MEDIA YANG DIPAKAI ADALAH PLAY AND EXSPRESSIVE ARTS
3
PENTINGNYA PERMAINAN Permainan (play) adalah suatu kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri ( Santrock, 2002) Erikson dan Freud : Permainan adalah suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna menolong anak menguasai kecemasan dan konflik Piaget melihat permainan sebagai suatu metode yang meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak
4
JENIS-JENIS PERMAINAN
Permainan Sensorimotor ( Praktis ) Menggunakan semua indera dengan menyentuh, mengeksplorasi benda, berlari, melompat, meluncur, berputar,melempar bola
5
Permainan Simbolis ( Pura-pura/bermain peran )
Lanjutan… Permainan Simbolis ( Pura-pura/bermain peran ) Terjadi ketika anak mentransformasikan lingkungan fisik ke suatu simbol, sehingga bersifat dramatis dan sosiodramatis Dalam permainan pretend, ada 3 hal yang biasa terjadi : alat-alat, alur cerita dan peran 3. Permainan Sosial Adalah permainan yang melibatkan interaksi sosial dengan teman sebaya
6
4. Permainan Konstruktif
…………lanjutan 4. Permainan Konstruktif Mengombinasikan kegiatan sensorimotor yang berulang dengan representasi gagasan simbolis. Permainan Konstrukstif terjadi ketika anak-anak melibatkan diri dalam suatu kreasi atau konstruksi suatu produk atau suatu pemecahan masalah ciptaan sendiri
7
5. Games Adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kenikmatan dan menyenangkan yang melibatkan aturan dan seringkali kompetisi dengan satu anak atau lebih
8
FUNGSI BERMAIN 1. BERMAIN DAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL
Merangsang perkembangan kognitif Membangun struktur kognitif Permainan akan mengasah kepekaan anak akan keteraturan, urutan dan waktu juga meningkatkan kemampuan logika Belajar Memecahkan Masalah Mengembangkan rentang konsentrasi
9
2. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN BAHASA
3. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN SOSIAL Meningkatkan sikap sosial Anak juga dapat belajar bagaimana sebuah tim dan semangat tim Belajar berkomunikasi Belajar berorganisasi Belajar empati 4. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN EMOSI Kestabilan emosi Rasa kompetensi dan percaya diri
10
c. Menyalurkan keinginan
d. Menetralisir emosi negatif e. Mengatasi konflik f. Menyalurkan agresivitas secara aman 5. BERMAIN DAN PERKEMBANGAN FISIK Mengembangkan kepekaan penginderaan Mengembangkan ketrampilan motorik Menyalurkan energi fisik yang terpendam 6. BERMAIN DAN KREATIVITAS
11
MEDIA PERMAINAN DALAM BK
IN DOOR : media sederhana dengan memanfaatkan fasilitas di ruangan kelas dan dipersiapkan untuk di dalam kelas, ex: dinamika kelompok
12
B. OUT DOOR : media yang direncanakan dengan menggunakan fasilitas di luar kelas, seperti out bond
BAIK IN DOOR MAUPUN OUT DOOR, DIPERLUKAN KETERAMPILAN, PENGETAHUAN, KERJASAMA, KERJA KERAS DAN KOMPETENSI KONSELOR AGAR TUJUAN DARI BIMBINGAN DAN KONSELING TERCAPAI
13
PERMAINAN MERUPAKAN SALAH SATU MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGHADAPI KONSELI, KHUSUSNYA TERHADAP ANAK KARENA TERKADANG ANAK TIDAK MAMPU MENGATAKAN TETAPI DAPAT MENUNJUKKAN DALAM PERILAKUNYA ( WITH PLAY PROVIDES ONE OF THE BEST WAYS TO COMMUNICATE WITH CHILDREN AND “SEE THEIR WORLD” OR “A WINDOW INTO THE CHILD`S WORLD”)
14
PLAY THERAPY , SUATU TEKNIK TERAPI YANG DILAKUKAN UNTUK MENGHADAPI KONSELI, UTAMANYA YANG MENGALAMI GANGGUAN MENTAL SEPERTI PHOBIA, ANXIETY, TRAUMA, UNDERCONVIDENCE, CHILD ABUSE, ALCOHOLICS & ADDICTS, CHILD VICTIMS OF INCEST, ALLERGIES,STUTERING DENGAN TEKNIK TERTENTU DAN TUJUAN TERTENTU MEMBANTU KONSELI MENUJU KE ARAH KEBAHAGIAAN
15
PERMAINAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING SANGAT DIPAKAI DALAM :
SITUASI KRISIS ( KORBAN GEMPA BUMI, TSUNAMI, ANGIN ) PANTI SOSIAL REHABILITASI
16
DENGAN BERMAIN, ANAK BELAJAR BERMAKNA
(Iirdekamp & Rosegrant,1992) bahwa belajar secara bermakna, bila : 1.Merasa permainan secara psikologis serta kebutuhan fisik terpenuhi 2. Dapat mengkonstruksi pengetahuan 3. Belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa serta anak lain 4. Belajar melalui bermain 5.Minat serta kebutuhan anak untuk mengetahui terpenuhi 6.Unsur variasi individual anak diperhatikan
17
MEDIA SENI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
THE ARTS PROVIDE AN EXPERIENCE THAT IS “PROCESS-ORIENTED, EMOTIONALLY-SENSITIVE, SOCIALLY DIRECTED AND AWARENESS-FOCUSED” THAT ENABLE “PEOPLE FROM DIVERSE BACKGROUND TO DEVELOP IN WAYS THAT ARE PERSONALY ENHANCING AND ENJOYABLE”
18
KESIMPULAN MEDIA PERMAINAN MERUPAKAN ALAT YANG PENTING BAGI KONSELOR DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BAGI KONSELI PENDEKATAN INI MERUPAKAN SEBUAH METODA ALTERNATIF DALAM BERKOMUNIKASI (VIOLET, 1988) MENYEBUTNYA DENGAN “A WINDOWS TO OUR CHILDREN” TEKNIK YANG KREATIF AKAN MENGURANGI MASALAH TINGKAH LAKU, MEMBENTUK POLA PIKIR YANG SEHAT, SIFAT AFEKSI DAN MENGEMBANGKAN INTERPERSONAL DENGAN BERMAIN ANAK BELAJAR SECARA BERMAKNA
19
REFERENSI : Kevin J.O`Connor.1994.Hand Book of Play Therapy.Canada:A.Wiley Interscience Publication John Santrock.2006.Life Span Development.Jakarta:Penerbit Erlangga Yusi Riksa.2008.Konsep dan Aplikasi BK : Aktivitas Bermain Sebagai Strategi Pengembangan Belajar Bermakna.PPB UPI Pamela O.Parsley.What A School Administrasion Need To Know: About Expressive Art And Play Media In School Counseling Journal Proquest Dokumentasi Kelompok
20
TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.