Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)"— Transcript presentasi:

1 KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)
oleh : Kelompok 10 Nama : Cahya Ilmi Fitriati M. ( ) Iva Khoiril Mala ( ) Juvania Gusti Rahmawati ( ) Kartika Dewi A. ( )

2 Apa itu kecerdasan buatan ?

3 Kecerdasan Buatan Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

4 Contoh Kecerdasan Buatan

5 Sejarah Kecerdasan Buatan
tahuh 1940-an kemunculan komputer Tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama Tahun 1974 jaringan syaraf digunakan secara meluas oleh Paul John Werbos tahun 1956 istilah artificial intelligence dikenalkan oleh John McCarthy

6 Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Manusia
Kelebihan AI sebagai berikut: AI Lebih bersifat Permanen AI Menawarkan Kemudahan untuk digandakan dan disebarkan AI dapat lebih murah daripada kecerdasan alami AI bersifat Konsisten dan Teliti  AI dapat didokumentasi

7 Bidang-bidang Aplikasi AI
1. Pengolahan Bahasa Alami Natural Language Processing atau Pemrosesan Bahasa Alami merupakan salah satu tujuan jangka panjang dari Artficial Intelegence(kecerdasan buatan) yaitu pembuatan program yang memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia.Pada prinsipnya bahasa alami adalah suatu bentuk representasi dari suatu pesan yang ingin dikomunikasikan antar manusia. Bentuk utama representasinya adalah berupa suara/ucapan/tulisan (spoken language,written). Inti dari pemrosesan bahasa alami adalah penguraian kalimat atau sering disebut dengan parser. Parser berfungsi untuk membaca kalimat, kata demi kata dan menentukan jenis kata apa saja yang boleh mengikuti kata tersebut.

8 2. Visi Komputer Contoh bidang lain pengembangan kecerdasan buatan adalah Penerapan Computer Vision. Visi komputer adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.

9 3. Pengenalan Percakapan
Pengenalan percakapan (voice/speech recognition) adalah suatu proses yang memungkinkan komputer dapat mengeali suara. Teknologi seperti ini membuat khayalan didalam suatu cerita dengan suara dapat diwujudkan. Penerapan pengenalan percakapan antara lain digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen melalui suara dan untuk analisis suara dalam program pembelajaran bahasa asing, untuk menentukan pengucapan kata oleh seseorang sesuai dengan penutur asli atau tidak.

10 4. Robotika Robotika adalah/ Robotika yaitu/ Robotika merupakan/ yang dimaksud Robotika / arti Robotika/ definisi Robotika. Robotika berasal dari kata robot yang artinya perangkat elektronik yang dapat deprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Jadi robotika yaitu studi yang berhubungan dengan pembuatan robot.

11 Sistem Pakar Secara umum, sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan.

12 Modul Penyusun Sistem Pakar
Menurut Staugaard (1987) suatu sistem pakar disusun oleh tiga modul utama yaitu : 1. Modul Penerimaan Pengetahuan (Knowledge Acquisition Mode) 2. Modul Konsultasi (Consultation Mode) 3. Modul Penjelasan (Explanation Mode)

13 Logika Fuzzy logika fuzzy adalah teknologi berbasis aturan yang mengizinkan ketidakakuratan dan bahkan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah yang belum pernah dipecahkan sebelumnya. Fuzzy logic terdiri dari beragam konsep dan teknik untuk menampilkan dan mengumpulkan pengetahuan yang tidak akurat, tidak pasti, atau tidak dipercaya.

14 Jaringan Saraf Tiruan Jaringan syaraf tiruan (artifical neural network) adalah sistem komputasi yang arsitektur dan operasinya diilhami dari pengetahuan tentang sel syaraf biologis di dalam otak. Jaringan syaraf tiruan merupakan salah satu representasi buatan dari otak manusia yang selalu mencoba menstimulasi proses pembelajaran pada otak manusia tersebut .

15 Algoritma Genetika Algoritma genetika adalah algoritma pencarian (search algorithm) yang menggunakan prinsip seleksi alam dalam ilmu genetika untuk mengembangkan solusi terhadap permasalahan (Haupt dan Haupt, 2004). Algoritma Genetika merupakan kelas algoritma pencarian stokastik berdasarkan evolusi biologi (Negnevitsky M., 2005). Kemunculan Algortima Genetika diinspirasikan dari teori-teori dalam ilmu biologi, sehingga banyak istilah dan konsep biologi yang digunakan dalam Algoritma Genetika. Sesuai dengan namanya, proses-proses yang terjadi dalam Algoritma Genetika sama dengan apa yang terjadi pada evolusi biologi.

16 Sistem Al Hibrida Sistem Al Hibrida atau terkadang dinamakan sistem cerdas hibrida (hybrid intellegent system) adalah sistem yang menggabungkan beberapa teknologi Ai untuk dimanfaatkan atau memadukan keunggulan masing-masing teknologi. Istilah seperti ini Soft Computing (Jang, Sun, dan Mizutani, 1997), yang menggabungka AAN, logika kabur, algoritma genetika dan teknik AI konvensional, merupakan contoh sistem AI hibrid.

17 Agen Cerdas Dalam kecerdasan buatan , agen cerdas (IA) adalah sebuah entitas otonom yang mengamati dan bertindak atas suatu lingkungan (yaitu ini adalah agen ) dan mengarahkan aktivitasnya untuk mencapai tujuan (yakni yang rasional). Intelligent agen juga dapat belajar atau menggunakan pengetahuan untuk mencapai tujuan mereka.

18 TERIMAKASIH :"D


Download ppt "KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google