Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1."— Transcript presentasi:

1 PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1

2 Anggota kelompok: Aulia fitriani (15.11.0219)
Dani widianto ( ) Gagas restu sutikno ( ) Irvando demas arifiandani ( ) Islakhun nur dzaki ( ) Saiful anwar ( ) Vip brilliant baharudin yusuf ( )

3 PENGERTIAN Pemograman mobile
Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.

4 SISTEM OPERASI PERANGKAT MOBILE
Sistem operasi Perangkat yang bergerak (OS mobile), Meliputi Symbian, Java, Windows Mobile, Android, IOS, dan lain-lain

5 Lingkungan pengembangan
Lingkungan pengembangan adalah kumpulan prosedur serta alat-alat untuk mengembangkan, menguji, dan memperbaiki aplikasi atau program. Didalam lingkungan pengembbangan biasanya terdapat 3 tingkatan yaitu : pengembangan, pementasan dan produksi. IDE (Integrated Development Environtment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak

6 Software development Tools endukung .net Java
Android sdk (software development kit) Adt (android developer tolls)

7 Software yang dapat digunakan
Android studio Xamari1n Eclipse Unity 3d Qt for android Conduit mobile Apache cordova Ionic framework React native App inventor

8 Arsitektur os mobile Google sebagai pencipta Android yang kemudian diasuh oleh Open Handset Alliance mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Google menggunakan kernel Linux versi 2.6 untuk membangun Android, yang mencakup memory management, security setting, power management, dan beberapa driver hardware. Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

9

10 Linux Kernel Linux merupakan sistem operasi terbuka yang handal dalam manajemen memori dan proses Libraries Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Beberapa pustaka diantaranya: Media Library urface Manager Graphic Library SQLite SSl dan WebKit

11  Android Runtime Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada. Application Framework Kerangka aplikasi menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Selain itu, juga menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface dan sumber daya aplikasi. Bagian terpenting dalam kerangka aplikasi android adalah sebagai berikut [Hello Android 2nd Edition]: Activity Manager Content Providers Resuource Manager Location Manager Notification Manager

12 Application Layer aplikasi dan widget. Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.

13 VERSI SISTEM OPERASI ANDROID
No Versi OS Rilis 1 versi 1.0 Android Dirilis pertama pada tanggal 30 bulan April tahun 2009 2 Versi 1.5 Cupcake Dirilis pada tanggal 15 bulan September tahun 2009 3 versi 2.0 Eclair Dirilis pada tanggal 26 bulan Oktober tahun 2009 4 versi 2.2 Froyo Dirilis pada tanggal 10 bulan mei tahun 2010 5 versi 2.3 Gingerbread Dirilis pertama pada tanggal 6 bulan Desember tahun 2010  6 versi v3.0 Honeycomb Dirilis pertama pada tanggal 22 bulan Februari tahun 2011 7 versi 4.0 Ice Cream Sandwich Dirilis pertama pada tanggal 19 bulan Oktober tahun 2011 8 versi 4.1 Jelly Bean Dirilis pertama pada tanggal 9 bulan juli tahun 2012  9 versi 4.4 kitkat Dirilis pertama pada tanggal 31 bulan Oktober tahun 2013 10 versi 5.0 Lollipop Dirilis pertama pada tahun 2014 11 versi 6.0 Marshmallow Dirilis pada 28 Mei tahun 2015 12 Versi 7.0 Nougat Diperkenalkan pada tahun 2016

14 PERBANDINGAN SISITEM OPERASI MOBILE
Feature Android IOS Windows mobile Blackberry 10 Tizen Sailfish OS Perusahaan Google , Open Handset Alliance Apple Inc. Microsoft Blacberry Ltd. Linux Foundation, Tizen Association, Samsung,Intel Sailfish Alliance, Mer,Jolla,dan Sailfish Comunnity constributor Penjualan 86.1% 13.7% 0.3% N/A Versi Sekarang 8.0 11.0.2 10.0.1 3.0 Tanggal Rilis 21 Agustus 2017 3 oktober 2017 8 agustus 2017 12 desember 2016 20 mei 2017 29 agustus 2017 Lisensi Free and open-source, but usually bundled with proprietary apps and drivers Proprietary except for open source components Proprietary, Commercial software Proprietary Free and open-source, but the SDK is proprietary and closed source Free and open-source, but the UI is proprietary and closed source OS turunan Linux Darwin Microsoft windows QNX

15 Arsitektur CPU ARM, x86 ARM64 ARM Bahasa Pemograman C,C++,java, kotlin, .net, c# C,C++, Objective-C, swift, .net, c# 7+: XNA (.NET C#), Silverlight, native C/C++ (only for vendors and partners[9]) 8+: .NET C#, VB.NET, Silverlight, native C/C++, WinRTP (XMLA), DirectX C/ C++: Native SDK, C++/Qt: Cascades SDK, HTML5/Javascript/CSS: Webworks SDK, ActionScript: Adobe AIR, Java: Android runtime C++ C++, QML, Phyton Multi user yes Edukasi pemakaian hanya di ipad tidak Tidak App Store GoooglePlay Windows Store Blackberry World, Amazon Appstore Tizen Store Jolla Store SDK Platform Linux, Mac Os X, dan Windows Mac OS X (IOS SDK) Windows Windows, Mac OS X, dan Linux GNU/LINUX, windows, dan OS X Web Browser Chrome Safari Internet Explore BlackBerry 10 Browser Tizen Browser Sailfish Browser Feature Android IOS Windows mobile Blackberry 10 Tizen Sailfish OS

16 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISITEM OPERASI MOBILE
perangkat mobile memiliki proses booting yang lebih cepat di bandingkan dengan perangkat dekstop , proses booting pada dekstop biasa nya memakan waktu antara 1-3 menit , namun unutk perangkat mobile biasa nya paling lama hanya satu menit. Konsumsi power atau bateri pada os mobile lebih kecil di bandingkan pada perangkat desktop. Untuk aplikasi mobile biasa nya , standar hardware yang dibutuhkan lebih ringan dari pada os untuk browser ,seperti standar grapic , kecepatan processor , input output device dan lain lain. Sehingga system operasi pada mobile lebih ringan dari pada system operasi untuk desktop. Dukungan hardware lebih sedikit dari desktop. Khusus sistem operasi iOS hanya terdapat pada device milik Apple Sistem operasi yang bersifat open source hanya android Pada umumnya sistem operasi mobile telah disesuaikan bagi setiap device dalam bentuk firmware sehingga firmware dari device tertentu tidak akan bias digunakan di device lainnya.

17 PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE
Pengembangan aplikasi mobile adalah proses dimana aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk daya rendah perangkat genggam , seperti asisten pribadi digital , perusahaan asisten digital atau ponsel Secara garis besar ada 3 pendekatan untuk mengembangkan aplikasi mobile yaitu: Aplikasi Native Adalah aplikasi yang secara khusus ditujukan untuk platform mobile tertentu dan menggunakan bahasa pemrograman serta perangkat lunak pengembangan sesuai platform tersebut. Aplikasi Web Merupakan aplikasi website yang secara spesifik dioptimalkan untuk penggunaan di lingkungan smartphone. Aplikasi Hybrid menanamkan aplikasi mobile HTML5 kedalam container native. Aplikasi berupaya mengombinasikan kelebihan-kelebihan pendekatan aplikasi web mobile HTML5 dan aplikasi native.

18 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google