Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA"— Transcript presentasi:

1 OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T. MATERI II DISAIN MULTIMEDIA DASAR

2 Enam (6) Jenis Obyek Multimedia
Teks Grafis Bunyi Video Animasi Software

3 Obyek Teks Merupakan bentuk multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Paling dekat dengan kita dan paling banyak dilihat Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia, misalnya: Game membutuhkan teks lebih sedikit dibandingkan dengan Ensiklopedi

4 Teks Cetak Seperti buku yang sering kita baca
Bayangkan kita menggunakan teks cetak sebagai basis dokumen multimedia Agar komputer multimedia dapat membaca teks cetak, maka kita perlu mengubahnya ke dalam format yang dapat dibaca oleh mesian. Cara yang paling mudah untuk melakukan konversi teks cetak ini adalah dengan mengetikkan teks tersebut ke dalam Word Processor atau Text Editor, tetapi itu bisa sangat menguras waktu dan tenaga. Cara lebih cepat barangkali adalah dengan menscan teks tersebut.

5 Teks Hasil Scan Kini tersedia banyak scanner berbiaya rendah yang dapat membaca teks cetak dan mengkonversinya menjadi format yang terbaca oleh mesian dan menghasilkan teks cetak dan menghasilkan scanned text (teks hasil scan) Pada prinsipnya ada 3 jenis scanner: Flatbed: Menggunakan Motor dan pilley yang menggerakkan scaner di atas kertas. Handled Scanner (Scanner Tangan): kita yang menggerakkan scanner di atas kertas Sheet-Fed Scanner: memiliki memiliki slot untuk memasukkan halaman tulisanyang akan discan Teknologi OCR(Optical Character Recognitian) akan mempercanggih scanner dan semakin menambah tingkat akurasi scanner

6 Electronic Text Adalah jenis teks yang bisa dibaca komputer dan dikirim secara elektronis dalam jaringan komputer. Contoh sebuah buku yang ditulis dengan menggunakan Wordprocessor Microsoft Word XP atau Microsoft Word 2003 termasuk dengan wordart yang digunakan dalam ketikan tersebut

7 Hypertext Merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual.
Awalan Hyper merupakan kata penting karena mengacu ke prose4s Linking yang membuat multimedia menjadi interaktif Kata Hypertext diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965). Hypertext mengacu pada teks yang telah masuk link(linked). Bila kita melihat sebuah Hypertext lalu mengklik satu kata yang telah masuk link, maka komputer kita akan menampilkanobyek-obyek yang masuk dalam link tersebut.

8 Grafik Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompkeks dengan cara baru dan lebih berguna. Seringdikatakan gambar mampu menyampaikan seribu kata. Hal ini berlaku ketika kita bisa menampilkan gambar yang diinginkan saat kita memerlukannya. Multimedia membantu kita melakukan hal ini, yakni ketika gambar grafis menjadi obyek suatu link. Grafis seringkali mulcul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks.

9 Gambar Vektor(Vector Images)
Gambar Vektor tersimpan sebagai serangkaian instruksi yang digunakan untuk membuat sesuatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kurva, garis dan berbagai bangun dengan gambar (picture) Untuk menyimpan image yang tidak mengandung terlalu banyak perubahan warna, victor image adalah pilihan yang lebih efisien dibanding bitmap. Contoh sebuah garis tengah lingkaran , bitmap akan menyimpan setiap titik disepanjang garis itu sebagai RGB color value, tetapi vector image hanya akan menyimpan pangkal garis, arah, panjang dan warnanya Contoh AutoCad

10 Kelebihan Vector Image
Vector image bersifat Scalable, artinya bisa menggunakan program grafis untuk memperbesar atau memperkecil ukuran image tanpa mengubah kualitasnya atau tidak bergantung pada resolusinya Vector image biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding grafis dalam format Bitmap, karena gambar vector yang besar dapat dikodekan dengan instruksi lebih kecil atau lebih ringkas, maka vector dapat didownload lebih cepat di internet. Gambar vecktor dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi. Dengan perangkat lunak yang sesuai kita dapat membangun sebuah tampilan gambar dari setiap arah bahkan dari potongan melintang.

11 Gambar Bitmap (Bitmap Image)
Merupakan rekonstruksi dari gambar asli. Merupakan gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel(titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel Kelemahanya kita tidak dapat memperbesar dan memperkecil resolusinya, resolusi bergantung pada gambar asli. Contoh Grafik Editor Bitmap: Paint Brush, Adobe Photoshop, Crorel Draw

12 Clip Art Merupakan koleksi gambar jadi yang telah disediakan oleh suatu aplikasi seperti Microsoft Office, Microsoft Publisher Ada banyak koleksi katagori umum, termasuk foto, icon, animasi, background title, button, dan bullet, sementara koleksi berfokus visual theme, seperti image alam atau keilmuan. Contoh sumber Clipart di internet:

13 Digitized Picture Video Capture board (capture card)memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer dengan video camera, VCR, video disk player atau live video feed dan langsung menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan aplikasi multimedia Karena Video Digitizer bisa menrima sinyal video sebagai inputnya, maka video digitizer bisa mendigitalkan segala yang ditangkap video camera.

14 Hyperpicture Merupakan baagian gambar yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event. Konsepnya hampir sama dengan hypertext. Contohnya gambar simbol surat dalam situs digunakan untuk link ke yahoo mail

15 Format File Grafik PICT: Merupakan format default Macintosh yang tersedia untuk setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada platform Macintosh. Karakteristik kunci dari type file PICt adalah kemampuannya untuk memuat obyek yang digambar secara bitmap maupun vector. BMP: Merupakan format file default Windows (ekstensi .BMP) Format BMP mendukung RGB, Indexed Colour, Grayscale dan Bitmap colour mode, tetapi tidak mendukung alpha channel.

16 Format File Grafik (lanjutan)
JPEG (Joint Photographic Expert Group) :bertanggungjawab terhadap pengembangan standar format pemetaan gambar yang digunakan secara luas di seluruh dunia. (ektensi .JPEG) merupakan format terkompresi, digunakan untuk menampilkan foto dan gambar secara kontinyu dan dapat mengendalikan kedalaman warna GIF(Grafic Interchange File) merupakan format file terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di Internet (ekstensi .GIF)

17 Format File Grafik (lanjutan)
TIFF(Tagged Interchange File Format): merupakan format file terkompresi yang bisa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan format file bagi perusahaan percetakan. (ektensi .TIFF) Kekuatanya lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan aplikasi kedalaman layout. EPS (Enscapsulated Post Script): language file format yang dugunakan dalam photoshop dapat memuat baikngambar vektor maupun grafik dan didukung secara luas oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman (ektensi .EPS). Format EPS digunakan untuk menstranfer artwork bahasa post script antar aplikasi.

18 Format File Grafik (lanjutan)
PNG (Portable Network Graphics): dikembangkan sebagai alternatif bebas patent untuk GIF. Ektensinya .PNG dan merupakan sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada Word Wide Web (Internet), dapat menampilkan gambar 24 bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan. PSD: merupakan format yang digunakan photoshop untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi. PSD mendukung seluruh mode gra gambar yang tersedia (Bitmap, Greyscale, Indexed Colour, RGB, CMYK Lab dan Multi Channel. PSD tidak dikompresi

19 Bunyi Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki PC Multimedia antara lain: Membuat dan mensintensisnya bunyi Menangkap bunyi dunia luar, dari yang anda dengar dan dari Compact Disk (CD) Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrument elektronik misalnya MIDI Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau sejenisnya. Ada 13 obyek bunyi yang bisa digunakan dalam multimedia yakni format Waveform Audio, aiff, dat, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI sound track, compact disk audio, dan MP3 File

20 Format Bunyi Waveform Audio : Format file Audio yang berbentuk Digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak multimedia AIFF: (Audio Interchange File Format) merupakan format file audio untuk Macintosh namun dapat bekerja di Windows setelah Quicktime 4 DAT: (Digital Audio Tape) : Harus memiliki player dan recorder DAT, untuk menghubungkan editing secara digital dibutuhkan peralatan khusus. MIDI (Musical Instrument Digital Interface): merupakan cara paling efilien untuk merekam musik, ekstensi .mid akurasi akses 1/128 detik IBK: Merupakan file dari sound blaster Instrument Bank yang digunakan untuk mendifinisikan group sampai 128 instrument.

21 Format Bunyi (Lanjutan)
MOD merupakan file kontrol yang dibuat untuk digunakan pada Sound System dari komputer Comodore atau Amiga, tetapi telah diadopsi untuk sound sistem PC RMI: standar MIDI yang disertakan dalam sebuah potongan standar RIFF SBI: (Sound Blaster Instrument) ekstensi .SBI SND: file yang mengandung sound, dan telah digunakan oleh beberapa perushaan untuk tipe-tipe file-file yang berbeda sepenuhnya VOC: file yang diola secara normal oleh CT-VOICE driver creativ Lab. AU: dikembangkan oleh SUN, merupakan format audio yang sangat jelas, cuman tidak didukung oleh komunitas UNIX

22 Format Bunyi (Lanjutan)
CD: Untuk menyimpan pustaka music dan efek-efek suara biasanya diplay di CD Player ektensi .WAV atau AIF CD Plus, CD Extra dan Enhanched CD: adalah CD Musik yang juga dapat berfungsi sebagai CD ROM, yang memiliki data komputer dalam sebuah disk musik. MP3: singkatan dari MPEG Audio Layer 3 : merupakan format file audio yang menggunakan suatu codec untuk melakukan encoding (compressing) dan decoding (decompressing) suatu rekaman music. MP3 dapat memadatkan audio track dalam CD menjadi file berukuran sangat kecil dengan bandwidth lebih sedikit dan dapat ditransfer melalui Internet tanpa mengurangi kualitas suara aslinya

23 BERSAMBUNG


Download ppt "OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google