Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mobile Teknologi Pertemuan 3

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mobile Teknologi Pertemuan 3"— Transcript presentasi:

1 Mobile Teknologi Pertemuan 3
Agung Brastama Putra Pertemuan 3

2 Pembahasan Model antar muka Hirarki class antarmuka Class display

3 Model antar muka Interaksi antar user dengan aplikasi dilakukan melalui mekanisme yang disebut interface(antarmuka) Aplikasi ini menampilkan sejumlah informasi dalam bentuk teks, gambar maupun objek visual lainnya dan user memberi respon berupa pengetikan data, klik gambar maupun penekanan tombol keypad

4 Hirarki class Antarmuka
Susunan hirarki susunan class di J2ME adalah

5 Gambar Hirarki

6 Lanjutan… Class displayable memiliki beberapa method yang berguna untuk memanipulasi objek antarmuka pada class turunannya.

7 Contoh2 Method2 yang sering digunakan
VOID addCommand(Command cmd) Menambah sebuah objek command bernama cmd ke dalam objek Displayable Int getHeight() Memperoleh informasi mengenai tinggi dari objek displayable yang tersedia untuk aplikasi, dinyatakan dalam satuan pixel Ticker getTicker() Memperoleh informasi mengenai objek Ticker yang terpasang pada objek Displayable String getTittle() Memperoleh informasi mengenai judul dari objek Displayable

8 removeCommand(Command cmd)
int getWidth() Memperoleh informasi mengenai lebar dari objek Displayable yang tersedia untuk aplikasi, dinyatakan dalam satuan pixel boolean isShown() Mengembalikan nilai yang menyatakan status kemunculan objek Displayable, tampak di layar atau tidak Void removeCommand(Command cmd) Membuang objek command bernama cmd dari objek Displayable void setCommandListener(CommandListenerl L) Menggunakan interface CommandListener bernama L mengganti interface yang sama sebelumnya

9 int setTicker(Ticker T) boolean setTittle()
Memasang objek Ticker bernama t pada objek Displayable boolean setTittle() Menentukan judul bagi objek Displayable

10 Class Display Display merupakan class yang disediakan oleh J2ME untuk mengelola tampilan layar, yaitu kegiatan untuk memperoleh informasi mengenai konteks layar yang sedang digunakan dan informasi mengenai objek apa yang sedang berada di layar.

11 Method getDisplay() Digunakan untuk memperoleh informasi spesifik mengenai layar yang bisa digunakan oleh sebuah MIDlet.

12 Contoh… Class contoh1 extends MIDlet{ Private Display dis;
Public contoh1(){ dis = Display.getDisplay(this); }

13 Method setCurrent() Digunakan untuk menentukan objek antarmuka tertentu sebagai visual page

14 Contoh.. Class contoh1 extends MIDlet{ Private Display dis;
Private Form f1; Public contoh1(){ dis = Display.getDisplay(this); f1 = new Form(“method setCurrent”); } public void startApp(){ dis.setCurrent(f1);

15 Gambar Form

16 Lanjutan… Method setCurrent(Alert a, Displayeble d)
digunakan untuk menjadikan objek d yang bertipe Displayable sebagai visual page setelah objek a yang bertipe Alert selesai ditampilkan Void setCurrent(Alert a, Displayable d) a – objek alert d – objek antarmuka yang akan dijadikan sebagai visual page.

17 Iseng…. Buatlah source code ttg alert dari pembahasan barusan

18 Method getCurrent() Digunakan untuk memperoleh informasi mengenai objek antarmuka yang sedang menjadi active-page. dis.getCurrent(); Variable dis digunakan untuk mengambil page yang sedang aktif.

19 Gambar Alert


Download ppt "Mobile Teknologi Pertemuan 3"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google