Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si."— Transcript presentasi:

1 PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si

2 1. MEDIA BERBASIS MANUSIA
Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Contoh : gaya tutorial Socrates. Media ini bermanfaat bila tujuan yang ingin dicapai adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung memantau pembelajaran siswa. Misal,media berbasis manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.

3 Media berbasis manusia mengajukan 2 teknik yang efektif yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Langkah-langkah jenis pembelajaran ini adalah : Merumuskan masalah yang relevan Mengidentifikasikan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan pemecahan masalah. Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengetahuan itu dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

4 4. Tuntun eksplorasi siswa
5. Kembangkan masalah dalam konteks yang beragam dengan tahapan tingkat kerumitan. 6. Nilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuk dipecahkan. Langkah-langkah teknik pembelajaran Socrates : Mengidentifikasi pertanyaan yang meminta siswa berbagi, menganalisis,mengevaluasi dan mensintesis pekerjaan/tugas mereka Pelajaran mungkin bisa dimulai dengan diskusi dalam kelompok besar sebagai pembahasan eksplorasi Menentukan apakah siswa harus belajar/bekerja bersama-sama dalam kelompok,perorangan atau secara bebas

5 Salah satu faktor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia adalah rancangan pembelajaran yang interaktif. Langkah-langkah untuk mengembangkan pembelajaran interaktif adalah : Mengidentifikasi pokok bahasan pelajaran Mengembangkan sajian pembelajaran yang mencakup semua informasi yang diharapkan siswa harus kuasai. Membaca/mengamati keseluruhan penyajian dan menentukan dimana dialog-dialog interaktif digabung dan disisipkan. Menetapkan jenis informasi yang diinginkan dari siswa Menentukan pesan-pesan apa yang ingin disampaikan dengan kegiatan interaktif Menetapkan butir-butir diskusi penting

6 Jenis-jenis pembelajaran interaktif
Pembelajaran partisipatori Pembelajaran main peran Pembelajaran kuis tim Pembelajaran kooperatif Debat terstruktur Pembelajaran 99 detik

7 2. Media Berbasis Cetakan
Materi berbasis cetakan yang paling umum dikenal adalah buku teks, penuntun, jurnal, majalah dan lembaran lepas. Elemen yang perlu diperhatikan saat merancamg yaitu : Konsistensi a.Gunakan konsistensi format dari halaman ke halaman b.Usahakan untuk konsisten dalam jarak spasi Format a. Jika paragraf panjang sering digunakan,wajah satu kolom lebih sesuai. Jika paragraf tulisan pendek-pendek, wajah 2 kolom akan lebih sesuai. c. Taktik dan strategi pembelajaran yang berbeda sebaiknya dipisahkan dan dilabel secara visual

8 C. Organisasi a. Upayakan untuk selalu menginformasikan siswa/pembaca sejauh mana mereka dalam teks itu. b. Susunlah teks sedemikian rupa sehingga informasi mudah diperoleh c. Kotak-kotak dapat digunakan untuk memisahkan bagian-bagian dari teks D. Daya Tarik Perkenalkan setiap bab atau bagian baru dengan cara yang berbeda E. Ukuran huruf a. Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dengan siswa, pesan dan lingkungannya b. Hindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks. F. Ruang (spasi) kosong

9 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyiapan teks yang interaktif :
Sajikan informasi dalam jumlah yang selayaknya dapat dicerna, diproses dan dikuasai Pertimbangkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan siswa dan siapkan latihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Pertimbangkan hasil analisis respon siswa, bagaimana siswa menjawab pertanyaan atau mengerjakan latihan. Siapkan kesempatan bagi siswa untuk dapat belajar sesuai kemampuan dan kecepatan mereka Gunakan beragam jenis latihan dan evaluasi seperti studi kasus,simulasi dll.

10 Beberapa cara yang digunakan untuk menarik perhatian pada media berbasis teks adalah :
-Warna ; sebagai alat penuntun dan penarik perhatian kepada informasi penting -Huruf ; huruf yang dicetak tebal atau dicetak miring memberikan penekanan pada kata-kata kunci atau judul - ; Informasi penting dapat pula diberi tekanan dengan menggunakan kotak Kotak

11 3.Media Berbasis Visual Media berbasis visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan.Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara inti materi dengan dunia nyata. Bentuk visual dapat berupa : Gambar representasi Diagram Peta Grafik

12 Prinsip Umum Penggunaan Media Berbasis Visual
Usahakan visual itu sesederhana mungkin Visual digunakan untuk menekankan informasi sasaran Gunakan grafik untuk menggambarkan ikhtisar keseluruhan materi Ulangi sajian visual dan libatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat Hindari visual yang tak berimbang Tekankan kejelasan dan ketepatan dalam semua visual

13 g. Gunakan gambar untuk menunjukkan perbedaan konsep-konsep
h.Visual yang diproyeksikan harus dapat terbaca Visual, khususnya diagram, amat membantu untuk mempelajari materi yang agak kompleks j. Caption (keterangan gambar) harus disiapkan k. Warna harus digunakan secara realistik

14 3. Media Berbasis Audio visual
Media berbasis audio visual memerlukan penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan banyak, rancangan dan penelitian. Petunjuk praktis penulisan naskah narasi : -Tulis singkat,padat dan jelas -Tulis seperti judul berita, pendek dan tepat -Tuliskan frase yang dapat melengkapi visual Tulis dalam kalimat aktif

15 Usahakan setiap kalimat tidak lebih dari 15 kata
Setelah menulis narasi, baca narasi dengan suara keras Edit dan revisi naskah sebagaimana perlunya

16 4. Media Berbasis Komputer
Fungsi komputer dalam pendidikan dan pelatihan : - CMI (Computer Managed Instruction -CAI (Computer Assisted Instruction) Proses instruksional penggunaan komputer : Merencanakan,mengatur dan mengorganisasikan pengajaran Mengevaluasi siswa Mengumpulkan data mengenai siswa Melakukan analisa statistik mengenai data pembelajaran Melakukan catatan perkembangan pembelajaran

17 Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran. Dibalik kehandalan komputer sebagai media pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pengajaran berbasis komputer: Perangkat keras -dan lunak- yang mahal dan cepat ketinggalan jaman Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman. Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program

18 Format penyajian pesan dan informasi dalam CAI:
-Tutorial terprogram -Tutorial intelejen - Drill and practice - Simulasi

19 CAI; yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

20 CMI; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll. Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.

21 Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran Untuk Tujuan Kognitif Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri. Untuk Tujuan Psikomotor Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya. Untuk Tujuan Afektif Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.

22 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google