Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
KOMPUTER DASAR Budiyono
2
DEF. TEKNOLOGI PENDIDIKAN
TEKNOLOGI PENDIDIKAN adalah : teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, penilaian/penelitian proses, sumber, dan sistem belajar” KOMPONEN DEFINISI: Teori dan Praktek. Fungsi desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian/penelitian. Proses, sumber, sistem belajar. Untuk keperluan belajar.
3
DEFINISI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Siells dan richey 1
Pengembangan proses, sumber, dan sistem belajar Pemanfaatan proses, sumber dan sistem belajar TEORI & PRAKTEK Pengelolaan poses, sumber, dan sistem belajar Desain proses, sumber, dan sistem belajar Penilaian/Penelitian proses, sumber, dan sistem belajar
4
Perkembangan TP Alat peraga Media pembelajaran
Pembelajaran berbasis komputer E-Learning M-Learning SEJAK TAHAP III BERBASIS ICT
5
Perjalanan Teknologi Pembelajaran
Revolusi I : Menitipkan anak pada guru Revolusi II : Tulisan Revolusi III : Teknologi cetak Revolusi IV : Teknologi elektronik (Ashby, 1972) 1910-an – motion pictures 1930-an – radio broadcasting 1950-an – instructional television 1960-an – tutorial machines 1980-an – multimedia dan internet 2000-an – ICT, mobile learning, VR… (Norton et al, 2001)
6
Potensi ICT : Multi-sensory delivery : Belajar secara aktif :
visual, audio, kinestetik Belajar secara aktif : interaktif, menarik minat (stimulating) Eksplorasi aktif. Belajar kooperatif (cooperative learning) Individualisasi. Belajar mandiri (independent learning). Pengembangan keterampilan komunikasi (communication skills) Pengembangan keterampilan yang diperlukan dalam era informasi
7
Tahap emerging, baru menyadari akan pentingnya TIK untuk pembelajaran dan belum berupaya untuk menerapkannya. Tahap applying, satu langkah mju TIK telah dijadikan sebagai obyek untuk dipelajari (mata pelajaran). Pada tahap integrating, TIK telah diintegrasikan ke dalam kurikulum (pembelajaran). Tahap transforming merupakan tahap yang paling ideal dimana TIK telah menjadi katalis bagi perubahan/evolusi pendidikan. TIK diaplikasikan secara penuh baik untuk proses pembelajaran (instructional purpose) maupun untuk administrasi (administrational purpose).
8
Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer
Komputer dalam Pembelajaran Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer sebagai Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Mata Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif (on CD or Web off or on line learning) Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi, Powerpoint u/ presentasi home
9
PERKEMBANGAN KOMPUTER
Abacus 5000 tahun yl. Di Asia alat hitung biji-bijian masih dipakai sampai sekarang tahun 1642, Blaise Pascal, 18 tahun, menemukan Kalkulator roda numerik (Pascaline) membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak komputer awal Komputer berasal dari bahasa latin computare (menghitung).
10
Pengertian Komputer Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahandan menyediakan output dalam bentuk informasi Siagian (2002: 92) mengemukakan bahwa komputer adalah alat mesin elektronika yang menerima dan mengolah data sedemikian rupa sehingga menghasilkan informasi. Secara umum telah diketahui bahwa komputer ”menjalankan” tugasnya berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya yang disebut program oleh operator komputer tersebut
11
Catatan penting komputer tidak lebih dan tidak kurang dari suatu alat elektronis yang hanya mampu melakukan ”pekerjaan” tertentu berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya. Dengan demikian, secanggih apapun teknologi komputer yang memungkinkannya bekerja dengan sangat cepat dan bahkan dapat melaksanakan banyak instruksi sekaligus, intervensi manusia tetap diperlukan. Pada dirinya komputer tetap merupakan ”alat mati” dan hanya ”hidup” apabila digerakkan oleh manusia. Jelaslah bahwa apapun manfaat yang dapat dipetik oleh pengguna komputer, besar kecilnya manfaat tersebut sangat ditentukan oleh unsur manusia yang mengoperasikannnya.
12
sistem komputer (computer system)
elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya
13
Penggolongan Komputer
Berdasarkan bentuk dan ukuran fisik Bentuk Tower (menara) , Desktop (meja kerja), Bentuk Portable (mudah dibawa-bawa), Notebook (Laptop), Subnotebook, Palmtop Palmtop adalah komputer yang dapat di genggam. Ukurannya sangat kecil. Komputer ini sering disebut handled computer. Contoh komputer ini seperti PDA. Berdasarkan Data Yang Diolah Komputer Analog Contohnya komputer yang digunakan d rumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, tegangan listrik dan lain-lain. Komputer Digital . Komputer Hybrid Contohnya mesin faksimili Berdasarkan Penggunannya Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) Berdasarkan kecepatan bekerjanya Dilihat dari kriteria kecepatan bekerja, besarnya ”otak” (memory) dan ukuran komputer, dewasa ini dikenal empat kategori komputer, yaitu komputer besar (mainframe), komputer mini, komputer mikro, dan komputer nano Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi Pertama ( ),Komputer Generasi Kedua ( ),Komputer Generasi Ketiga ( ),Komputer Generasi Keempat ( ),Komputer Generasi Kelima SEKARANG
14
Generasi pertama (1953 – 1958) di mana komponen perangkat keras komputer ketika itu adalah tabung elektronik dan memori magnetis. Pada masa itu aplikasi pengolahan data masih bersifat coba-coba.
15
Generasi kedua (1958 – 1966) yang ditandai dengan digantinya tabung elektronik dengan transistor. Selain itu pada periode ini pula berhasil disempurnakan teknologi memori magnetis, sehingga daya simpannya menjadi lebih besar. Juga mulai dikembangkan pengolah bahasa dan sistem input-output. Sedangkan aplikasi pengolahan data dikembangkan mencakup bidang kerja yang cukup luas.
16
Generasi ketiga (1966 – 1974) mencatat digantikannya transistor oleh rangkaian elektronik berukuran besar (large scale integration/LSI). Pada masa ini memori elektronik berbasis rangkaian terpadu menggantikan komponen magnetis. Lalu muncul pula terminal dengan layar video. Mulai diterapkan sistem pengoprasian yang canggih dan perangkat lunak pengendali komunikasi antar komputer mulai digunakan.
17
Generasi keempat (1974 – 1982) di mana LSI diganti oleh VLSI (very large scale integration) yang berukuran memori amat besar. Peralatan input – output semakin canggih serta berkapasitas raksasa. Pada masa ini satelit mulai digunakan untuk saluran komunikasi data.
18
Generasi kelima (1982 – sekarang) meski belum konkrit sosoknya, tapi perkembangan terus bertambah canggih dengan kehandalan yang meningkat. Diperkirakan aplikasi komputer generasi ini adalah pengambilan keputusan langsung oleh komputer, pengolahan data yang terbesar langsung ke rumah-rumah, serta sistem informasi berukuran raksasa. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Selain itu pada generasi ini juga ditemukan World Wide Web (www) oleh Tim burners-Lee. Dan juga sudah dimulai penggunaan browser, dan pada saat ini sudah ada berbagai browser diantaranya Netscape Navigator, Explorer, Mozilla, Opera dan lain sebagainya.
19
KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
Perangkat Keras (Hardware) Komputer a. Input b. Proses c. Output Perangkat Lunak (Software) Komputer Otak Manusia (Brainware)
20
Ngeblog dengan Wordpress
Disampaikan oleh HERI TL ICT
21
Latihan Blogging Buat account dan situs blog di wordpress.com ( Persiapkan tulisan, format dalam bentuk yang baik, beri pernyataan lisensi. Bila perlu ubah ke dalam bentuk PDF untuk menyediakan versi PDF ke pembaca Mulai upload materi di blog, baik tulisan, bahan ajar, alat bantu mengajar (presentasi), dsb Daftarkan situs blog ke technorati.com, analytic.google.com, dsb
22
Registrasi ke Wordpress.Com
26
Verifikasi Account
30
Login ke Wordpress.Com
36
Modifikasi Profile dan Pasword
40
Post Artikel
44
Modifikasi Artikel
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.