Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHerman Setiabudi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PENGGUNAAN MUSIK MATERI TATA SUARA 01 PRODI S1 TELEVISI DAN FILM
FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER 2013
2
PROGRAMA MUSIK DAN MUSIK UNTUK PROGRAM
APA PERBEDAAN KEDUANYA ? PROGRAMA MUSIK ADALAH DOMINASI MUSIK ATAS UNSUR KATA-KATA YANG MENJELASKAN TENTANG MUSIK TERSEBUT, SEDANGKAN MUSIK UNTUK PROGRAM ADALAH DOMINASI KATA-KATA ATAS UNSUR MUSIK YANG MENJELASKAN KATA TERSEBUT
3
PENGARAHAN IMAJINASI MUSIK
MUSIK MAMPU MERUBAH SUSUNAN SUASANA DENGAN CEPAT, SEPERTI: SEDIH KE GEMBIRA, TEGANG KE SANTAI, DAN PERANG KE DAMAI DENGAN DEMIKIAN MUSIK DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI SESUATU YANG TERLETAK DALAM ALAM IMAJINASI
4
KONTINUITAS MUSIK SEBUAH PROGRAMA DENGAN KONTINUITAS HARUS MEMPERHATIKAN KESATUAN DUA UNSUR YANG SALING MELENGKAPI, YAITU: 1. KESATUAN TEKS DENGAN MUSIK 2. MELENGKAPI SATU SAMA LAIN
5
MENJAMIN KONTINUITAS MUSIK DALAM PROGRAM
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN: Jangan memasukkan/mencampurkan musik klasik dan musik hiburan bersama-sama, supaya mendapatkan kesatuan suasana dalam programa. Lebih baik memilih musik dari komponis yang beraliran sama karena tiap komponis punya jiwa, hati, dan, watak sendiri-sendiri
6
Pilih musik dari lagu yang sama, hal ini penting artinya, bukan hanya untuk Intro dan Extro, melainkan juga untuk tema,musik latar belakang, dan bahkan smash, sehingga dapat dikatakan “Programa kita pandang dari segi musik adalah suatu rangkaian yang bagus”
7
BAGAIMANA KITA MENGARAHKAN IMAJINASI TESEBUT?
KITA HARUS MEMILIH MUSIK YANG PALING BANYAK MEMBANTU KITA DALAM MEMASUKAN UNSUR PESAN, OLEH KARENA ITU SEDAPAT MUNGKIN MUSIK MENJIWAI SUASANA DAN SITUASI.
8
KARAKTER MUSIK BERDASARKAN KOMPONIS
UNTUK MENGENAL SIFAT DAN KARAKTER MUSIK AGAR KESELARASAN IMAJINASI KITA DAPAT TERWUJUD, MAKA MUSIK PADA TATARAN KOMPONIS, MENGENAL 3 TIPIKAL KOMPONIS, YAITU: 1. INTROVERT 2. EXTROVERT 3. MODERN
9
KOMPONIS INTROVERT SEORANG KOMPONIS INTROVERT RATA-RATA SUKAR MENTERJEMAHKAN KESAN-KESAN IMAJINASI KE DALAM MUSIK, SEHINGGA PENDENGARPUN SULIT UNTUK MENAFSIRKAN KESAN TERSEBUT. KOMPONIS PADA TIPE INI, BIASANYA BERALIRAN KLASIK ATAU KLASIK ROMANTIK, SEPERTI: VIVALDI, J.S. BACH, AMADEUS MOZART, DLL.
10
KOMPONIS EXTROVERT SEORANG KOMPONIS EXTROVERT CENDERUNG LEBIH MUDAH MENTERJEMAHKAN IMAJINASI DALAM SUSUNAN NADA DAN NOTASI YANG HARMONIS, SEHINGGA PENDENGAR LEBIH MUDAH MENGINTERPRETASIKAN KESAN YANG DITIMBULKAN. TIPIKAL INILAH YANG DAPAT MEMBANTU KITA DALAM MENGKONSTRUKSI MUSIK UNTUK KEBUTUHAN AUDIO VISUAL
11
KOMPONIS MODERN MERUPAKAN PENGEMBANGAN DARI KARAKTER EXTROVERT. PENGEMBANGANNYA TERDAPAT PADA KESAN YANG LEBIH MENCOLOK DAN KEROMANTISAN YANG MENDOMINASI KADANG PENGEMBANGAN INI JUSTRU DAPAT MENGALIHKAN PERHATIAN DARI TEKS KE MUSIK, SEHINGGA FOKUS AUDIO VIUSAL TIDAK SELARAS/BERIMBANG.
12
ISTILAH MUSIK DALAM NASKAH
MUSIC INTRO UP FULL DOWN OUT YAITU MUSIK MENGGUNAKAN FADE-IN SECARA NORMAL SAMPAI MENJADI KERAS/UTUH, DAN PADA AKHIRNYA LAGU MENJADI LEBIH LEMBUT, LALU MENGHILANG
13
THEME MUSIC UP FULL DOWN TO BACKGROUND
YAITU TEMA MUSIK MENGGUNAKAN FADE-IN DARI VOLUME LIRIH SAMPAI NORMAL, KEMUDIAN PADA SAAT/SITUASI TERTENTU VOLUME MUSIK DILIRIHKAN 1/3, DAN BERJALAN TERUS DALAM SATU SCENE SEBAGAI MUSIK LATAR
14
SMASH CROSS FADE TO THEME MUSIC
YAITU MUSIK SMASH/HENTAKAN MUNCUL DENGAN CEPAT LALU MEREDA, KEMUDIAN BERJALAN TERUS MASUK PADA TEMA MUSIK THEME STEALING IN SOFTLY DOWN TO BACKGROUND YAITU TEMA MUSIK MASUK DENGAN SANGAT LEMBUT (STEALING IN), DAN PADA SUASANA TERTENTU DILIRIHKAN VOLUMENYA MENJADI MUSIK LATAR
15
STEALING IN DAN STEALING OFF
MERUPAKAN BENTUK FADING YANG KHUSUS. YAITU PERUBAHAN YANG SANGAT LAMBAT DARI VOLUME LEMBUT KE VOLUME KERAS, ATAU SEBALIKNYA
16
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.