Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSiska Sutedja Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Object Oriented Modelling Information System
2
Start With programming
The world of analysis and design start from programming language, start from : Unstructured Programming The power of Go To Statement Example Language programming : Gwbasic, Basic, etc Structured Programming Eliminate Go To concept Dissociation between Data and function Example Language programming : Clipper, C, Fortran, COBOL, etc Object Oriented Programming First introduced by SIMULA 67 language Combining data and function become a class (Encapsulation) The others programming language like Smalltalk, Java, Prolog, etc Visual OO Programming Was introduce in 1991 by Microsoft with Visual Basic Using GUI (Graphical User Interface) Concept Others are Visual C++, Visual Foxpro 3.0, Visual Objects, power builder, borland delphi, dot net, ect
3
Object Oriented Structured
The differentiation between Structured and Object Oriented Design (1) Object Oriented Study Case : Library Structured Class peminjam { String nmpmj, alpmj,umur,jk : void entrypeminjam( ) void updatepeminjam( ) void prosespinjam( ) } class buku { String kodebook,judul,pengarang,penerbit ; void entrybuku( ) void updatebuku( ) Void main( ) { String kodebook,judul,pengarang,penerbit ; String nmpmj, alpmj,umur,jk; void entrybuku( ) void updatebuku( ) void entrypeminjam( ) void updatepeminjam( ) void prosespinjam( ) } Entitas Relationship Diagram Entity Class Diagram
4
The differentiation between Structured and Object Oriented Design (2)
Study Case : Library Structured Class peminjam { String nmpmj, alpmj,umur,jk : void entrypeminjam( ) void updatepeminjam( ) void prosespinjam( ) } class buku { String kodebook,judul,pengarang,penerbit ; void entrybuku( ) void updatebuku( ) Void main( ) { String kodebook,judul,pengarang,penerbit ; String nmpmj, alpmj,umur,jk; void entrybuku( ) void updatebuku( ) void entrypeminjam( ) void updatepeminjam( ) void prosespinjam( ) }
5
Why we learn this Subject ?
Mempelajari cara menggunakan alat untuk menganalisis dan merancang sistem informasi Ada beberapa hubungan antara subjek satu dengan subjek lainnya Belajar bagaimana kita melakukan implementasi terhadap bahasa pemrograman OO Analisis dan desain merupakan subjek bagaimana belajar analisis dan desain atau membangun sistem informasi Programming Language OO Modelling Information System OO Analysis & Design
6
ADA GARIS MERAH ANTARA DESAIN DAN IMPLEMENTASI
Kita harus menerapkan sesuatu yang telah kita rancang dan Kita harus merancang sesuatu yang telah kita terapkan
7
APA ITU UML UML ADALAH UNIFIED MODELING LANGUAGE
UML DICIPTAKAN OLEH GRANDY BOOCH, IVAR JACOBSON DAN JIM RUMBAUGH BAHASA STANDAR PEMODELAN VISUAL (VISUAL MODELING) DALAM REKAYASA SOFTWARE TOOL PEMODELAN VISUAL MENGGUNAKAN RATIONAL ROSE, DAN VISIO 2000 RATIONAL ROSE DAPAT MENDUKUNG ROUNDTRIP ENGINEERING, DAPAT MEN-GENERATE KODE DARI MODEL YANG DIBUAT REVERSE ENGINEERING, DARI SOURCE CODE YANG ADA UNTUK MENGHASILKAN GAMBARAN ARSITEKTUR DARI SOFTWARE APLIKASI.
8
TEKNOLOGI OBJECT ORIENTED
PARADIGMA BARU DALAM REKAYASA SOFTWARE YANG DIDASARKAN PADA OBJEK DAN KLASS OBJECT ORIENTED MEMANDANG SOFTWARE BAGIAN PER BAGIAN YANG DIGAMBARKAN DALAM SUATU OBJEK SATU OBJEK DALAM SEBUAH MODEL MERUPAKAN SUATU FOKUS SELAMA PROSES ANALISIS, DESAIN, DAN IMPLEMENTASI SATU OBJEK DITEKANKAN PADA STATE, PRILAKU(BEHAVIOR), DAN INTERAKSI ANTAR OBJEK OBJECT ORIENTED DAPAT DIGUNAKAN MEMBANGUN APLIKASI YANG SANGAT LUAS
9
KONSEP UML UML DIGUNAKAN UNTUK
MENAMPILKAN BATASAN DARI SEBUAH SISTEM DAN FUNGSI UTAMA DENGAN MENGGUNAKAN USE CASES AND ACTORS - ILUSTRASI USE CASE DI REALISASIKAN DENGAN INTERACTION DIAGRAMS - MENJELASKAN STRUKTUR YANG TETAP DARI SEBUAH SISTEM MENGGUNAKAN KELAS DIAGRAM PHYSICAL IMPLEMENTATION ARCHITECTURE DIJELASKAN MENGGUNAKAN COMPONENT DAN DEPLOYMENT DIAGRAMS
10
OBJECT ORIENTDED ANALYSIS DAN AND DESIGN (OOAD)
OBJECT ORIENTED ANALYSIS : METODE ANALISIS YANG MEMERIKSA REQUIREMENTS(SYARAT/KEPERLUAN YANG HARUS DI PENUHI SISTEM) DARI SUDUT PANDANG KELAS – KELAS DAN OBJEK – OBJEK YANG DITEMUKAN DALAM RUANG LINGKUP PERMASALAHAN OBJECT ORIENTED DESIGN : METODE UNTUK MENGARAHKAN ARSITEKTUR SOFTWARE YANG DIDASARKAN PADA MANIPULASI OBJEK – OBJEK SISTEM ATAU SUBSISTEM.
11
KONSEP DASAR OOAD OBJECT
OBJEK (OBJECT) ADALAH “BENDA” SECARA FISIK ATAU KONSEPTUAL YANG DAPAT DI TEMUI DISEKELILING KITA. MISALNYA HARDWARE, SOFTWARE, DOKUMENT DAN MANUSIA BAHKAN KONSEP. OBJECT
12
KONSEP DASAR OOAD OBJECT MEMILIKI STATE
STATE ADALAH HIMPUNAN DARI KEADAAN YANG MENGGAMBARKAN OBJEK TERSEBUT STATE DINYATAKAN DENGAN ATTRIBUTE ATTRIBUTE ADALAH NILAI INTERNAL SUATU OBJECT YANG MENCERMINKAN KARAKTERISTIK OBJEK , KONDISI SESAAT, KONEKSI DENGAN OBJECT LAIN DAN IDENTITAS PERUBAHAN STATE DICERMINKAN OLEH PRILAKU ( BEHAVIOR ) BEHAVIOR SUATU OBJEK MENDEFINISIKAN BAGAIMANA SEBUAH OBJEK BERTINDAK (BERAKSI) DAN MEMBERI REAKSI INTERFACE ADALAH PINTU UNTUK MENGAKSES SERVIS OBJEK.
13
ATTRIBUTE KAWAT KAWATPER KACA STATE TERANG REDUP OBJECT LAMPU
14
KONSEP DASAR OOAD KELAS (CLASS) ADALAH DEFINISI UMUM (POLA, TEMPLATE ATAU CETAK BIRU) UNTUK HIMPUNAN OBJEK BISNIS KELAS MEMILIKI ATTRIBUT DAN PRILAKU, BEHAVIORS, SERVICE ATAU MESSAGE CONTOH KELAS BINATANG, MAHASISWA DAN LAIN- LAIN ENCAPSULATION ADALAH PENYATUAN ANTARA DATA DAN PROSES ASSOCIATION ADALAH HUBUNGAN ANTAR OBJEK YANG SALING MEMBUTUHKAN AGGREGATION ADALAH BENTUK KHUSUS DARI ASOSIASI YANG MENGGAMBARKAN SELURUH BAGIAN SUATU OBJEK YANG MERUPKAN BAGIAN DARI OBJEK LAINNYA CONTOH OBJEK TANGGAL DAPAT DISUSUN DARI OBJEK HARI, OBJEK BULAN, DAN OBJEK TAHUN.
15
TOOL OF UML USE CASES CLASS DIAGRAMS INTERACTION DIAGRAMS
SEQUENCE DIAGRAMS COLLABORATION DIAGRAMS PACKAGE DIAGRAMS STAT DIAGRAMS ACTIVITY DIAGRAMS DEPLOYMENT DIAGRAMS
16
KOMPONEN USE CASE ACTOR USE CASE HUBUNGAN ANTARA ACTOR DAN USE CASE
17
ACTOR ACTOR ADALAH SESEORANG ATAU SESUATU YANG BERINTERAKSI DENGAN SISTEM SAAT PENGEMBANGAN ACTOR DAPAT BERUPA ORANG, STAFF, STUDENT, SISTEM (BILLING SYSTEM) ACTOR ADALAH YANG MELAKSANAKAN ATAU YANG MENGGUNAKAN SISTEM CONTOH MAHASISWA TERIMA PERMOHONAN KKP STAFF
18
USE CASE USE CASE ADALAH POLA DARI PERUBAHAN SISTEM YANG DITAMPILKAN
SETIAP USE CASE ADALAH SEBUAH URUTAN DARI HUBUNGAN TRANSAKSI YANG DIKERJAKAN OLEH ACTOR DAN SISTEM DALAM SEBUAH DIALOG SEBUAH ALUR DOCUMENT DIBUATKAN USE CASE, PEMBUATAN DI AWALI DARI ACTOR DETIL DARI SISTEM HARUS DIJELASKAN KE ACTOR SAAT USE CASE DI JALANKAN CONTOH STAFF MEMELIHARA KURIKULUM DOSEN MEMINTA ABSEN MAHASISWA MEMELIHARA JADWAL BILLING SYSTEM MENERIMA INFORMASI TAGIHAN DARI MAHASISWA
19
USE CASE USE CASE DIAGRAM DIBUAT UNTUK MENGGAMBARKAN HUBUNGAN
ACTOR DAN USE CASE MAHASISWA MINTA JADWAL DOSEN PELIHARA JADWAL BILLING SISTEM MAHASISWA PELIHARA KURIKULUM
20
HUBUNGAN ANTARA USE CASE
USE CASE DAPAT DIHUBUNGKAN DENGAN USE CASE LAIN JENIS HUBUNGAN TERSEBUT ADLAH : A. USES : SATU ATAU LEBIH USE CASE YANG BERHUBUNGAN AKAN TETAPI MERUPAKAN SATU KESATUAN B. EXTENDS : SATU ATAU LEBIH USE CASE YANG BERHUBUNGAN TAPI BERSIFAT OPTIONAL USES MINTA JADWAL LOGON VALIDATION DOSEN
21
HUBUNGAN ANTARA USE CASE
EXTENDS MINTA JADWAL LOGON VALIDATION DOSEN
22
ACTIVITY DIAGRAM Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
23
ACTIVITY DIAGRAM Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas. Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi tertentu. Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
24
ACTIVITY DIAGRAM Pengembalian buku
25
INTERACTION DIAGRAMS INTERACTION DIAGRAMS MENGGAMBARKAN INTERAKSI ANTAR KUMPULAN OBJECT PADA SEBUAH USE CASES INTERAACTION DIAGRAMS DUA TIPE DIAGRAM YAITU : SEQUENCE DIAGRAMS COLLABORATION DIAGRAMS COLLABORATION DIAGRAM MENGGAMBARKAN INTERAKSI ANTAR OBJEK DAN HUBUNGAN DENGAN OBJEK LAINNYA
26
SEQUENCE DIAGRAM SEQUENCE DIAGRAM MENGGAMBARKAN INTERAKSI ANTAR OBJEK YANG DISUSUN DALAM URUTAN WAKTU SIMBOL YANG DIGUNAKAN PADA SEQUENCE DIAGRAM OBJEK GARIS KEHIDUPAN/LIFE LINE TIME/WAKTU MESSAGES/PESAN
27
SEQUENCE DIAGRAM CONTOH SEQUENCE DIAGRAM :NAME2 :NAME1 PESAN OBJEK
ACTOR GARIS KEHIDUPAN MESSAGE1() ACTOR YANG MENJALANKAN OBJEK
28
CLASS DIAGRAM CLASS ADALAH DEFINISI UMUM (POLA, TAMPLETE ATAU CETAK BIRU CLASS MERUPAKAN ABSTRAKSI DARI ENTITAS DUNIA NYATA CLASS DAPAT JUGA MENGGAMBARKAN GROUP DARI OBJECT CONTOH CLASS : BINATANG, MAHASISWA, DOSEN DLL CLASS MEMILIKI : NAMA CLASS, ATTRIBUT DAN SERVICE ATAU BEHAVIORS
29
CLASS DIAGRAM ATTRIBUTE ADALAH NILAI INTERNAL YANG MENCERMINKA KARAKTERISTIK DARI OBJECT OPERATION OBJECT MENDEFINISIKAN BAGAIMANA SEBUAH OBJECT BERTINDAK DAN MEMBERI REAKSI CONTOH NAMA CLASS ATTRIBUTE OPERATION
30
CLASS DIAGRAM CLASS OBJECT HESTI:MAHASISWA MAHASISWA NIM : 0222500022
NAMA : HESTI TAMBAH EDIT HAPUS MAHASISWA NIM NAMA TAMBAH EDIT HAPUS
31
CLASS DIAGRAM OPERATION DAPAT DITEMUKAN PADA INTERACTION DIAGRAMS
PESAN PADA INTERACTION DIAGRAMS MERUPAKAN OPERATION PARAMETER PADA PESAN ADALAH ATTRIBUTE CONTOH REGISFORM NAME NAMECOURSE REGISFORM REGISMANAGER REGISMANAGER ADD(JOE, MATH) ADD(NAME, NAMECOURSE)
32
INHERITANCE HUBUNGAN ANTARA SUPER CALSS DENGAN SUBCLASS
SAAT SATU CLASS YANG MEMPUNYAI SPECIALISASI DENGAN CLASS LAIN BENTUK INI DISEBUT JUGA SPECIALIZATION Mobil Sedan Truk Bis
33
AGGREGATION BENTUK KUHSUS DARI ASSOCIATION YANG MENGGAMBARKAN SLURUH BAGIAN SUATU OBJEK MERUPAKAN BAGIAN DARI OBJEK LAIN Universitas Fakultas Jurusan Room Door
34
ASSOCIATIONS HUBUNGAN ANTAR CLASS Pinjaman Nasabah
PENAMAAN ASSOCIATION: HINDARI PENAMAAN YANG TIDAK BERARTI SEPERTI BERHUBUNGAN_DENGAN TERKAIT_DENGAN TERSAMBUNG_DENGAN NAMA YANG TIDAK MEMILIK SUBYEK ATAU KATA KERJA PUNYA DAPAT JUAL
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.