Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2

2 anggota IKMAM NUR FAUZI (15.11.0016) BAGAS PRATIKTO (15.11.0019)
SUPRAYITNO ( ) YUSUF BUDIAJI ( ) UPIT LIANA SARI ( ) EDI SUSANTO ( ) ADIMAS DWI NUR HIDAYAH ( )

3 PEMROGRAMAN MOBILE Pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Pembuatan aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak seperti HP / tablet. Aplikasi mobile dikembangkan untuk platfrom tertentu. Sumber : (

4 JENIS – JENIS SISTEM OPERASI
Sistem oprasi yang populer saat ini adalah Android dan iOS. Contoh sistem oprasi lain adalah Windows Phone, Blackberry OS dan Symbian. Sumber : ((dinus.ac.id/repository/docs/ajar/01_PengenalanPemrogramanMobile.pdf).)

5 LINGKUNGAN PENGEMBANGAN
Masing-masing platform untuk aplikasi mobile juga memiliki lingkungan pengembangan terintegrasi, yang menyediakan alat untuk memungkinkan pengembang untuk menulis, menguji dan menyebarkan aplikasi ke dalam lingkungan platform target. Sumber : (

6 SOFTWARE DEVELOPMENT Android
Pemrograman Java dan Android Software Development Kit (SDK). IDE (integrated development environment) yang bisa digunakan adalah Eclipse, Android Studio. Sumber : (

7 STRUKTUR SISTEM OPRASI ANDROID
JAVA DAN ANDROID Sumber :

8 Versi – versi android 1.0,”Alpha” dirilis pada tanggal 23 September 2008 “Ice Cream Sandwich”, dirilis pada tanggal 18 Oktober 2011 1.1,”Beta” dirilis pada tanggal 9 Februari 2009 “Jelly Bean”, dirilis pada tanggal 9 Juli 2012 1.5 “Cupcake” dirilis pada tanggal 27 April 2009 “KitKat”, dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013 1.6 “Donut”, dirilis pada tanggal 15 September 2009 “Lolipop”, dirilis pada tanggal 12 November 2014 “Eclair”, dirilis pada tanggal 3 Desember 2009 “Froyo”, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010 6.0-6.x.x “Marsmallow”, diriilis pada tanggal 5 Oktober 2015 “Gingerbread”, dirilis pada tanggal 6 Desember 2010 7.0 “Nougat”, diriilis pada tanggal 22 Agustus 2016 “Honeycomb”, dirilis pada tanggal 22 Februari 2011 Sumber : (

9 Perbandingan sistem operasi mobile
Android IOS Open Source Close Source Harga Murah Harga Mahal Aplikasi mudah terserang malware Aplikasi jarang terkena virus Mudah di customisasi Susah di costumisasi Setiap versi interface berbeda Hampir setiap versi interface sama

10 Kelebihan dan Kekurangan android
Kelebihan Android Kekurangan Android User-Friendly Update OS system yang cukup lama Terdapat Google Now (untuk versi Android Jelly Bean) Android terkadang menimbulkan lag bahkan hang saat digunakan Multitasking Banyak memakan resource sehingga cepat menghabiskan baterai Banyak pilihan devices mulai dari low-end samai high-end Didukung aplikasi yang banyak dan kebanyakan gratis dapat didownload di PlayStrore Juga terkadang Android mudah sekali terkena virus Open-Source, jadi dapat dengan mudah otak atik kode sumber Androidnya Sumber : (

11 Kelebihan dan Kekurangan ios
Kelebihan Sistem Operasi iOS Kekurangan iOS Multitasking Aplikasinya lebih banyak yang berbayar Desainnya premium Susah sekali diotak atik karena sumber code yang tertutup closed-source Terdapat Siri yang siap mendampingi user Seperti halnya MacOS, harganya pun mahal User-Friendly Touch ID, support keamanan sensor jari, walaupun sudah ada juga di OS lain seperti Android Samsung Galaxy dan Nexus 6 iOS hanya terinstall di perangkat merk Apple saja Tidak dapat disambungkan ke devices lain seperti Bluetooth Update OS yang cepat daripada OS lain Layanan purna jual terbaik dari tipe OS lainnya Lumayan susah saat menghubungkan data ke PC berbanding jauh dengan Android Sumber : (

12 Pengembangan aplikasi mobile
Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah dengan menggunakan urutan waterfall method. 1. Analisis kebutuhan, langkah ini merupakan analisis terhadap kebutuhan sistem, analis melakukan observasi terhadap user sehingga keinginan dari user akan diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman. Sumber : (

13 Pengembangan aplikasi mobile
2. Design, proses design akan menterjemah- kan syarat kebutuhan kedalam sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Fokus proses pada bagian ini yaitu struktural data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, detail alogaritma prosedural. Dari kesemua fokus proses yang telah dijalani akan menghasilkan software requirement yang akan menjadi dasar dari programmer melaksanakan aktivitas pembuatan sistem. 3. Coding, merupakan penerjemahan design dalam bahasa yang bisa dikenali komputer. Dilakukan oleh programmer yang akan menterjemahkan transaksi yang akan diminta oleh user. Sumber : (

14 Pengembangan aplikasi mobile
4. Pengujian, setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang dibuat tadi. Tujuan testing adalah menemukan kesalahan terhadap sistem tersebut kemudian akan diperbaiki. 5. Penerapan, tahapan ini bisa dikatakan final dalam pembuatan sebuah sistem. Setelaah melakukan analisis, design dan pengkodean maka sistem yang sudah jadi akan digunakan oleh user dan perangkat lunak yang sudah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Sumber : (


Download ppt "PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google