Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHandoko Cahyadi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Pertemuan 10 Logical operators && dan ||, string
Mata Kuliah Algoritma & Pemrograman Program Studi Desain Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta Tri Anggraeni, S.Kom., M.Sc. Deitel, P. & Deitel, H. (2014). C++ How to Program 9th Edition. Massachusetts: Prentice Hall.
2
Logical operators && truth table
Contoh ekspresi ke-1 : x > 0 Contoh ekspresi ke-2 : x < 6 Contoh penggunaan logical operators && : if (x > 0 && x < 6) Ekspresi ke-1 Ekspresi ke-2
3
Misal Contoh Ekspresi 1 : x > 0 ? Ekspresi 2 : x < 6 ?
Ekspresi 1 && Ekspresi 2 : (x > 0 && x < 6) ? x = -1 Salah Benar x = 7 x = 5 Operasi matematika 3 < x < 7 Di C++ harus ditulis : (3 < x && x < 7) Atau : (3 < x && x < 7) <
4
Contoh Penggunaan Logical operators &&
Buat program Game Bowling ada pilihan berat bola 5 sampai 9 kg. Skor tergantung pada berat bola yang digunakan dan berapa pin yang jatuh karena lemparan bola. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 10x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 10. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 20, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 20x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 100. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 120, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya sama dengan & lebih dari 7 kg, dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 30x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 30. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 60, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya sama dengan & lebih dari 7 kg, dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 40x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 200. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 240, dan seterusnya.
5
Contoh Logical Operators && nya
Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai kurang dari atau sama dengan 4, skor bertambah 10x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 1 pin, maka skornya bertambah 10. Jika mengenai 2 pin, maka skor bertambah 20, dan seterusnya. Jika bola yang digelindingkan beratnya kurang dari 7 kg dan jumlah pin yang dikenai lebih dari 4, skor bertambah 20x jumlah pin yang jatuh. Misal jika mengenai 5 pin, maka skornya bertambah 100. Jika mengenai 6 pin, maka skor bertambah 120, dan seterusnya. if (berat_bola < 7 && pin_kena <= 4) { skor += pin_kena * 10; } if (berat_bola < 7 && pin_kena > 4) { skor += pin_kena * 20; } Dan seterusnya Simpan dengan nama file &&_coba.cpp atau operator_and_coba.cpp
6
Hati-hati pada if (count = 5)
Pada statement semacam : if (count == 5) Jangan sampai kurang tanda sama dengan Misal : if (count = 5) Ada compiler yang memberi warning, ada yang tidak. Yang tidak memberi warning : output akan kosong saja. Agar compiler menampilkan error jika ada kesalahan, setiap membuat if dapat seperti : if (5 == count) Jika pembuat program salah menulis if (5 = count), compiler akan menampilkan error. Operasi matematika 3 < x < 7, di C++ harus ditulis : (3 < x && x < 7).
7
Logical operators || truth table
Contoh if (berat_bola == 5 || berat_bola == 8) { skor += pin_kena * 10; } else if (berat_bola == 6 || berat_bola == 7) { skor += pin_kena * 20; } else { skor += pin_kena * 30; } Buat programnya. Simpan dengan nama file operator_or_coba.cpp
8
Pada ekspresi yang menggunakan && :
Jika 2 kondisinya independen, buat kondisi yang lebih banyak kemungkinan SALAHnya berada di sebelah kiri. Pada ekspresi yang menggunakan ||, buat kondisi yang lebih banyak kemungkinan BENARnya berada di sebelah kiri.
9
Logical Negation (!) Operator
if ( grade != sentinelValue ) cout << "The next grade is " << grade << endl; Sama dengan : if ( !( grade == sentinelValue ) )
10
Latihan Game Perkalian Siswa SD Kelas 3 :
Buat program game yang meminta pemain memasukkan 2 angka dan menampilkan hasil perkaliannya. Cetak “Ok” jika hasil perkaliannya di antara 10 dan 20. Cetak “Bagus” jika hasil perkaliannya di antara 21 dan 30. Cetak “Wauw” jika hasil perkaliannya di antara 31 dan 40. Cetak “Luar biasa” jika hasil perkaliannya di antara 40 dan 50. Simpan dengan nama file operator_and_latihan.cpp
11
Buat program Game Hemat Listrik PLN yang menerima masukan pemain berupa jumlah jam menyalakan televisi dan daya lampu kamar. Cetak “Listrik hemat” jika televisi dinyalakan maksimal 1 jam atau daya lampu kamar maksimal 4 watt. Jika tidak, cetak “Tidak hemat listrik”. Simpan dengan nama file operator_or_latihan.cpp
12
Tipe data string Digunakan untuk menyimpan rangkaian huruf seperti “Tri Anggraeni”, “Annisa Banowati”, dll. Harus digunakan dengan header : #include <string> & namespace std Contoh : String_coba.cpp Setelah “Masukkan alamat Anda lagi : ”, Langsung tampil kata kedua dari alamat yang dimasukkan pertama kali. cin : hanya menyimpan rangkaian huruf sampai white-space (spasi) 1 kata. Kata berikutnya disimpan di operasi input berikutnya (pada contoh : di variabel alamat2). Fungsi getline : untuk menyimpan semua huruf yang diinputkan, termasuk white-space (spasi)nya
13
Contoh lain penggunaan string
string_coba2.cpp : mencoba : string kosong Cara menggabungkan 2 string size substr Mengubah huruf di suatu posisi Hlmn 436
14
Statement try Digunakan untuk menangani exception (pengecualian).
try diikuti baris program yg mungkin mengakibatkan exception. Contoh : try { …………….. /* berisi baris program yg mungkin …………… mengakibatkan pengecualian */ } try juga diikuti dengan baris catch (berisi baris program untuk menangani exception yang terjadi). Contoh : catch { Baris program di dalam catch tidak dieksekusi jika baris program di dalam try dapat dieksekusi (& sebaliknya). Harus ada tanda kurung kurawal buka & tutup setelah try & catch seperti contoh. string_coba3.cpp : mencoba try catch Hlmn 319
15
Latihan Buat program game yang meminta masukan nama pemain dan mengukurnya. Jika panjang nama itu lebih dari 10 huruf, maka program hanya akan menampilkan 10 hurufnya saja. Simpan dengan nama file substr_latihan.cpp Buat program game yang meminta masukan umur, gender, dan asal negara pemain. Ketiga data itu kemudian ditampilkan dalam 1 string. Simpan dengan nama file string_latihan2.cpp
16
Silahkan dipelajari & kerjakan latihan lagi tanpa melihat contoh
Salin file-file latihan program Anda di flash disk atau hand phone untuk belajar. Matikan monitor & mouse komputer.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.