Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIndra Kartawijaya Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
Kelompok : ADE SITI NUR ZAINAB (PEMATERI) E1E SHASY APRILIA (PENJAWAB PERTANYAAN) FISKAR YULIAN (PEMBUAT MATERI AND SLIDE) E1E
2
Teknologi Dalam Bidang Pendidikan
Teknologi Untuk Bidang Pembelajaran dan Pendidikan – Di zaman yang modern ini teknologi semakin hari semakin canggih dan bisa dikatakan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.
3
Berikut beberapa contoh aplikasi di bidang Pendidikan :
Pendidikan beberapa tahun terakhir di Indonesia sudah menggunakan beberapa teknologi yang cukup canggih dan mendukung seperti penggunaan proyektor untuk presentasi, penggunaan komputer dan gadget untuk akses pelajaran, dan juga internet untuk pencarian informasi yang secara spesifik diarahkan untuk pendidikan. Berikut beberapa contoh aplikasi di bidang Pendidikan :
4
1. VR / Virtual Reality / Realitas Maya Untuk Pembelajaran
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi
5
Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik. VR adalah teknologi yang sedang ramai-ramainya di tahun 2016 ini, dimanfaatkan dalam berbagai hal termasuk untuk gaming (yang paling populer) dan pendidikan.
6
Jika digunakan dalam pembelajaran, dengan VR siswa bisa melihat secara langsung lebih jelas tentang pelajaran yang sedang dibahas. Sebagai contoh, untuk materi mengenai perubahan cuaca bisa didemonstrasikan langsung dan dilihat menggunakan VR. Selain lebih jelas, metode ini juga akan lebih menarik minat siswa.
7
2. 3D Printing Untuk Merealisasikan dan “Mencetak” Ide Siswa
3D Printing adalah proses membuat objek fisik tiga dimensi berdasarkan gambaran dari sebuah file digital. Sama dengan printing biasanya, namun objek yang dihasilkan berwujud 3 dimensi. Dengan menggunakan teknologi 3D Printing, siswa bisa “membawa” bentuk fisik dari ide mereka yang sebelumnya hanya bisa mereka bayangkan berdasarkan informasi di buku atau file digital.
8
Dengan melihat bentuk fisik ide mereka, siswa akan bisa lebih mengerti
Dengan melihat bentuk fisik ide mereka, siswa akan bisa lebih mengerti. Pembelajaran bisa berlangsung lebih menyenangkan dan juga jelas.
9
3.E-LEARNING Salah satu contoh penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning. E-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses dimana saja.
10
MANFAAT E-LEARNING Tidak lagi tergantung pada ruang dan waktu. Artinya tidak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar lintas daerah, bahkan lintas negara misalnya melalui e-learning. 1 2 Dengan adanya e-learning, pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam ruang kelas pada waktu bersamaan. Tidak memerlukan biaya mahal. Seorang pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakarnya di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime. 3
11
MANFAAT E-LEARNING Sekolah-sekolah dapat dengan mudah melakukan kerjasama yang saling menguntungkan. Sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan. 4 5 Ketersediaan informasi yang melimpah dari sumber-sumber di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet sebagai media pembelajaran akan didapatkan sumber informasi untuk pengayaan materi yang jumlahnya sangat tak terbatas.
12
Dari pembahasan kami diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.
13
Sumber materi (
14
“TERIMA KASIH”
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.