Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Perancangan Perangkat Lunak
Minggu 2
2
Tahapan Rancangan Perangkat Lunak
2 Pendekatan rancangan perangkat lunak Rancangan perangkat lunak terstruktur Rancangan perangkat lunak berorientasi objek Tahap rancangan perangkat lunak : Rancangan Perangkat Lunak Pengkodean perangkat Lunak Pengujian Perangkat Lunak Pemeliharaan Sistem
3
Alat perancangan perangkat lunak terstuktur
Kamus data Model data logik ERD DFD STD
4
Karakteristik rancangan untuk program terstruktur
Modul disusun secara hirarkis (bagan struktur,diagram jackson,diagram warnier-orr) Menggunakan Logika CALL-based atau PERFORM-based Menggunakan control flow dan rancangan top-to-bottom dan pengkodean top-to-bottom atau bottom-to-top Merancang repetisi atau loop Menerapkan konsepsi kendali standar untuk urutan
5
Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Obyek
Adalah Strategi perancangan dimana perancang sistem memikirkan ‘benda’ dan bukan operasi atau fungsi.
6
Objek dan kelas objek Objek Kelas Objek
Memberi identitas kepada orang atau benda Merepresentasikan entitas dari aplikasi yang dirancang Kelas Objek Dibuat untuk menurut definisi kelas objek Definisi kelas objek berfungsi sebagai template untuk membuat objek
7
Objek dan kelas objek Superkelas : kumpulan kelas
Subkelas : kejadian dari suatu kelas Inheritance : kemampuan untuk mendefinisikan subkelas objek dari suatu kelas objek Didefinisikan pada UML
8
Representasi alternatif dari kelas berorientasi objek
Atribut Operasi Nama kelas atribut operasi
9
Representasi alternatif dari kelas berorientasi objek
Kelas objek persegi panjang Atribut objek bagian atas Operasi /metode/servis bagian bawah Pesan Memodel pewarisan Satu dari pembeda kunci di antara sistem OO dan konvensional
10
Penelusuran rancangan perangkat lunak(software design walkthrough)
Derajat formalitas atau struktur dari penelusuran Pengaturan waktu Selama SDLC atau SWDLC
11
Hirarki kelas operasi meja kursi bangku “chable” Instance kursi
atribut operasi meja kursi bangku “chable” Instance kursi Subkelas dari Superkelas furniture
12
Tahapan perancangan berorientasi objek
Mendefinisikan Konteks sistem dan model penggunaan Merancang arsitektur sistem Mengidentifikasi obyek utama sistem Mengembangkan model desain Menspesifikasi interface obyek
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.