Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Organisasi dan Arsitektur Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Organisasi dan Arsitektur Komputer"— Transcript presentasi:

1 Organisasi dan Arsitektur Komputer
UNIT MASUKAN DAN KELUARAN Sistem komputer memiliki tiga komponen utama, yaitu : CPU, Memory (primer & sekunder), dan peralatan masukan/keluaran (I/O) seperti printer, monitor, keyboard, mouse dan modem. dalam menjalankan fungsinya sebagai masukan dan keluaran diperlukan modul I/O. Modul I/O merupakan peralatan antarmuka (interface) bagi sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat periperhal. Modul I/O tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logika dalam melakukan fungsi komunikasi antara perperhal dan bus komputer.

2 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Ada beberapa alasan kenapa tidak langsung dihubungkan dengan bus komputer yaitu: Bervariasinya metode operasi piranti periperhal, sehingga tidak praktis apabila sistem komputer harus menangani berbagai macam sistem operasi periperhal tersebut. Kecepatan transfer data piranti periperhal umumnya lebih lambat daripada laju transfer data pada CPU Format dan panjang data pada piranti periperhal seringkali berbeda dengan CPU, sehingga perlu modul untuk menselaraskannya.

3 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Dari beberapa alasan yang telah dikemukakan sebelumnya, modul I/O memiliki 2 buah fungsi utama, yaitu :  Sebagai piranti antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem. Sebagaimana piranti antarmuka dengan peralatan periperhal lainnya menggunakan link data tertentu.

4 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Sistem Masukan dan Keluaran Komputer Bagaimana modul I/O dapat menjalankan tugasnya, yaitu menjembatani CPU dan memori dengan dunia luar merupakan hal terpenting untuk kita ketahui. Inti mempelajari sistem I/O komputer adalah mengetahui fungsi dan struktur kerja modul I/O.

5 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Fungsi Modul Input / Output Modul I/O adalah sebuah komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab juga terhadap pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun register-register dalam CPU. Dalam mewujudkan fungsi tersebut, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan.

6 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Fungsi dalam menjalankan tugas, modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Kontrol dan pewaktuan Komunikasi CPU Komunikasi dengan perangkat eksternal Pem-buffer-an data Deteksi kesalahan

7 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Kontrol dan pewaktuan Permintaan dan pemeriksaan status perangkat dari CPU ke modul I/O. Modul I/O memberikan jawaban atas permintaan CPU tersebut. Apabila perangkat eksternal telah siap untuk transfer data, maka CPU akan mengirimkan perintah ke modul I/O Modul I/O akan menenrima paket data dengan panjang tertentu dari periperhal. Selanjutnya data dikirim ke CPU setelah diadakan seinkronisasi panjang data dan kecepatan transfer oleh modul I/O sehingga paket-paket data dapat diterima CPU dengan baik. 

8 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Komunikasi CPU Command Decoding, yaitu modul I/O menerima perintah-perintah dari CPU yang dikirimkan sebagai sinyal bus kontrol. Misalnya, sebuah modul I/O untuk disk dapat menerima perintah : Read sector, Scan Record ID, Format disk. Data, pertukaran data antara CPU dan modul I/O melalui bus data. Status Reporting, yaitu pelaporan kodisi status modul I/O maupun perangkat periperhal, umumnya berupa status kondisi busy atau ready. Juga status bermacam-macam kodisi kesalahan (error). Address recognition, bahwa peralatan atau komponen penyusun komputer dapat dihubungi atau dipanggil maka harus memiliki alamat yang unik, begitu pula pada perangkat periperhal, sehingga setiap modul I/O harus mengetahui alamat periperhal yang dikontrolnya

9 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Komunikasi dengan perangkat eksternal Pada sisi modul I/O ke perangkat periperhal juga terdapat komunikasi yang meliputi komunikasi data, kontrol maupun status.

10 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Buffering Tujuan utama buffering adalah mendapatkan penyesuaian data sehubungan perbedaan laju transfer data dari perangkat periperhal dengan kecepatan pengolahan pada CPU . Umumnya laju transfer data pada dari perangkat periperhal lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpanan.

11 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Deteksi Kesalahan Apabila pada perangkat periperhal terdapat masalah sehingga proses tidak dapat dijalankan, maka modul I/O akan melaporkan kesalahan tersebut. Misalnya informasi pada periperhal printer seperti: kertas tergulung, kertas habis, tinta habis, dan lain-lain. Teknik yang umum untuk deteksi kesalahan adalah penggunaan bit paritas.

12 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Struktur Modul Input/Output Blok diagram modul input/output

13 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Antarmuka modul I/O ke CPU melalui bus sistem komputer terdapat tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol. Bagian terpenting adalah blok logika I/O yang berhubungan dengan semua peralatan antarmukaperiperhal, terdapat fungsi pengaturan dan switching pada blok ini.

14 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Teknik Masukan dan Keluaran Terdapat tiga buah teknik operasi I/O, yaitu : I/O terprogram, interrupt-driven I/O, dan DMA (Dirrect Memory Access). Ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan, yang penggunanya disesuaikan sesuai unjuk kerja masing-masing teknik.

15 Organisasi dan Arsitektur Komputer
I/O Terprogram Pada I/O terprogram, data saling dipertukarkan antara CPU dan modul I/O. CPU mengeksekusi program yang memberikan operasi I/O kepada CPU secara langsung seperti pemindahan data, pengiriman perintah baca atau tulis dan monitoring perangkat. 

16 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Interrupt - Driven I/O Teknik interupt driven I/O memungkinkan proses memungkinkan proses tidak membuang-buang waktu. Prosesnya adalah CPU mengeluarkan perintah I/O pada modul I/O, bersamaan perintah I/O dijalankan oleh modul I/O, maka CPU melakukan eksekusi perintah-perintah lainnya. Apabila modul I/O telas selesai menjalankan instruksi yang diberikan padanya, maka modul I/O tersebut kemudian akan memberikan interupsi pada CPU bahwa tugasnya telah selesai.

17 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Direct Memory Access (DMA) Teknik yang dijelaskan sebelumnya yaitu I/O terprogram dan Interrupt-Driven I/O memiliki kelemahan, yaitu proses yang terjadi pada modul I/O masih melibatkan CPU secara langsung. Hal ini berimplikasi pada : • Kelajuan transfer I/O yang tergantung pada kecepatan operasi CPU. • Kerja CPU terganggu karena adanya interupsi secara langsung.


Download ppt "Organisasi dan Arsitektur Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google