. ? /"> . ? /">

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:"— Transcript presentasi:

1 Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Keyboard Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard: QWERTY layout Dvorak layout ABCDE layout Beberapa pad tombol selain huruf: Numeric keypad Function keys Tombol-tombol pergerakan kursor

2 Alat Interaksi I/O QWERTY Layout INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 1 3 2
4 5 6 8 7 9 _ - + = Q E W R T Y I U O P A D S F G H K J L : ; " ' Z C X V B N < , M > . ? /

3 Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O QWERTY Layout Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.

4 Alat Interaksi I/O Dvorak Layout INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 7 3 5
1 9 4 2 6 8 < > + = " ' . , P Y F R G C L ? / A E O U I D T H N S _ - : ; J Q K X B W M V Z

5 Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Dvorak Layout Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.

6 Tombol-tombol disusun menurut abjad.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O ABCDE Layout Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.

7 Alat Interaksi I/O Numeric Keypad INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
1 2 3 4 5 6 7 8 9 * # Telepon . Kalkulator

8 Tombol-tombol Keyboard yang Baik
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Tombol-tombol Keyboard yang Baik Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm. Agak cekung. Dibuat dengan bahan yang bersifat dof. Diaktifkan dengan gaya gf. Jika ditekan masuk 3-5 mm. Tombol-tombol khusus lebih besar. Tanda bagi Caps Lock, Num Lock. Warna yang informatif. Label harus cukup besar untuk dibaca. Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai.

9 Untuk fungsi-fungsi khusus.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Function Keys Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12 atau PF1 … PF24. Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.

10 Tombol-tombol Pergerakan Kursor
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Tombol-tombol Pergerakan Kursor (a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h)

11 Tombol-tombol Pergerakan Kursor
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Tombol-tombol Pergerakan Kursor Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic (auto-repeat). Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb.

12 Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Piranti Penunjuk Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung. Kelebihan: Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard. Dapat memusatkan perhatian pada tampilan. Ada dua kelompok piranti penunjuk: Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar. Indirect pointing devices: kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar.

13 Tugas Interaksi Piranti Penunjuk
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Tugas Interaksi Piranti Penunjuk Select: memilih dari seperangkat item. Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva. Quantify: menentukan nilai numerik. Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.

14 Macam-macam Direct Pointing Devices
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Macam-macam Direct Pointing Devices Light pen Touch screen Stylus

15 Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard;
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Light Pen Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya. Kelemahan: Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Light pen harus diangkat.

16 Langsung menyentuh layar dengan jari. Kelemahan: Melelahkan;
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Touch Screen Langsung menyentuh layar dengan jari. Kelemahan: Melelahkan; Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Penunjukan tidak presisi; Layar bisa kotor.

17 Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Stylus Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.

18 Macam-macam Indirect Pointing Devices
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Macam-macam Indirect Pointing Devices Mouse Trackball Joystick Trackpoint (pointing stick) Graphics tablet Touchpad

19 Alat Interaksi I/O Mouse Kelebihan: Posisi tangan nyaman;
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Mouse Kelebihan: Posisi tangan nyaman; Tombolnya mudah ditekan; Pergerakan panjang cepat; Penempatan presisi. Kelemahan: Tangan harus pindah dari keyboard; Memakan tempat di meja; Kabelnya mengganggu; Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang; Harus berlatih untuk bisa menguasainya.

20 Tidak memakan banyak tempat. Banyak digunakan pada laptop.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Trackball “Mouse terbalik”. Tidak memakan banyak tempat. Banyak digunakan pada laptop.

21 Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Joystick Baik untuk tracking. Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah.

22 Trackpoint (Pointing Stick)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Trackpoint (Pointing Stick) Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan.

23 Tidak perlu menunjuk layar. Permukaan luas.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Graphics Tablet Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar. Mendeteksi gerakan stylus atau puck. Keuntungan: Posisi tangan nyaman. Tidak perlu menunjuk layar. Permukaan luas.

24 Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Touchpad Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar.

25 Hukum Fitts untuk Piranti Penunjuk
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Hukum Fitts untuk Piranti Penunjuk Model pergerakan tangan dalam menggerakkan kursor di tampilan. Ditemukan oleh Paul Fitts (1954). Digunakan untuk memperkirakan waktu untuk memindahkan kursor dalam menunjuk target tertentu.

26 Alat Interaksi I/O Hukum Fitts Contoh:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Hukum Fitts Bila D = jarak dan W = lebar target: Index of difficulty = 2log (2D/W) Time to point = C1 + C2 (IOD) detik C1 dan C2: konstanta tergantung piranti. Untuk presisi tinggi: Time for precision pointing = C1 + C2 (IOD) + C3 2log (C4/W) Contoh: Target berukuran 1 cm, Jarak 8 cm IOD = 2log (2 × 8 / 1) = 4 Time to point = (4) = 0.6 detik.

27 Fitt’s Law in Microsoft Office 2007
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Fitt’s Law in Microsoft Office 2007                                                    Larger, labeled controls can be clicked more quickly Magic Corner: Office Button in the upper-left corner Mini Toolbar: Close to the cursor

28 Macam-macamnya: Alat Interaksi I/O
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan Pengenalan ucapan masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah: Lebih menuntut ingatan kerja pemakai. Derau latar belakang bermasalah. Variasi kinerja ucapan pemakai mempengaruhi keefektifan. Macam-macamnya: Discrete-word recognition Speech recognition Speech store and forward Speech generation Audio tones, audiolization, music

29 Discrete-Word Recognition
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Discrete-Word Recognition Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu. Kehandalan 90-98% untuk kosakata kata. Berguna jika: Tangan pembicara sibuk. Mobilitas diperlukan. Mata pembicara sibuk. Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard.

30 Speech Store and Forward
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Speech Recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal. Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara. Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice. Speech Store and Forward Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan. Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.

31 Audio Tones, Audiolization, Music
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Speech Generation Komputer menghasilkan ucapan. Disukai untuk keadaan tertentu. Audio Tones, Audiolization, Music Umpan balik berupa suara (bukan ucapan). Audio tone: nada sebagai output komputer. Audiolization: presentasi informasi yang lebih kompleks dengan kombinasi suara.

32 Tayangan Gambar dan Video
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Tayangan Gambar dan Video Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer. Bentuknya: Monitor Fotografi digital: Download ke komputer mudah. Video digital: Videodisk, CD-ROM, DVD-ROM. Proyektor Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat. Helmet-mounted displays

33 Raster-scan cathode ray tube (CRT) Liquid-crystal displays (LCD)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Teknologi Display Raster-scan cathode ray tube (CRT) Senapan elektron menyapukan pixel. Refresh rate yang lebih tinggi disukai. Liquid-crystal displays (LCD) Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair. Plasma panel Gas neon dipendarkan oleh arus listrik. Light-emitting diodes (LED) Diode dinyalakan oleh arus listrik.

34 Alat Interaksi I/O Printer Dot-matrix printer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Alat Interaksi I/O Printer Dot-matrix printer Menggunakan pita bertinta. Inkjet printer Tidak berisik, kualitas cetakan baik. Thermal printer Tidak berisik, murah. Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa. Laser printer Hasil berkualitas tinggi. Plotter Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas. Photographic printer Menghasilkan slide dan cetakan foto. Newspaper/magazine-layout systems Hasil berkualitas produksi.


Download ppt "Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google