Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra."— Transcript presentasi:

1 Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra

2 Pembahasan Pendahuluan mobile teknologi Perkembangan mobile
Java wireless toolkit (wtk) Instalasi dan setting j2me Arsitektur j2me Profil pendukung j2me Midlet life cycle

3 Mobile Application Mobile Application adalah sebutan untuk aplikasi yang berjalan di mobile device. Contoh : Game pada Handphone Aplikasi Tanggal Aplikasi SMS

4 Lanjutan… Sistem java yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile adalah Java 2 Micro Edition(J2ME). Kita bisa membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan kita untuk dijalankan di ponsel Contohnya Aplikasi Perhitungan cash-flow untuk usaha kita Aplikasi pencatatan dan pelaporan data pelanggan listrik, dll.

5 Lanjutan… Istilah lainnya pada dunia mobile adalah wireless application. wireless application adalah aplikasi yang digunakan pada kondisi dimana data yang diproses didalamnya ditransaksikan melalui sistem client-server. Pada kondisi diatas ponsel bersifat client.

6 Perkembangan Mobile

7 Generasi Awal (0G) Generasi pertama ini teknologi telepon seluler masih menggunakan jaringan gelombang radio. Prinsip kerjanya tidak ada bedanya dengan walkie-talkie dan sejenisnya Bedanya ponsel ini memiliki nomer sendiri dan memiliki jaringan khusus.

8 Teknologi Generasi Awal
PTT(Push to talk atau Press to Transmit) Merupakan teknologi dengan metode half-duplex (sama seperti walkie-talkie, berkomunikasi secara bergantian) yang diterapkan pada ponsel. B-NETz Diperkenalkan pada tahun 1972 di jerman barat sebagai jaringan komersial komunikasi umum ke-2 setelah jaringan telepon umum

9 Generasi pertama (1G) Diperkenalkan pertama tahun 80-an
Generasi ini masih menerapkan teknologi jaringan komunikasi analog yang disebut FDMA (Frequency Division Multiple Access) Teknologi FDMA adalah sebuah perangkat komunikasi yang memiliki frekuensi sendiri (seperti stasiun radio) pada saat berhubungan dengan yang lain

10 Teknologi Generasi Pertama
C-NETz - merupakan pengganti b-netz - dipublikasikan pertama kali pada tahun 1981 di Austria dan Jerman CDPD (Cellular Digital Packet Data) CDPD bekerja dengan konsep internet protocol sebagai pengolah paket data dan suara dalam jaringan komunikasi

11 Generasi kedua (2G) Generasi ini merupakan awal dari pengembangan teknologi digital pada perangkat komunikasi Generasi ini menerapkan teknologi TDMA (Time Division Multiple Access) dan CDMA (Code Division Multiple Access)

12 Teknologi Generasi kedua
GSM (Global System for mobile communcation) - GSM merupakan gabungan dari TDMA dan FDMA - GSM merupakan jaringan yang paling banyak digunakan saat ini. CDMAone atau IS-95 CDMA - Merupakan sistem berbasis CDMA dengan teknologi digital. - beroperasi pada dua kelas gelombang atau biasa disebut dengan Band (Band kelas 1 : 900 MHZ dan Band kelas 2 : 800 MHZ)

13 Lanjutan… GPRS (General packet radio service)
- Merupakan teknologi overlay yang berada di atas jaringan GSM untuk menangani komunikasi data pada jaringan. - Berdasarkan kemampuannya maka dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas A, kelas B, kelas C.

14 Generasi ketiga (3G) Merupakan teknologi seluler yang sedang berkembang saat ini. Teknologi ini diciptakan pada dasarnya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan layanan pada jaringan komunikasi

15 Tujuan dari pengembangan 3G
Meningkatkan kemampuan jelajah (Roaming) Meningkatkan kecepatan transfer data dan menambah kapasitas jaringan Meningkatkan kualitas layanan, terutama pada layanan multimedia Memungkinkan teknologi layanan internet bergerak.

16 Teknologi Generasi ketiga
E-GPRS (Enhanced- General packet radio service) Merupakan tahap lanjut dari pengembangan teknologi transfer data Kecepatan mencapai 437,6 Kbit/s GAN (Generic Access Network) - Memiliki kemampuan untuk menangani jaringan wireless LAN dan WAN pada saat bersamaan

17 Generasi Keempat (4G) Masih dalam tahap pengembangan
Target pengembangan teknologi 4G adalah : Mencapai bandwith dan kecepatan transfer yang lebih besar dari teknologi 3G Mencapai teknologi layanan multimedia interaktif pada mobile Menciptakan teknologi jaringan komunikasi digital Sistem keamanan lebih kuat Layanan multimedia dengan kecepatan mencapai 100 Mbit/s dan dgn biaya murah

18 J2ME merupakan tulang punggung bagi perkembangan teknologi m-commerce.
Keunggulan J2ME adalah Menciptakan aplikasi bersifat portable Sistem keamanan yang baik Aplikasi bisa digunakan dalam kondisi offline maupun online Sesuai dengan karakter java, yaitu write once,run anywhere, any time and over any device

19 Java wireless toolkit (WTK)
Java wireless toolkit (WTK) adalah aplikasi yang dirancang untuk mengelola file-file J2ME. WTK dimanfaatkan untuk membuat projek baru, mengelola projek lama, membuat file binary, dll Salah satu fitur yang tidak disediakan oleh WTK adalah text editor untuk pembuatan aplikasi.

20 Instalasi dan Setting J2ME

21 Arsitektur J2ME J2ME memiliki keunggulan bahwa J2ME didesain untuk mendukung mobilitas pengguna Aplikasi J2ME bisa dijalankan pada berbagai device dari berbagai vendor

22 Gambar Arsitektur J2ME

23 Cakupan J2ME Device yang bisa diprogram dengan J2ME mulai dari smart card sampai PDA Masing-masing jenis device memiliki kemampuan komputasi yang berbeda – Smartcard memiliki memori <1Mb, dengan kecepatan prosessor yang rendah – PDA saat ini memiliki memori >8Mb dengan kecepatan prosessor yang tinggi – Device dengan kemampuan komputasi yang sama dibagi ke dalam Configuration

24 Configuration Sebuah konfigurasi (configuration) mendefinisikan satu set library minimum dan kemampuan Virtual Machine minimum yang dimiliki sebuah device Device yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sama dan batasan memori yang sama memiliki konfigurasi yang sama Contoh configuration – CDC (Connected Device Configuration) – CLDC (Connected Limited Device Configuration)

25 Contoh CLDC Punya koneksi terbatas (limited)
– artinya user bisa online jika diperlukan Tidak mendukung tipe data floating point dan double Device mungkin hanya memiliki memori non volatile 128 Kb, memori volatile 8 kb untuk data persisten, dan 32 Kb untuk runtime Java Contoh device CLDC: Ponsel J2ME, PDA dengan koneksi wireless, pager dua arah

26 Contoh CDC Punya koneksi jaringan yang selalu online (connected)
Mendukung seluruh fitur bahasa Java (JDK1.3) Device setidaknya memiliki 512kb Memori non volatile dan 256 Kb memori volatile Contoh Device: PDA Phone

27 Profil J2ME Profil adalah kumpulan dari beberapa informasi yang digunakan untuk tujuan tertentu.

28 Profil yang didukung oleh J2ME adalah
Mobile Information Device Profile(MIDP) profil ini menambahkan kemampuan jaringan, komponen antarmuka dan storage lokal pada CLDC. Personal Digital Assistant Profile (PDA Profile) PDA Profile serupa dengan MIDP, hanya saja PDA Profile ditujukan untuk peralatan PDA.

29 Foundation Profile Foundation Profile ditujukan bagi CDC untuk menunjang pemakaian seluruh fitur pada pustaka java 2 versi 13 Personal Basic Profile Personal Basic Profile memiliki fungsi tambahan antar muka foundation profile Personal Profile Personal Profile merupakan pengembangan dari Personal Basic Profile dimana mendukung penggunaan antar muka yang lebih kompleks

30 Remote Method Invocation Profile
RMI Profile menambahkan fitur dari pustaka foundation profile, dengan batasan hanya Application Programming Interface(API) dari sisi client Game profile Menyediakan platform untuk pembuatan aplikasi game pada peralatan CDC

31 MIDlet Life Cycle Adalah suatu siklus yang menjelaskan bagaimana sebuah MIDlet berfungsi sejak dijalankan sampai dihapus dari memori

32 Gambar MIDlet Life Cycle

33 Penjelasan Gambar Sistem akan mencari kontruktor MIDlet. Jika ketemu, isinya akan dijalankan dan siste memasuki mode PAUSED; jika tidak maka sistem akan muncul pesan exception. Pada mode PAUSED : Jika terjadi pemanggilan method destroyApp(), aplikasi akan ditutup dan sistem memasuki mode Destroyed atau dihapus dari memori Jika terjadi pemanggilan method startApp(), aplikasi akan mulai dijalankan dan sistem memasuki mode Active.

34 Lanjutan…. 3. Pada Mode ACTIVE :
Jika terjadi pemanggilan method destroyApp(), aplikasi akan ditutup dan sistem memasuki mode Destroyed atau dihapus dari memori. Jika terjadi pemanggilan method pauseApp(), aplikasi akan dihentikan sementara dan sistem memasuki mode Paused.


Download ppt "Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google