Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrogaman Mobile Minggu 1

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrogaman Mobile Minggu 1"— Transcript presentasi:

1 Pemrogaman Mobile Minggu 1
Kelompok 2 : Andian Ramadhan Hanif Hadyan Suwardhana Aprilianto Aji Nugraha Kukuh Sugiarto Denny Octavian Anfada

2 Pengertian Pemrogaman Mobile
Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya  perbedaan hardware dan API yang di gunakan. Berikut macam-macam Mobile Programming untuk ponsel :  -          J2ME -          C++ -          Objective C -          C#. -          Javafx -          PHP

3 Sistem Operasi Perangkat Bergerak
Sistem operasi mobile adalah software atau sistem utama pada perangkat mobile seperti handphone atau smartphone yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software-software lain sehingga dapat bekerja dengan semestinya. Suatu sistem operasi mobile akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, , text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya. Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Macam Sistem Operasi Mobile yang terkenal adalah : • Android dari Google Inc. • BlackBerry OS dari RIM • iOS dari Apple Inc. • Symbian OS dari Symbian Ltd. • Windows Phone dari Microsoft

4 Lingkungan Pengembangan
Lingkungan Pengembangan Terpadu/ IDE (Integrated Development Environment) IDE adalah suatu program komputer yang biasanya terdiri dari kode editor, compiler, debugger dan GUI builder yang diperlukan untuk membangun suatu software. IDE memiliki beberapa macam bahasa pemrograman modern, seperti Delphi, VB, dan Java. Beberapa contoh IDE adalah : • RAD Studio Delphi (menggunakan bahasa Delphi) • Microsoft Visual Studio (VB, C#, C++) • Eclipse (Java)

5 Software Development Software Development adalah salah satu tipe proyek IT yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses: 1. penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2. desain software, 3. pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4. pengembangan platform

6 Software Development Secara garis besar Software Development terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: Planning Tujuan dari tahap ini adalah menghasilkan proses kerja yang jelas antar setiap anggota, timeline, dan anggaran dana.  Requirement and Specification Tahap ini dilakukan untuk menentukan fitur-fitur yang tepat serta kebutuhan sistem untuk software yang akan dibuat. Tahap ini dapat dilakukan dengan interview, observasi lapangan, dan studi pustaka. Architecture and Design Merupakan tahap untuk menentukan detail sistem yang akan dipakai. Tahap ini bertujuan untuk menentukan desain keseluruhan dari software, yang meliputi: konseptual database, sistem keamanan, dan interface. Implementation and Testing Tahap implementasi merupakan tahap pembuatan software dengan berpedoman pada tahap-tahap sebelumnya. Sedangkan tahap Testing merupakan serangkaian uji coba yang diberikan kepada software untuk menentukan kapabilitasnya. Testing dapat terbagi menjadi security testing, performance testing, stress testing, recovery testing.  Deployment and Maintenance Kedua tahap terakhir ini adalah tahap dimana software telah mulai digunakan oleh user. Terdapat 2 hal penting yag ada pada tahap ini, training penggunaan software dan pemantauan software. Pemantauan dilakukan untuk mengecek apakah software telah stabil atau belum. Kestabilan ini dapat dinilai dengann tidak adanya bug yang muncul selama penggunaan.

7 Arsitektur system pemrogaman mobile
 ARSITEKTUR ANDROID Google sebagai pencipta Android yang kemudian diasuh oleh Open Handset Alliance mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi. Tumpukan paling bawah adalah kernel. Google menggunakan kernel Linux versi 2.6 untuk membangun Android, yang mencakup memory management, security setting, power management, dan beberapa driver hardware. Bertempat di level yang sama dengan library adalah lapisan runtime yang mencakup serangkaian inti library Java. Dengannya, para programmer dapat mengembangkan aplikasi untuk Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Lapisan selanjutnya adalah application framework, yang mencakup program untuk mengatur fungs i- fungsi dasar smartphone.

8 Arsitektur system pemrogaman mobile
Arsitektur iOS Arsitektur IOS mirip dengan arsitektur dasar yang ditemukan di Mac OS X. Padatingkat tertinggi IOS bertindak sebagai perantara antara hardware yang mendasaridan aplikasi yang muncul di layar, seperti yang ditunjukkan pada Gambar.Aplikasi Anda membuat jarang berbicara dengan perangkat keras yang mendasarinya langsung. Sebaliknya, aplikasi untuk berkomunikasi denganperangkat keras melalui serangkaian interface sistem yang jelas yang melindungiaplikasi Anda dari perubahan hardware. Abstraksi ini membuat mudah untuk menulisaplikasi yang bekerja secara konsisten pada perangkat dengan kemampuanhardware yang berbeda. Penerapan teknologi IOS dapat dipandang sebagai seperangkat lapisan, seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini. Pada lapisan bawah sistem ini adalah pelayanandasar dan teknologi di mana semua aplikas i yang mengandalkan; tingkat yang lebih tinggi layer berisi layanan yang lebih canggih dan teknologi.

9 Versi – versi system operasi
A. Symbian OS - Symbian OS v5 - Symbian OS v6.0 / ER6 - Symbian OS v9.1 (2005) - Symbian OS v9.2 - Symbian OS v9.3 (2006) B. Windows Phone OS - Windows Phone 7(2010) - Windows Phone Windows Phone Windows Phone 8 - Windows Phone 8.1

10 Versi – versi system operasi
C. Android OS - Android 1.0 (2008) - Andorid 1.1 (2009) - Android 1.5 Cupcake (2009) - Android 1.6 Donut (2009) - Android 2.0 – 2.1 Éclair (2009) - Android 2.2 – Froyo (2010) - Android Gingerbread (2010) - Android Honeycomb - Android Ice Cream Sandwich - Android jelly bean - Android 4.4 KitKat - Android 5.0 Lollipop - Android 6.0 Marshmallow - Android 7.0 Nougat - Android 8.0 O

11 Versi – versi system operasi
D. iOS - iOS iOS iOS iOS 4 - iOS 5 - iOS 6 - iOS 7 - iOS 8 - iOS 9 - iOS 10 - iOS 11

12 Perbandingan System Operasi Mobile
A. iOS iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan SO ini mencakup gerakan seperti geser, sentuh, jepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap). iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple

13 Perbandingan System Operasi Mobile
B. Android Adalah Sistem Operasi Berbasis Linux Yang dirancang UNTUK Perangkat seluler Layar sentuh seperti telepon pintar dan Komputer tablet. Antarmuka pengguna Android didasarkan pãda Manipulasi Langsung , menggunakan masukan sentuh Yang Serupa DENGAN tindakan di Dunia Nyata , seperti menggesek , mengetuk , mencubit , Dan membalikkan cubitan UNTUK memanipulasi obyek di Layar . Android Adalah Sistem Operasi DENGAN Sumber Terbuka , Dan Google telah merilis kodenya di Bawah kirim NME Apache.Kode DENGAN Sumber Terbuka Dan kirim NME Perizinan pãda Android memungkinkan Perangkat Lunak UNTUK dimodifikasi Beroperasi prabayar bebas Dan didistribusikan Diposkan para Pembuat Perangkat , nirkabel operator, pengembang aplikasi

14 Kelebihan dan kekurangan system operasi mobile
Sistem Operasi Android OS Kelebihan Android OS : ·         Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya. ·         Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android. ·         Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android) ·         Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang hang atau bahkan terkena virus. ·         Didukung penuh oleh google ·         Harga relatif murah. Kekurangan Android OS : ·         Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya ·         Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan ·         Masih sedikit yg memakai OS ini ·         Kurang nyaman untuk dipakai komunikasi. ·         Tidak ada microsoft office. ·         Harus terkoneksi dengan jaringan internet.

15 Kelebihan dan kekurangan system operasi mobile
Sistem Operasi iOS Kelebihan iOS : ·         Pada konsepnya Sistem operasi ini dirancang memiliki keunggulan untuk game, koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level, ·         Sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun, ·         Browser Safari yang dimiliki sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik sekarang. ·         Responsif dan intuitif, ·         Browser web terbaik saat ini, ·         Pemutar musik sangat bagus dari segi antarmuka maupun kualitas suara, , ·         Adanya toko aplikasi online App Store yang menyediakan ribuan aplikasi dan game yang siap didownlod secara langsung.  Kekurangan iOS : ·         Tidak multitasking, ·         Sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi, ·         Proses sertifikasi untuk aplikasi baru sangat ketat, ·         Aplikasi dan game hanya bisa didownload dari App Store, ·         Bluetooth tidak bisa untuk proses pengiriman file, ·         Entry teks kurang nyaman.

16 Kelebihan dan kekurangan system operasi mobile

17 Pengembangan Aplikasi Mobile
Membahas karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akan diperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration dan profilenya. Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop. 1. Ukuran yang kecil Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka. 2. Memory yang terbatas Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory, pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.

18 Pengembangan Aplikasi Mobile
3. Daya proses yang terbatas Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti harddisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil. 4. Mengkonsumsi daya rendah Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai. 5. Kuat dan dapat diandalkan Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air. 6. Konektivitas yang terbatas Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless. 7. Masa hidup yang pendek Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalam hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkan ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.

19 Pengembangan Aplikasi Mobile
Gambaran J2ME  J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei,layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah. Dengan perkembangbiakan perangkat mobile konsumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini. Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan. Pengembangan


Download ppt "Pemrogaman Mobile Minggu 1"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google