Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi 08 – IT 237 Technopreneurship

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi 08 – IT 237 Technopreneurship"— Transcript presentasi:

1 Materi 08 – IT 237 Technopreneurship
Pemasaran Materi 08 – IT 237 Technopreneurship

2 Penting Untuk Diperhatikan
What products or services will it be providing? How big or small would it be? Retail or wholesale? Where will it be located? How can you best position yourself?

3 Tentang Pelanggan Who will your customers be?
Will you be selling to other businesses or to individuals? Are your customers going to be young or old? Men or women? How big is the market?

4 Tentang Pelanggan (2) What do they need?
Why would they buy it from you? Will they pay for what they need? How can you get them to change vendors? How can you reach them? What do they read and watch?

5 Tentang Kompetitor Who will be your competitors?
What are they doing right and wrong? What are their strengths and weaknesses? How can you capitalize on their weaknesses? Why would their customers leave and come to you?

6 Step-by-step Marketing
Step 1: Know your product Step 2: Know your customers Step 3: Know how to reach your customers Step 4: Know your competition Step 5: Know how to serve your customers

7 Aktivitas Yang Berhubungan
Manajemen Pemasaran Proses Manajerial Proses Pemasaran Aktivitas Yang Berhubungan Menganalisis Analisis Peluang Pasar Melakukan pengamatan dan penelitian pasar Analisis lingkungan mikro (Corporate, Competitors, Costumer, Channel & Change) Analisis lingkungan makro (Ekonomi, Sosial, Budaya, Hukum & Politik) Merencanakan Menyusun Strategi Pemasaran Mengembangkan strategi pemasaran  Konsep STP dan pengembangan strategi berdasarkan daur hidup produk (product life-cycle) serta pangsa pasar (market share) Merencanakan Program Pemasaran Merencanakan program pemasaran  Memutuskan strategi bauran pemasaran (marketing mix), menetapkan anggaran pemasaran dan mengalokasikan anggaran Melaksanakan Mengelola Usaha Pemasaran Mengorganisir sumber daya pemasaran Melaksanakan rencana pemasaran Mengendalikan Aktivitas Pemasaran  (Mengukur hasil, Menganalisis hasil dan Melakukan Tindakan Perbaikan) Mengendalikan

8 Karekteristik Pembeli Proses Keputusan Pembelian
Perilaku Pembelian Rangsangan Pembelian (Marketing Stimuli) Produk Harga Tempat Promosi Rangsangan lain Ekonomi Teknologi Politik Budaya Karekteristik Pembeli Sosial Pribadi Psikologis Proses Keputusan Pembelian Pengenalan Masalah Pencarian Informasi Evaluasi Keputusan Perilaku pasca-pembelian Keputusan Pembelian Pilihan produk Pilihan merek Pilihan penyalur Waktu pembelian Jumlah pembelian

9 SEGMENTATION, TARGETING & POSITIONING
Total Market SEGMENTS A TARGETS POSITIONING A B MARKETING PROGRAM C D D E D

10 Pamasaran Langsung Pemasaran langsung adalah komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama.

11 Pemasaran Langsung Dell Computer
Harga wajar untuk kinerja tinggi (price for performance). Kostumisasi (customization). Layanan dan dukungan (service and support). Teknologi Terkini (latest technology). Nilai yang unggul bagi pemegang saham (superior shareholders value).

12 Manfaat Pemasaran Langsung
Manfaat bagi pembeli : Nyaman Mudah dan bersifat pribadi Akses dan pilihan produk (product access and selection) Interaktif dan segera Manfaat bagi penjual : Alat yg ampuh untuk pembentukan hubungan dengan konsumen. Dapat ditentukan waktunya untuk menjangkau calon pelanggan. Menurunkan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi fleksibilitas.

13 Basis Data Pelangan dan Pemasaran Langsung
Basis Data Pelanggan adalah kumpulan yang terorganisir atas data yang menyeluruh tentang pelanggan atau calon pelanggan individu, yg meliputi data geografis, demografis, pskiografis dan perilaku. Pemasaran berdasar basis data (database marketing) adalah proses membangun, memelihara dan menggunakan basis data pelanggan dan basis data lain (produk, pemasok, pedagang perantara) dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.

14 Pentingnya Basis Data Mengidentifikasi calon pelanggan
Memutuskan pelanggan mana yang akan menerima tawaran khusus Memperdalam kesetiaan pelanggan Mengidentifikasikan kembali pembelian pelanggan

15 Pemasaran Massal VS Pemasaran satu lawan satu
Pelanggan pada umumnya Pelanggan individu Pelanggan tidak dikenali namanya Profil pelanggan ada Produk standar Tawaran pasar dirancang sesuai kebutuhan Produksi massal Produksi dirancang sesuai kebutuhan Distribusi massal Distribusi dibikin pribadi Pemasangan iklan massal Pesan pribadi Promosi massal Insentif yang dirancang untuk individu Pesan satu arah Pesan dua arah Skala ekonomi Lingkup ekonomi Pangsa pasar Pangsa pelanggan Semua pelanggan Pelanggan yang mendatangkan laba Menarik pelanggan Mempertahankan pelanggan

16 Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
Pemasaran Tatap Muka (face to face selling) Pemasaran Jarak Jauh (telemarketing) Pemasaran Melalui Surat Langsung Pemasaran melalui Katalog Pemasaran melalui Televisi yg menghasilkan tanggapan langsung Pemasaran melalui kios (Kiost Marketing) Pemasaran secara online

17 Pemasaran Online dan Perdagangan Elektronik
Pemasaran secara Online dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yg menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik. Jenis saluran pemasaran online : - layanan online komersial - internet

18 Layanan Online Komersial
Layanan yg menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yg membayar biaya bulanan Internet Web global jaringan komputer yg luas dan berkembang pesat yg tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral

19 E-Commerce Perdagangan Elektronik (e-commerce)
Adalah istilah umum untuk proses membeli dan menjual yg didukung oleh sarana-sarana elektronik Pasar Elektronik adalah Ruang Pasar (Marketspace) bukan tempat pasar (marketplace), di mana penjual menawarkan produk-produk dan jasa mereka secara elektronis, dan pembeli mencari informasi, mengidentifikasi apa yg mereka inginkan, dan memesan dengan menggunakan kartu kredit atau sarana pembayaran elektronik lain.

20 Konsumen Online Internet tidak lagi menjadi tempat bermain para jago komputer. Semua orang bisa masuk ke internet. Melakukan Pemasaran Online 1. menciptakan kehadiran online elektronik 2. memasang iklan secara online 3. berpartisipasi dalam forum-forum internet 4. menggunakan surat elektronik online atau Webcasting

21 Melakukan Pemasaran Online
Menciptakan Kehadiran Oline Elektronik : a. Membeli ruang di layanan online komersial : - penyewaan ruang penyimpanan di komputer milik penyedia jasa online - penciptaan link komputer milik sendiri ke pusat belanja layanan online. b. Membuka situs internet sendiri - Situs Internet Perusahan (corporate Web site) - Situs Internet Pemasaran (marketing Web site)

22 Situs Internet Perusahan
Situs internet yg berusaha membangun nama baik pelanggan dan berusaha melengkapi saluran-saluran penjualan lain bukannya menjual produk perusahaan tsb secara langsung Isi dari Situs ini : umumnya memberikan informasi tentang sejarah perusahaan, misi dan filosofi, produk serta layanan yg ditawarkan. event yg sedang berlangsung, personalia perusahan, kinerja keuangan dan peluang kerja fitur-fitur hiburan untuk menarik dan mempertahankan pengunjung memberikan peluang kpd pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau komentar melalui sebelum meninggalkan situs tsb.

23 Situs Internet Pemasaran
Dirancang untuk melibatkan konsumen dalam interaksi yg akan menggerakkan mereka lebih dekat ke pembelian atau hasil pemasaran yg lain. Isi situs ini : Katalog Tip-tip belanja Fitur-fitur promosi : kupon, event penjualan atau kontes Perusahaan secara agresif mempromosikan situs internet pemasaran melalui pemasangan iklan cetak dan televisi serta melalui papan iklan di situs (banner to size ads) yg muncul di situs internet lain.

24 Melakukan Pemasaran Online
2. Menempatkan Iklan Online Iklan Online (online ads) adalah iklan yg muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online atau situs internet, yg meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock 3. Menggunakan dan Webcasting dipergunakan perusahaan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentang perusahaan. Dg cepat perwakilan layanan pelanggan akan menanggapi berbagai pesan itu. Webcasting adalah pen-download-an secara otomatis informasi yg diminati yg sudah dikustomisasi ke PC si penerima, yg membuat saluran yg menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain. Webcasting jg dikenal dg push programming, membuat saluran menarik yg digunakan pemasar online mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain

25 Melakukan Pemasaran Online
4. Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet a. Kelompok Berita (newsgroup) Kelompok yg terbatas pd orang-orang yg memasang dan membaca pesan tentang topik khusus. b. Sistem Papan Buletin (Bulletin board system – BBS) adalah layanan online khusus yg memusatkan pada topik atau kelompok tertentu. c. Masyarakat internet (Web Communities) adalah tempat dimana semua orang dapat mengetahui alamat anda.

26 Tantangan Pemasaran Online
Tantangan yg dihadapi pemasar online : Keterpaparan dan pembelian konsumen yg terbatas Demografis dan psikografis pengguna menjadi menyimpang Kekacauan dan kesemrawutan Keamanan Kepedulian etis

27 Pemasaran Langsung Terpadu
Pemasaran Langsung Terpadu (Integrated Direct Marketing) adalah kampanye pemasaran langsung yg menggunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba. Gb Kampanye Pemasaran Langsung yg Terpadu Iklan yg dibayarkan beserta saluran tanggapannya Surat langsung Pemasaran Jarak jauh ke luar Kunjungan penjualan tatap muka Komunikasi yg berkesinambungan


Download ppt "Materi 08 – IT 237 Technopreneurship"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google