Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)"— Transcript presentasi:

1 MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom

2 SILABUS PENDAHULUAN OOP (Object Oriented Programming)
Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation Inheritence Polimorfisme OOP Visual (SWING dan AWT) DATABASE LAPORAN

3 OOP VISUAL Aplikasi java dapat dibedakan menjadi 3 yaitu Java application , Java Applet dan servlet. Java application berjalan di command prompt dan bersifat text based, keculai aplikasi swing yang dapat mempunyai tampilan GUI. Java Applet ialah aplikasi GUI yang berjalan di browser (IE,Netscape, Modzilla dan lain-lain ). Java servlet ialah aplikasi yang berjalan di server. Salah satu aplikasinya ialah chatting , form input ke server dan tulisan yang bergerak bervariasi dengan warna-warni yang indah .

4 JAVA SWING Swing toolkit menyediakan banyak sekali komponen untuk membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit juga menyediakan class-class untuk menangani interaksi antara aplikasi dan user menggunakan standard input seperti keyboard dan mouse. Komponen-komponen yang disediakan swing mencakup semua GUI toolkit yang lazim digunakan dalam apilasi desktop, seperti : Jtabel, JList, JTree, JButton, JLabel dan masih banyak komponenkomponen lainnya yang sudah teruji dan siap pakai.

5 JAVA AWT Abstract Windowing Toolkit (AWT) ialah sebuah API (Application Programming Interface) yang berfungsi untuk membuat aplkasi Graphical User Interface (GUI) yang merupakan bagian dari Java Foundation Classes (JFC). AWT menyertakan sekumpulan komponen untuk membangun grafik, event handling, perangkat gambar, layout manager dan mendukung arsitektur JavaBeans.

6 BELAJAR MELALUI CONTOH SEDERHANA
import javax.swing.*; public class WelcomeSToy { /** Creates a new instance of HelloWorldSToy */ public WelcomeSToy() { } public static void main(String args[]) { JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hello World!"); System.exit(0);

7 BELAJAR MELALUI CONTOH SEDERHANA
import javax.swing.*; import java.awt.*; class visual { public static void main(String args[]) JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true); JFrame GUIku = new JFrame("Tampilan Form Utama"); GUIku.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); GUIku.setSize(500,500); GUIku.setLocation(200,150); GUIku.setVisible(true); }

8 BELAJAR MELALUI CONTOH SEDERHANA
import javax.swing.*; import java.awt.*; class LatihanGUI extends JFrame { private Container ctn = new Container(); LatihanGUI() setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); setSize(500,500); setLocation(200,150); setTitle("Tampilan Form Utama"); ctn = getContentPane(); ctn.setLayout(new FlowLayout()); ctn.add(new JLabel("Tampilan GUI Pertama")); setVisible(true); }

9 BELAJAR MELALUI CONTOH SEDERHANA
public static void main(String args[]) { JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true); new LatihanGUI(); }

10 PROGRAM SEDERHANA (ARITMATIKA)
public class penjumlahan extends javax.swing.JFrame { //Deklarasi Variabel private String hasil = "HASILNYA ADALAH : "; private int a,b; public penjumlahan() { initComponents(); this.setLocation(256,256); } //Mendeklarasikan Nama Variabel untuk setiap komponen pada Frame private javax.swing.JTextField V2; private javax.swing.JButton jButton1; private javax.swing.JLabel jLabel1; private javax.swing.JLabel jLabel2; private javax.swing.JLabel lblhasil; private javax.swing.JTextField v1;

11 //Mendekralasikan Komponen2 untuk membangun Frame
private void initComponents() { v1 = new javax.swing.JTextField(); V2 = new javax.swing.JTextField(); jLabel1 = new javax.swing.JLabel(); jButton1 = new javax.swing.JButton(); jLabel2 = new javax.swing.JLabel(); lblhasil = new javax.swing.JLabel(); setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE); setTitle("OPERASI PENJUMLAHAN"); jLabel1.setText("+"); jButton1.setText("HITUNG"); jButton1.addActionListener(new java.awt.event.ActionListener() { public void actionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { jButton1ActionPerformed(evt); } }); jLabel2.setText("PENJUMLAHAN SEDERHANA"); lblhasil.setText("HASIL OPERASI : ");

12 //Mendeklarasikan Settingan Layout
javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane()); getContentPane().setLayout(layout); // Settingan untuk layout Horizontal layout.setHorizontalGroup( layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING) .addGroup(layout.createSequentialGroup() .addGap(18, 18, 18) .addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.TRAILING, false) .addGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, layout.createSequentialGroup() .addComponent(lblhasil, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, Short.MAX_VALUE) .addGap(80, 80, 80))

13 .addComponent(jLabel2, javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, 190, Short.MAX_VALUE)) .addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED) .addComponent(v1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 94, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE) .addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.UNRELATED) .addComponent(jLabel1) .addComponent(V2, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, 89, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE) .addGap(18, 18, 18) .addComponent(jButton1) .addContainerGap(95, Short.MAX_VALUE)));

14 //Mendeklarasikan Layout Vertikal
layout.setVerticalGroup( layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING) .addGroup(layout.createSequentialGroup() .addContainerGap() .addGroup(layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.BASELINE) .addComponent(v1, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE, javax.swing.GroupLayout.DEFAULT_SIZE, javax.swing.GroupLayout.PREFERRED_SIZE) .addComponent(jLabel1) .addComponent(V2,

15 .addComponent(jButton1)
.addComponent(jLabel2)) .addPreferredGap(javax.swing.LayoutStyle.ComponentPlacement.RELATED) .addComponent(lblhasil) .addContainerGap(51, Short.MAX_VALUE))); pack(); } //Mendeklarasikan Aksi untuk Operasi Tombol “HITUNG” private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { a = Integer.parseInt(v1.getText()); b = Integer.parseInt(V2.getText()); int jml = a + b; lblhasil.setText(hasil + jml );

16 // Mendeklarasikan Main Program yang akan mengeksekusi class penjumlahan
public static void main(String args[]) { java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() { public void run() { new penjumlahan().setVisible(true); } });

17 PROGRAM SEDERHANA (ARITMATIKA)
Langkah – langkah sebagai berikut : Buat Project baru Klick File > New Project atau bisa juga dengan klick icon New Project Setelah itu akan tampil dialoog box baru. Terus Klick Next dan ikuti perintah selanjutnya hingga finish dasn tercipta sebuat project. 2. Buat class Jframe baru Klick kanan Package New > Jframe Form

18

19 Ganti setiap nama Variabel dari objek
Klick kanan > Change Variable Name 4. Defenisikan code berikut : public class penjumlahan extends javax.swing.JFrame { private String hasil = "HASILNYA ADALAH : "; private int a,b; /** Creates new form penjumlahan */ public penjumlahan() { initComponents(); this.setLocation(256,256); }

20 Coding untuk proses (Button Hasil)
Klick kanan button > event > Action > ActionPerformed Selanjutnya ketikkan Code berikut : private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: a = Integer.parseInt(v1.getText()); b = Integer.parseInt(V2.getText()); int jml = a + b; lblhasil.setText(hasil + jml ); }

21 TUGAS 5 Kembangkan Program di Atas untuk operator lainnya (x / -)


Download ppt "MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google