Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan
Matakuliah : H0383/Sistem Berbasis Pengetahuan Tahun : 2005 Versi : 1/0 Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan
2
Menjelaskan Konsep Umum Pengetahuan
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menjelaskan Konsep Umum Pengetahuan
3
SBP: Definisi, latar belakang Representasi Pengetahuan
Outline Materi SBP: Definisi, latar belakang Representasi Pengetahuan Organisasi Pengetahuan Manipulasi Pengetahuan Akuisisi Pengetahuan Contoh-contoh SBP
4
SBP: Definisi Knowledge Based System: A system that uses specialized sets of coded knowledge to reason and perform specified intelligent tasks (Dan W. Patterson) Reasoning: process of reaching conclusions by using reasons
5
SBP: Latar belakang Problem-problem pada bidang artificial inteligence sulit dipecahkan hanya dengan menggunakan sistem konvensional yang menggunakan konsep pemrograman yang bertumpu pada data. Contoh problem artificial inteligence: natural languages-, visual image understanding, expert systems.
6
Knowledge vs Data Data: patient’s record Knowledge: What doctors have learned and gained at a university and from other sources
7
Representasi Pengetahuan
Komputer hanya mengenal kode biner. Bagaimana komputer mengenali dan memroses Pengetahuan? Pengetahuan harus dikodekan atau direpresentasikan
8
Representasi Pengetahuan
Contoh Pengetahuan: Joe is tall Bill loves Sue Sam has learned to use recursion to manipulate linked lists in several programming languages
9
Representasi Pengetahuan
Contoh representasi pengetahuan: TALL(Joe) LOVES(Bill,Sue)MARRIED(Bill,Sue) IF error<0.02 THEN is_value=ref_value Bird Tweety Is
10
Organisasi Pengetahuan
Sebuah SBP dapat memiliki ratusan hingga puluhanribu Pengetahuan. Agar pemrosesan Pengetahuan berlangsung efisien, maka Pengetahuan perlu diorganisasikan dalam memori. Salah satu bentuk organisasi pengetahuan adalah struktur graph/tree
11
Manipulasi Pengetahuan
Sistem Berbasis Pengetahuan melakukan sebuah keputusan atau aksi setelah melakukan manipulasi terhadap Pengetahuan berdasarkan input yang diterima (REASONING) Manipulasi Pengetahuan ini banyak menggunakan konsep searching dan matching. Diperlukan algoritma spesifik untuk menyelesaikannya.
12
Akuisisi Pengetahuan Darimanakah komputer mendapat Pengetahuan? Pengetahuan diperoleh dari Knowledge Engineer Seorang Knowledge Engineer harus mendapatkan pengetahuan dari seorang Domain Expert dan/atau dari sumber-sumber tertulis.
13
Penutup SBP diperlukan untuk menyelesaikan masalah pada bidang AI.
Pengetahuan diekstraksi oleh Knowledge Engineer dari pakar maupun sumber tertulis. Pengetahuan direpresentasikan kedalam bahasa yang dimengerti komputer. Pengetahuan diorganisasi dalam memori. Aksi dan Keputusan SBP dilakukan dengan melakukan REASONING dari Pengetahuan dengan memperhatikan input yg diperoleh.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.