Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSugiarto Santoso Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Muhammad Hafidz A. 0195, Dwi Andi Kurniawan 0214, Oftriah 0237,
PM2 Minggu Kedua Disusun oleh : Muhammad Hafidz A. 0195, Dwi Andi Kurniawan 0214, Oftriah 0237, Dilla Alfianur Kumalasari 0238, Hifari Agarica 0240 TI 15 C
2
PEMROGRAMAN MOBILE
3
PEMROGRAMAN MOBILE Pengertian Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat bergerak atau mobile tanpa ketergantungan penuh terhadap kabel dan dilengkapi platform (sistem operasi). Aplikasi mobile dikembangkan untuk platform-platform tertentu, diantaranya iOS, BB RIM, Windows Mobile, Symbian, Android, dll.
4
PEMROGRAMAN MOBILE Karakteristik Perangkat Mobile disini memiliki banyak karakteristik yaitu : Ukuranya yang kecil Memory yang terbatas Daya Proses yang terbatas Mengkonsumsi Daya rendah Kuat dan Dapat Diandalkan Konektivitas Masa Hidup yang Pendek
5
SISTEM OPERASI PERANGKAT BERGERAK
6
SISTEM OPERASI PERANGKAT BERGERAK
Pengertian Sistem operasi perangkat bergerak adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat bergerak dan menyediakan layanan (servis) yang bersifat umum agar bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan di atasnya. Sistem operasi pada perangkat bergerak memadukan kemampuan sistem operasi pada komputer dengan kemampuan untuk mengelola komponen yang biasa ada dalam perangkat bergerak seperti layar sentuh, jaringan seluler, bluetooth, WiFi, navigasi GPS, NFC, dan fitur standar lainnya. Jadi sistem operasi perangkat bergerak memiliki kelebihan dalam mengelola secara langsung hardware yang disertakan
7
SISTEM OPERASI PERANGKAT BERGERAK
Persentasi Penjualan OS Mobile Tahun 2012 Sistem operasi perangkat bergerak yang menguasai pasaran perangkat komputasi bergerak saat ini tidak lepas dari empat sistem operasi yaitu : Android, iOS, Blackberry dan Windows Phone. Dan yang menjadi penguasanya, jika dilihat dari banyaknya perangkat yang terjual, adalah Android. Menurut penelusuran IDC Worldwide Mobile Phone Tracker, selama kuartal keempat tahun 2012, perangkat Android menguasai sekitar 70%. Sementara iOS menguasai pasar 21%, Blackberry dan Windows Phone menguasai 3%.
8
LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
9
LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan untuk perangkat genggam-daya rendah, seperti PDA (Personal Data Asisten/Tablet), atau handphone yang mana aplikasi ini dapat re-instal pada ponsel selama masih dalam operasi, didownload oleh pelanggan dari berbagai platform pada perangkat lunak ponsel, atau sebagai aplikasi web menggunakan sistem server-side atau pengolahan sisi-klien (misalnya JavaScript) bagi aplikasi yang support dalam Web browser. Aplikasi pengembang perangkat lunak juga harus mempertimbangkan kualitas graphics pernagkatnya, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena persaingan yang ketat dalam perangkat lunak mobile akan mempengaruhi sisi perangkat kerasnya juga. Sedangkan sisi ruang lingkup sistem operasi ada 2 yaitu :
10
LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
1. Ruang Lingkup dan Eksekusi BeberapaSistem Operasi yang digunakan untuk perangkat Mobile seperti : iOS, Tizen, Android, BlackBerry, WebOS, OS Symbian, dan Windows Mobile dukungan binari aplikasi khas seperti yang ditemukan pada komputer pribadi dengan kode yang mengeksekusi dalam format mesin asli prosesor (arsitektur ARM adalah desain yang dominan digunakan pada banyak model-model terbaru ). Windows Mobile juga dapat dikompilasi untuk executable x86 untuk debugging pada PC tanpa emulator prosesor, dan juga mendukung Portable Executable (PE) format yang terkait dengan. NET Framework. Windows Mobile, Android, WebOS HP dan iOS menawarkan SDK gratis dan lingkungan pengembangan terintegrasi untuk pengembang.
11
LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
2. Lingkungan Platform Pengembangan Masing-masing platform untuk aplikasi mobile juga memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi, yang menyediakan alat untuk memungkinkan pengembang untuk menulis, menguji dan menyebarkan aplikasi ke dalam lingkungan platform target. Berikut ini adalah bahasa pemprograman yang menyajikan unsur-unsur dalam masing-masing lingkungan pengembangan perangkat mobile. Kriteria untuk memilih platform pengembangan biasanya berisi platform mobile sasaran, infrastruktur dan pengembangan keterampilan. Bila mentargetkan lebih dari satu platform dengan pengembangan cross-platform juga penting untuk mempertimbangkan dampak dari alat pada pengalaman pengguna. Kinerja adalah kriteria penting lain, karena penelitian tentang aplikasi mobile menunjukkan korelasi yang kuat antara kinerja aplikasi dan kepuasan pengguna.
12
SOFTWARE DEVELOPMENT
13
SOFTWARE DEVELOPMENT Pengertian Software development adalah salah satu tipe proyek dalam bidang IT yang berfokus pada menciptakan ataupun mengembangkan sebuah perangkat lunak. Software development sendiri bisa diperinci menjadi beberapa proses : Menciptakan sebuah perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mendesain software. Mengembangkan sebuah software aplikasi pada perusahaan. Mengembangkan sebuah platform.
14
SOFTWARE DEVELOPMENT Tools yang Digunakan Berikut ini Tool-tool yang digunakan untuk Software Berbasis Android : Android Studio Eclipse Xamarin Apache Cordova Ionic Framework Sedangkan Untuk iOS tool yang digunakan untuk membuat aplikasi adalah : Xcode
15
ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE
16
ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE
Android Sistem operasi Android adalah tumpukan komponen perangkat lunak yang secara kasar dibagi menjadi lima bagian dan empat lapisan utama seperti ditunjukkan di bawah ini : Linux kernel Pada lapisan bawah adalah menunjukkan Linux 3.6 dengan sekitar 115 patch. Ini memberikan tingkat abstraksi antara perangkat hardware dan berisi semua driver hardware yangpenting seperti kamera, tombol, layar dll. Juga, kernel menangani semua hal yang Linux benar-benar baik seperti jaringan dan array yang luas dari device driver, yang menjadi inti dari antarmuka hardware perifer. Libraries Di atas Linux kernel ada suatu kumpulan libraries termasuk open source Web browser engineWebKit, library libc, database SQLite yang berguna sebagai gudang penyimpanan dan berbagi data aplikasi, libraries untuk play dan merekam audio dan video, libraries SSL bertanggung jawab untuk keamanan Internet dll.
17
ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE
Android Libraries Kategori ini mencakup Andoorid Java-based libraries yang spesifik untuk pengembangan Android. Contoh libraries dalam kategori ini termasuk framework libraries aplikasi selain yang memfasilitasi pengguna antarmuka building, gambar grafis, dan akses database. Ringkasan dari beberapa kunci inti dari Android libraries yang tersedia untuk pengembang Android adalah sebagai berikut : android.app − Memberikan akses ke model aplikasi dan adalah landasan dari semua aplikasi Android. android.content − Memfasilitasi mengakses konten, penerbitan dan pesan antara aplikasi dan komponen aplikasi. android.database − Digunakan untuk mengakses data yang diterbitkan oleh penyedia konten dan mencakup kelas pelatihan manajemen database SQLite. android.opengl − Antarmuka Java untuk API render grafis 3D OpenGL ES. android.os − Menyediakan aplikasi dengan akses ke layanan sistem operasi standar termasuk pesan, Layanan sistem dan antar proses komunikasi. android.text − Digunakan untuk membuat dan memanipulasi teks pada layar perangkat. android.view − Sebuah Kelompok dasar pengguna aplikasi antarmuka. android.widget - Sebuah koleksi kaya komponen antarmuka pengguna pra-buit seperti tombol, label, daftar views, layout managers, radio button dll. android.webkit − Sebuat set terdiri dari kelas-kelas yang dimaksudkan untuk memungkinkan kemampuan peramban web yang dibangun ke dalam aplikasi.
18
ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE
Setelah membahas libraries berbasis Java yang merupakan inti dalam Android runtime, sekarang saatnya untuk mengalihkan perhatian kita ke libraries C/c ++ berbasis yang terkandung dalam lapisan ini tumpukan perangkat lunak Android. Android Runtime Ini adalah bagian ketiga dari arsitektur dan tersedia pada lapisan kedua dari bawah. Bagian ini menyediakan komponen kunci disebut Dalvik Virtual Machine yang sejenis dari Java Virtual Machine khusus dirancang dan dioptimalkan untuk Android. Dalvik VM membuat penggunaan Linux memiliki fitur inti seperti manajemen memori dan multi threading, yang merupakan intrinsik dalam bahasa Java. Dalvik VM memungkinkan setiap aplikasi Android untuk menjalankan dalam proses sendiri, seperti contoh Dalvik mesin virtual. Android runtime juga menyediakan satu set libraries inti yang memungkinkan pengembang Android aplikasi untuk menulis aplikasi Android menggunakan standar bahasa pemrograman Java.
19
ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE
Application Framework Lapisan Application Framework menyediakan berbagai layanan tingkat yang lebih tinggi untuk aplikasi dalam bentuk kelas Java. Pengembang aplikasi diijinkan untukm embuat penggunaan Layanan ini dalam aplikasi mereka. Framword Android mencakup beberapa hal penting seperti dibawah ini - Activity Manager - Mengendalikan semua aspek susunan lifecycle dan aktivitas aplikasi. Content Providers - Memungkinkan aplikasi untuk menerbitkan dan berbagi data dengan aplikasi lain. Resource Manager - Menyediakan akses ke sumber - sumber yang tertanam non-code seperti string, pengaturan warna dan penggunaan layout antarmuka. Notifications Manager − Memungkinkan aplikasi untuk menampilkan peringatan dan pemberitahuan ke pengguna. View Sistem − Sebuah extensible pemandangan yang digunakan untuk membuat aplikasi user interface.
20
VERSI-VERSI SISTEM OPERASI
21
VERSI-VERSI SISTEM OPERSI
Symbian Symbian S60 v2 Symbian S60 v3 Symbian S60 v4 Symbian S60 v5 Symbian S60 v6 Symbian S60 v6.1 Symbian S60 v7 Symbian S60 v8
22
VERSI-VERSI SISTEM OPERSI
Blackberry BlackBerry OS pertama kali dirilis pada januari 1999, versi 1.0 digunakan pada Pager BlackBerry 580. Versi 3.6 dirilis pada Maret 2002, versi ini digunakan pada BlackBerry 5810. Blackberry melepas versi 5.0 pada 4 Agustus 2008, digunakan pertama kali pada Bold 9000. OS versi 6.0 diumumkan pada April 2010 dan dirilis pada Q BlackBerry versi 7 mulai dirilis pada Agustus 2011. Versi BlackBerry OS terakhir adalah versi 10 yang dirilis pada tahun Pada versi ini, BlackBerry OS dapat digunakan untuk tablet.
23
VERSI-VERSI SISTEM OPERSI
Windows Mobile Pocket PC 2000 Pocket PC 2002 Windows Mobile 2003 yang memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition. Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE) Windows Mobile 5 Windows Mobile 6 yang memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio.
24
VERSI-VERSI SISTEM OPERSI
iOS iPhone OS 1.x, dirilis 6 Maret 2008 iPhone Os 2.x, dirilis 11 Juli 2008 iPhone OS 3.x, dirilis 17 Juni 2009 iOS 4, dirilis 22 November 2010 iOS 5, dirilis 12 Oktober 2011 iOS 6, dirilis 19 September 2012 iOS 7, dirilis 18 September 2013 iOS 8, dirilis 17 September 2014 iOS 9, dirilis 16 September 2015
25
VERSI-VERSI SISTEM OPERSI
Android 1.0,"Alpha" dirilis 23 September ,"Beta" dirilis 9 Februari "Cupcake", dirilis 27 April "Donut", dirilis 15 September "Eclair”, dirilis 3 Desember "Froyo", dirilis 20 Mei "Gingerbread", dirilis 6 Desember "Honeycomb", dirilis 22 Februari "Ice Cream Sandwich", dirilis 18 Oktober "Jelly Bean", dirilis 9 Juli "KitKat", dirilis 31 Oktober "Lolipop", dirilis 12 November x.x "Marsmallow", September 2015
26
PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE
27
PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE
iOS iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google.Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad).Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan.Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.
28
PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE
iOS Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan SO ini mencakup gerakan seperti geser, sentuh, jepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap). iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple. Di iOS, ada empat lapisan abstraksi, yaitu Core OS, Core Services, Media, dan Cocoa Touch. Versi terbaru sistem operasi ini (iOS 7) menyisihkan 1,5 s.d. 2 GB memori perangkat bergerak untuk partisi sistem dengan memakai 800 MB partisi (tergantung model) untuk iOS-nya saja.
29
PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE
Android Android dengan logo uniknya yaitu “Robot Hijau” sebetulnya ssudah ada sejak lama, Android adalah Operating System (OS), untuk perangkat mobile (pada Smartphone dan Netbook). OS ini sebenarnya menggunakan Kernel Linux (open source) dan kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance. Android diluncurkan pada tanggal 5 Nopember 2007 dengan didukung oleh konsorsium 65 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi. Ada banyak nama besar yang MDers kenali dalam konsorsium, seperti HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, Synaptics, T-Mobile, Nvidia, Garmin, AsusTek, Vodafone, dan (tentu saja) Google sendiri. Sedang untuk perusahaan distributor, terdapat dua jenis sistem Operasi Android ini, yaitu yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS), dan yang benar–benar bebas distribusinya – tanpa dukungan langsung Google atau Open Handset Distribution (OHD) .Tujuannya membentuk sebuah standar OS GRATIS dalam dunia perangkat mobile.
30
PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE
Android Di dunia pun telah banyak bermunculan handset-handset yang berbasis Android OS, seperti HTC G2 Touch, HTC Magic, Motorola X-Droid, Samsung Galaxy, Motorola Charm serta Google Nexus One. Meski tiap merk memiliki fitur berbeda, namun penggunaan Android OS memungkinkan pengguna tidak mengalami kesulitan jika berganti handset, berkat tampilan Android OS yang sederhana dan telah terstandarisasi. Kini Android OS sudah mulai menyaingi popularitas BlackBerry OS dan iOS. Hal ini karena Android OS menawarkan banyak aplikasi gratis, dan aplikasi berbayar yang tidak terlampau mahal. Lihat saja bandrol BlackBerry OS yang tercatat paling tinggi di antara aplikasi lainnya. Selain itu, Android OS siap berkolaborasi pemakaian dengan 57 persen aplikasi gratis yang diperuntukkan bagi Android. Berbeda jauh dengan BlackBerry OS yang hanya menyediakan aplikasi gratis sekitar 24 persen, dan iPhone yang hanya 25% dari total aplikasi.
31
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE
32
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE
iOS Platform KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE Kelebihan iOS Platform : Performa & kualitas menjalankan aplikasi/games lebih bagus dibanding smartphone dengan OS lainnya. Sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun. Responsif dan intuitif, Update OS yang cepat dibanding OS lain Desain yang Premium Garansi device internasional Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store. Kekurangan iOS Platform : Harganya mahal iOS hanya terdapat di devices merek Apple Media konektifitas seperti bluetooth & wifi sharing terbatas hanya untuk sesama perangkat iOS (bisa diakali dengan cara membeli aplikasi di apps store) Cukup sulit menghubungkan data ke PC seperti halnya Android App nya yang kebanyakan berbayar Closed-source
33
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE
Android Platform KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE Kelebihan Android Platform : User-Friendly Android bersifat terbuka (open source) jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja Aplikasi yang banyak dan sebagian besar gratis Multitasking Banyak pilhan devicenya Mendukung semua layanan Google ROM dapat dimodifikasi Kekurangan Android Platform : Update OS system yang lama Boros baterai Membutuhkan koneksi internet Banyak iklan yang muncul dalam aplikasi
34
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
35
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
PLATFORM JAVA PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak, dimana untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudian namanya diubah ke Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak. Motivasi sesungguhnya dari Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa digunakan pada berbagai platform yang bisa dimasukkan ke dalam berbagai produk elektronik seperti pemanggang roti dan lemari es. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan JAVA sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet. Dengan keluarnya versi 1.2, platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi yaitu The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile Edition(J2ME), dan JavaCard API.
36
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
CONFIGURASI PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Suatu configuration menggambarkan fitur minimal dari lingkungan lengkap Java runtime. Untuk menjamin kemampuan portabilitas dan interoperabilitas optimal diantara berbagai macam perangkat yang dibatasi sumber dayanya(memory, prosesor, koneksi yang dibatasi), configuration tidak menggambarkan fitur tambahan. Suatu configuration J2ME menggambarkan suatu komplemen yang minimum dari teknologi JAVA. Adalah merupakan tugas profile-profile untuk menggambarkan tambahan library untuk suatu kategori perangkat tertentu. Configuration menggambarkan: Subset bahasa pemrograman JAVA Kemampuan Java Virtual Machine(JVM) Core platform libraries Fitur sekuriti dan jaringan
37
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
PROFILE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Suatu profile menggambarkan set-set tambahan dari API dan fitur untuk pasar tertentu, kategori perangkat atau industri. Sementara configuration menggambarkan library dasar, profile-profile menggambarkan library yang penting untuk membuat aplikasi-aplikasi efektif. Library ini memasukkan user interface, jaringan dan penyimpanan API.
38
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
CLDC PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE The Connected Limited Device Configuration (CLDC) menggambarkan dan menunjuk pada area berikut ini: Fitur Bahasa Java dan Virtual Machine(VM) Library dasar(java.lang.*,java.util.*) Input/Output(java.io.*) Kemanan Jaringan Internationalization Fitur yang hilang Fitur tertentu dari J2SE yang dipindahkan dari CLDC adalah : Finalization of class instances Asynchronous exceptions Beberapa error classes User-defined class loaders Reflection Java Native Interface (JNI) Thread groups dan daemon threads
39
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
Reflection, Java Native Interface (JNI) dan user-defined class loaders potensial menjadi lubang keamanan. JNI juga membutuhkan memory yang intensif sehingga dimungkinkan untuk tidak mendapat dukungan dari memory rendah sebuah perangkat mobile. Karakteristik perangkat CLDC Perangkat yang diincar oleh CLDC mempunyai karateristik sebagai berikut: Memory minimal 192kb untuk platform Java. Prosesor dengan 16 atau 32 bit. Mengkonsumsi sedikit daya. Terbatas, koneksi jaringan yang sementara dengan pembatasan bandwith(biasanya wireless). CLDC tidak menggambarkan instalasi dan daur hidup sebuah aplikasi, antarmuka(UI) dan penanganan peristiwa(event handling). Adalah merupakan tugas profile yang berada di bawah CLDC untuk menggambarkan area ini. Secara khusus, spesifikasi MIDP menggambarkan daur hidup aplikasi MIDP (MIDlet), library UI dan event handling(javax.microedition.lcdui.*).
40
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
CDC PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Connected Device Configuration (CDC) adalah super set dari CLDC. CDC menyediakan lingkungan Java runtime yang lebih luas dibandingkan CLDC dan lebih dekat kepada lingkungan J2SE. CDC Java Virtual Machine (CVM) mendukung penuh Java Virtual Machine (JVM). CDC berisi semua API dari CLDC. CDC menyediakan suatu subset yang lebih besar dari semua class J2SE. Seperti CLDC, CDC tidak menggambarkan setiap class UI. Library UI digambarkan oleh profileprofile di bawah configuration ini. Semua class yang terdapat dalam CDC datang dari package ini: java.io java.text java.lang java.util java.lang.ref java.util.jar java.lang.math ava.util.zip java.net java.security java.security.cert CDC juga memasukkan di dalamnya GCF. CDC memerlukan jenis koneksi tambahan seperti file dan dukungan datagram.
41
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
MIDP PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE The Mobile Information Device Profile (MIDP) berada di atas dari CLDC. Anda tidak bisa menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI. Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). JCP melibatkan sebuah kelompok ahli berasal dari lebih dari 50 perusahaan, yang terdiri atas pabrik perangkat mobile, pengembang software. MIDP terus berkembang, dengan versi-versi masa depan yang telah lulus dari proses ketat JCP. Spesifikasi MIDP menggambarkan suatu perangkat MID yang memiliki karakteristik ini sebagai batas minimum: Tampilan : Ukuran Layar: 96x54 kedalaman tampilan: 1-bit Ketajaman pixel: sekitar 1:1 Masukan: Satu atau lebih mekanisme user-input: satu keybboard, dua keyboard, atau touch screen
42
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
Memory: 256 kilobytes of non-volatile memory untuk implementasi MIDP. 8 kilobytes of non-volatile memory for application-created persistent data 128 kilobytes of volatile memory for the Java runtime (e.g., the Java heap) Jaringan: dua jalur, wireless, bandwidth terbatas Sound: Kemampuan untuk memainkan nada-nada
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.