Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Praktikum 02 konstruksi class
Tim Asisten Praktikum PSBO 08/09
2
Unified Modelling Language
Notasi grafis yang digunakan untuk membantu dalam mendeskripsikan dan mendesain software yang bersifat Object Oriented (OO)
3
Class Diagram Mendeskripsikan object dan behaviournya Class name
Karakteristik dari class memiliki tipe, visibilitas, dan nilai Fungsi /method yang dapat dilakukan oleh class tsb terhadap atribut yang dimilikinya
4
Class Adalah struktur dasar dari OOP
Digunakan untuk mengenkapsulasi data dan method Class Car
5
Attributes menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Terdiri dari : member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. jumRoda, warna, velg
6
Attributes Visibility: + public - private
visibility name: type=default value Visibility: + public - private Type : int, double, String, dst Default value : boleh ada, boleh tidak Biasanya diawali dengan huruf kecil
7
Method Adalah behaviour dari sebuah object. Dikenal juga sebagai fungsi atau prosedur. berjalan, mengerem
8
Method Visibility: + public - private
visibility name (parameter-list): return-type {property-string} Visibility: + public - private Parameter-List : parameter yang diterima oleh method tsb Return-Type : void, int, String, dst Biasanya juga diawali dengan huruf kecil
9
Wajib ada … Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa konstruktor bukan member(yaitu atribut atau method dari sebuah object). Getter n Setter adalah method yang wajib dipunya setiap attribute untuk mengakses attribute tersebut
10
Class Car Car + jumRoda : int + warna : String + velg : String + Car()
+ getJumRoda() : int + setJumRoda() : int + berjalan() + mengerem()
11
Java Library
12
Latihan Labwork SBO-2
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.