Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
interface Umar muhammad JAVA
2
Java bahasa pemrograman beorientasi objek dan bebas platform.
Java diciptakan oleh James Gosling dan Patrick Naughton dalam suatu projek dari Sun Microsystem Sejumlah perusahaan mobile seperti Nokia, Siemens, Sony, Ericsson, Motorola, dan Samsung mengadopsi teknologi java
3
Keunggulan bahasa pemrograman Java diuraikan sebagai berikut :
Berbasis GUI Berorientasi objek Aplikasi web Multiplatform Keamanan Bisa digunakan untuk Aplikasi Jaringan Komputer Terdistribusi Mendukung Software Mission – Critical Multithread
4
Aktivitas Seorang programmer dalam memprogram tidak lepas dari 3 hal berikut :
Koding Kompilasi Eksekusi
5
Komponen bahasa Java Variabel Konstanta Tipe data Operator
6
Variabel Dalam bahasa java,variabel dibagi menjadi dua, yaitu
Variable Lokal (Local Variable) dan Variabel Member (Member Variable) Variabel lokal dideklarasikan dalam method main, sedangkan variabel member di dalam class main
7
Variabel Public class main { int Qty=3; int Harga=30000; int Jumlah; args the command line arguments */ public static void main(String[] args){ // TODO code aplication logic here Main mv=new Main(); mv.Jumlah=mv.Qtymv.Harga; System.out.print("Jumlah="+mv.Jumlah); }
8
Konstanta Konstanta seperti variabel, tetapi nilainya tidak dapat diubah selama program berjalan public class Main { int Qty=3; /*Konstanta dengan nama harga */ public static final int Harga =300; int Jumlah; /** args the command line arguments */ public static void the main(String[]args{ //TODO code aplication logic here Main mv=new Main (); mv.Jumlah=mv.Qty*mv.Harga; System.out.println("jumlah="+mv.Jumlah); }
9
Tipe data Setiap variabel,konstanta,atau fungsi memiliki tipe data
Tipe data di dalam pemrograman bahasa java dibagi menjadi dua, yaitu Tipe Data Primitif dan Tipe data integer (bilangan bulat), Tipe data floating (bilangan pecahan), Tipe data char (kharakter), dan Tipe data boolean (logika) Tipe Data Referensi. Tipe Data Referensi merupakan tipe data objek dari class tertentu
10
Kelompok Tipe Data Jangkauan Memakai Memori Keterangan Tipe Data Integer (Bilangan Bulat ) byte -128 s.d. 127 1 byte short s.d 2 byte int s.d 4 byte long s.d 8 byte Tipe Data Floating (Bilangan Pecahan) float -3.4 x 108 s.d. 3.4 x 108 Memakai tanda fdibelakang angkanya Contoh 2.4F double -1,7 x s.d. 1.7 x 10308 Simbol pecahan Tipe Data Char (Karakter) Char Bilangan desimal dari s.d. FFFF Tipe Data Boolean (Logika) boolean True, false
11
Operator Operator dalam pemrograman bahasa java dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu Aritmatika, Assigment, Increment dan Decrement, Relasi, dan Logika.
12
Aritmatika, Operator aritmatika merupakan operator yang dipakai pada rumus -rumus matematika. Operator ini terdiri atas +,-,*,/,% (modulus).
13
Assigment, Operator Assigment merupakan operator pemberi nilai, operator ini memakai simbol sama dengan (=). Contoh x+y, yang sama artinya dengan x=x+y.
14
Increment dan Decrement
Operator Increment merupakan operator yang dipakai untuk menaikkan nilai, Operator Decrement merupakan operator untuk menurunkan nilai ++1;sama artinya I=I+1 ;(dikerjakan sesaat). I+1;sama artinya I=I+1 ;(dikerjakan tidak sesaat). -I;sama artinya I=I-1 ;(dikerjakan sesaat). I--;sama artinya I=I-1 ;(dikerjakan tidak sesaat).
15
Relasi Operator Relasi merupakan operator menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator Relasi terdiri atas >,<,>=,<=,= =,!= if (A>=B)(apakah nilai A lebih besar atau sama dengan nilai B). if (A= =B) (apakah nilai A sama dengan nilai B)
16
Logika Operator Logika merupakan operator untuk operasi logika, yang sudah tentu menghasilkan nilai boolean. Operator logioka terdiri atas && (AND),II (OR), dan ! (NOT). if (A>=B) II (C>D) (apakah nilai A lebih besar sama dengan nilai B atau nilai C lebih besar D).
17
Instruksi instruksi percabangan instruksi pengulangan
18
instruksi percabangan
IF if (Kondisi){ Statement }
19
instruksi percabangan
IF-ELSE if (Kondisi) { Statement1 }else { Statement2 }
20
instruksi percabangan
IF JAMAK if (Kondisi) { //Statement1 //Statement2 }else if { //Statement3 //Statement4 }
21
instruksi percabangan
NESTED-IF if (Kondisi1){ if(Kondisi2){ //statement } }else{ //statemen
22
instruksi pengulangan
Perulangan while while (kondisi) { // isi intruksi } Misal : int jumlah = 1; while(jumlah <= 10) { System.out.println(jumlah); jumlah++; // menaikkan jumlah
23
instruksi pengulangan
Perulangan do-while do{ // instruksi }while (kondisi); Misal : int jumlah = 100; System.out.println(jumlah); jumlah++; // naikkan jumlah }while (jumlah <= 10);
24
instruksi pengulangan
Perulangan for for (inisialisasi; kondisi; penaikan/penurunan) { instruksi } Misal kita akan menampilkan angaka dari 1 = 100, maka dapat menggunakan perulangan for. for(int i = 1; i <= 100; i++) { System.out.println(i);
25
instruksi pengulangan
Perintah break for (int i = 1; i <= 100; i++) { System.out.println(i); if (i = = 50) { break; }
26
instruksi pengulangan
Perintah continue for (int i = 1; i <= 100; i++) { if (i % 2 = = 0 ) { continue } System.out.println(i);
27
Netbeans Next Time
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.