Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSukarno Setiawan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Harmoni konvensional Harmoni modern
Ilmu Harmoni Harmoni konvensional Harmoni modern
2
Sopran Alto Tenor Bas Mezzo sopran Bariton
Harmoni Konvensional Sopran Alto Tenor Bas Mezzo sopran Bariton
3
Choir/Koor Anggota (Min 25 orang bentuk satb, ssa, ssaa, ttbb, dst)
Conductor syarat: Punya jiwa kepemimpinan; Punya kemampuan dan ketrampilan musik
4
Ambitus Suara Sopran: C1 –C3
5
Alto: f sampai d2
6
Tenor: c sampai a1
7
Bass: F sampai d 1
8
Letak Resonansi Dada Tengah Kepala
10
Penulisan dalam notasi balok.
Sopran dan tenor ditulis dengan arah tangkai ke atas Alto dan bass ditulis dengan arah tangkai ke bawah
11
Menentukan nada Inti dari pembuatan aransemen adalah menentukan nada berdasarkan akor yang sudah ditentukan Primary triads
12
Memberikan chord nada dasar C Exercise 1
13
Exercise 1 Menggunakan chord G
14
Exercise 1 Menggunakan chord F
15
Variasi Chord
16
Progresi Chord
17
Progresi Chord Progresi chord yang paling umum I IV V I I ii V I
I Vi IV I I Vi ii V I Vi V I I V Vi IV Penggunaan variasi chord M7 [ I dan IV ] M9 [ I , IV , V, ii, dan vi ] m7 [ ii, iii, vi ] Dom 7 [ I lari ke IV, V lari ke I ] III lari ke Vi Dim 7 [ 1# dim7 lari ke ii, atau V#dim7 lari ke Vi ] Chord 11 [ V11 lari ke V lari ke I ]
18
Buatlah Progresi Chord
19
Buatlah Progresi Chord
20
Menentukan nada : Pendobelan nada
Prioritas pertama pada nada dasar (tonika) , Perhatikan lagu di bawah ini, nada pertama pada birama pertama, yaitu C mayor prioritas pertama
21
Pendobelan nada Prioritas ke dua pada nada ke lima (kwint)
Contoh: .... Tidak dianjurkan pada nada terts (jarak ke tiga), misalnya C mayor
22
Jarak nada pada masing-masing jenis suara
Usahakan agar jarak Sopran dengan Alto, dan Alto dengan Tenor tidak lebih dari 1 oktaf. Perhatikan contoh lagu pada birama pertama berikut ini:
23
Jarak nada pada masing-masing jenis suara
Jarak tenor dengan bass boleh lebih dari 1 oktaf, misalnya contoh pada birama pertama ketukan ke 4, yaitu:
24
Jarak nada pada masing-masing jenis suara
Posisi Terbuka dan Tertutup Posisi Terbuka artinya antara sopran, alto dan tenor dapat disisipi nada yang lain. Contoh
25
Jarak nada pada masing-masing jenis suara
Posisi Tertutup artinya antara Sopran, Alto dan Tenor tidak dapat disisipi nada yang lain, seperti birama pertama baris ke dua pada lagu di atas
26
Jarak nada pada masing-masing jenis suara
Kedua posisi ini baik terbuka dan tertutup tidak ada yang dilarang tetapi dianjurkan diguna-kan secara bergantian, artinya dalam satu aransemen keduanya bisa digunakan secara bersama-sama
27
Arah Pergerakan Nada Vertikal
Vertikal berarti apabila ditarik garis lurus ke atas, nada-nadanya merupakan isi dari akor yang ditentukan. Horisontal Horisontal artinya deretan nada dalam setiap jenis suara hendaknya bersifat melodis, artinya interval nadanya mudah dinyanyikan, maka dari itu biasanya dicari nada yang paling dekat.
28
Overlapping. Dalam penggarapan aransemen SATB tidak diperbolehkan terjadi overlapping antara suara sopran, alto, tenor, dan bass. Contoh:
29
Paralel kwint dan oktaf
Dalam penggarapan aransemen paduan suara, parallel kwint dan oktaf tidak diperbolehkan karena seharusnya dua jenis suara dapat bergerak sendiri-sendiri dan tidak terikat kebebasannya.
30
Paralel Oktaf Paralel yang tidak diperbolehkan misal adalah paralel oktaf untuk suara sopran dan bass dibawah ini. Ini berarti terjadi pendobelan suara melodi, maka hal ini harus dihindari. Contoh
31
Kadens (cadence) Kadens Adalah: Ragam Kadens Perfect Cadence IV –V – I
Half Cadence V – I Plagal Cadence IV-I
32
Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB
Tentukan Suara Bass berdasarkan chord Buatlah pergerakan melodi bass yang berlawanan dengan suara Sopran (melodi pokok). Hati-hati hindarilah parallel kwint maupun paralel oktaf Setelah selesai menentukan suara bass, coba nyanyikan agar bisa diketahui kemelodisannya
33
Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB
2. Tentukan suara tengah suara tengah, yaitu alto atau tenor Perhatikan prinsip penyusunan suara tengah Usahakan agar secara vertikal, nada-nadanya dapat selengkap mungkin sesuai dengan jenis akornya. Perhatikan prinsip pendobelan nada
34
Langkah-langkah menyusun aransemen paduan suara SATB
Hindari overlapping tips Nyanyikanlah berulang-ulang Apabila suatu kalimat lagu perlu penekanan bisa disusun secara unisono
35
Aransemen SATB
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.