Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :."— Transcript presentasi:

1 LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :

2 List dan Tree List:serangkaian struktur data yang dibuat secara berhubungan, list bisa juga menggambarkan relasi dan hirarki Tree: suatu struktur data yang berupa node-node yang dibuat secara hirarkis dan hubungannya Lihat di Struktur Data! 17/9/2015 Kode MK : MK :

3 Lists & Trees List: Tree: Node Arc 17/9/2015 Kode MK : MK :

4 Decision Tree Merupakan salah satu contoh aplikasi dari tree
Tree (pohon) adalah suatu hierarki struktur yang terdiri dari Node (simpul/veteks) yang menyimpan informasi atau pengetahuan dan cabang (link/edge) yang menghubungkan node. Decision tree – pohon keputusan Menggunakan model tree untuk menggambarkan keputusan-keputusan dan konsekuensinya 17/9/2015 Kode MK : MK :

5 Contoh Decision Tree 17/9/2015 Kode MK : MK :

6 Jaringan Semantik 17/9/2015 Kode MK : MK :

7 Jaringan Semantik Pengetahuan disusun dalam sebuah jaringan yang memiliki komponen utama: Node menyatakan obyek, konsep, atau situasi Dinyatakan dengan kotak atau lingkaran Arc/Link Menyatakan hubungan antar node Dinyatakan dengan tanda panah Link penting: subclass/ is a kind of (AKO), instance/is a (ISA) dan has a 17/9/2015 Kode MK : MK :

8 17/9/2015 Kode MK : MK : Ann Bill carol dave suzie John Tom Istri dari
Suami dari Ibu dari Ayah dari 17/9/2015 Kode MK : MK :

9 Perhatikan Jaringan Semantic sederhana berikut ini:
Sayap Memiliki Kenari Adalah Burung Berpindah tempat terbang 17/9/2015 Kode MK : MK :

10 Perluasan yang bisa dilakukan dengan penambahan
Objek yang sama Ditambahkan node penguin yang sama dengan node kenari Objek yang lebih khusus Penambahan node tweety yang lebih khusus dari kenari. Juga penambahan informasi bahwa tweety termasuk burung Objek yang lebih umum Ditambahkan node hewan yang merupakan bentuk lebih umum dari burung 17/9/2015 Kode MK : MK :

11 Sehingga kita dapatkan:
udara tweety Sayap adalah bernafas Memiliki Kenari Adalah Adalah Burung hewan Adalah penguin Berpindah tempat terbang 17/9/2015 Kode MK : MK :

12 OPERASI PADA JARINGAN SEMANTIK
Caranya dengan bertanya kepada node Kasus 1 Jika kita bertanya pada Burung,” bagaimana cara berpindah tempat?” Jawabannya “terbang” Untuk menjawab maka node akan melihat bagian link dengan label berpindah tempat dan mengambil informasinya yaitu “terbang” 17/9/2015 Kode MK : MK :

13 Kasus 2 Jika kita bertanya pada tweety “bagaimana cara berpindah tempat” Jawabannya “Terbang” Jika node tidak menemukan jawaban pada lokal link, maka dia melihat link lain yang memiliki hubungan adalah, lihat diagram berikut ini 17/9/2015 Kode MK : MK :

14 How berpindah? How berpindah? tweety kenari user terbang terbang
burung terbang Berpindah tempat 17/9/2015 Kode MK : MK :

15 FRAME 17/9/2015 Kode MK : MK :

16 FRAME 17/9/2015 Kode MK : MK :

17 FRAME Frames – semantic net dilengkapi dengan properties
Suatu Frame menggambarkan entitas sebagai set dari attribute dan nilai yang bersesuaian Suatu frame dapat berelasi dengan frame yang lainnya 3 komponen utama dari frame frame name attributes (slots) values (fillers: list of values, range, string, etc.) Book Frame Slot  Filler Title  AI. A modern Approach Author  Russell & Norvig Year  2003 17/9/2015 Kode MK : MK :

18 Hotel Chair Hotel Room Hotel Phone Hotel Bed Mattress
what  chair height 20-40cm legs  4 Hotel Room what  room where hotel contains hotel chair hotel phone hotel bed Hotel Phone what  phone billing  guest Hotel Bed what  bed size king part  mattress Mattress price  100$ 17/9/2015 Kode MK : MK :

19 Misalnya kita memiliki frame sebagai berikut:
Binatang Sirkus SubClass Hewan Habitat Tenda Keahlian Keseimbangan di atas bola Gajah SubClass Mamalia Belalai Ya Warna Abu-abu Ukuran Besar Habitat Hutan Clyde instance Binatang sirkus-Gajah Warna Pink Pemilik Fred 17/9/2015 Kode MK : MK :

20 Inferensi pada frame Jika ada pertanyaan apa keahlian Clyde?
Sistem pertama kali akan mengecek frame clyde untukmencari atribute keahlian Karena tidak ditemukan maka pencarian akan diarahkan ke frame binatang sirkus Di frame ini ditemukan atribute keahlian dan value nya “keseimbangan di atas bola” Jawaban dari pertanyaan “Keseimbangan di atas roda” 17/9/2015 Kode MK : MK :

21 Contoh Frame Pohon Frame Pohon Perdu Spesialisasi dari : Tumbuhan
Jumlah batang : integer (default 1) Jenis kulit : halus Model daun : jenis pohon jarum, berganti daun Bentuk daun : sederhana, berlekuk, campuran Frame Pohon Perdu Spesialisasi dari : Pohon Jumlah batang : 3 Model daun : berganti daun Bentuk daun : sederhana, berlekuk 17/9/2015 Kode MK : MK :

22 Script 17/9/2015 Kode MK : MK :

23 Script Script (Schank & Abelson, Yale Univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus. Script mirip dengan frame , perbedaannya: Frame menggambarkan objek,sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, scipt menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa. 17/9/2015 Kode MK : MK :

24 Script Elemen script yang tipikal:
Kondisi masukan : menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi suatu peristiwa yang ada dalam script Prop: Mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi Role : mengacu kepada orang-orang yang terlibat dalam script Hasil: kondisi yang ada sesudah peristiwa peristiwa dalam scipt berlangsung Track : mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu scene: menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi 17/9/2015 Kode MK : MK :

25 Script 17/9/2015 Kode MK : MK :

26 Script 17/9/2015 Kode MK : MK :

27 Keistimewaan Script Script menyediakan beberapa cara yang sangat alami untuk merepresentasikan “suatu informasi” yang lazim dengan masalah yang bersumber dari sistem AI dari awal Script menyediakan struktur hirarki untuk merepresentasikan informasi melalui inklusi subscript terhadap script 17/9/2015 Kode MK : MK :

28 Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa Elemen script: Kondisi input: start, awal Track: variasi yang mungkin terjadi Prop: obyek pendukung Role: peran yang dimainkan oleh suatu obyek Scence: adegan yang terjadi Hasil (result): kondisi akhir yang terjadi 17/9/2015 Kode MK : MK :

29 Schemas: Scripts (2) 17/9/2015 Kode MK : MK :

30 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan
SISTEM PRODUKSI Menggunakan Aturan produksi Berbentuk IF [kondisi] THEN [aksi] Elemen utama : Database global, kaidah produksi, sistem kontrol Pengetahuan diturunkan dalam bentuk pernyataan linguistik dari pakar Kaidah umum : pengetahuan dan inferensi Operator logika : AND atau OR 17/9/2015 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan

31 Sistem Produksi Pengetahuan dalam kaidah produksi direpresentasikan dalam bentuk JIKA [kondisi] MAKA [Aksi] JIKA [premis] MAKA [Konklusi] 17/9/2015 Kode MK : MK :

32 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan
SISTEM PRODUKSI Contoh : IF bercak pada daun is sangat banyak AND Ujung daun kering is banyak THEN penyakit bercak ungu is puso 17/9/2015 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan

33 Contoh Aturan 1: JIKA terjadi luka MAKA berikan Betadine Aturan 2:
JIKA tidak punya uang Cash MAKA ambil tabungan Aturan 3 : JIKA bersin-bersin MAKA terserang influensa Aturan 4 : JIKA bensin habis MAKA Motor tidak akan hidup 17/9/2015 Kode MK : MK :

34 Aturan terkadang menggunakan operator logika AND atau OR. Misalnya:
JIKA dana mencukupi DAN pengiriman bisa dilakukan kurang dari 1 bulan MAKA beli laser printer Aturan 6: JIKA kontraktor tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu ATAU biaya melebihi anggaran MAKA kontrak batal 17/9/2015 Kode MK : MK :

35 KAIDAH PRODUKSI Aturan 1: Aturan 2: JIKA fungsi simple
DAN biaya rendah atau tinggi MAKA pilih WP A Aturan 2: JIKA fungsi kompleks DAN biaya rendah MAKA tidak ada yang bisa dipilih DAN biaya tinggi MAKA pilih WP B atau C 17/9/2015 Kode MK : MK :

36 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan
SISTEM PRODUKSI Keuntungan : Kaidah mudah dimengerti Inferensi dan penjelasan mudah diperoleh Modifikasi dan perawatan relatif lebih murah Ketidakpastian lebih mudah dikombinasikan Setiap kaidah sering kalii tak saling terkait 17/9/2015 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan

37 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan
SISTEM PRODUKSI Keterbatasan : Pengetahuan yang kompleks membutuhkan ribuan kaidah Pembangun menyukai kaidah Banyak kaidah mempunyai batasan pencarian 17/9/2015 Kode MK : TIF01405; MK : Kecerdasan Buatan

38 Klasifikasi Aturan Kaidah Derajat Pertama
Kaidah Meta, kaidah yang anteseden atau konskuennya mengandung informasi tentang kaidah yang lain : Contoh: Aturan 7: JIKA Pusing DAN Cepat lelah DAN Sering Kesemutan MAKA Anemia Aturan 8: JIKA Anemia DAN Batuk kronis MAKA TBC 17/9/2015 Kode MK : MK :

39 CONTOH KASUS Akan dibangun sebuah sistem pakar untuk memberikan saran kepada usaha kecil tentang paket software apa yang harus digunakan Variabel dari pemberian sarannya tampak pada tabel 1 17/9/2015 Kode MK : MK :

40 Tabel 1 Variabel Makna Nilai dari variabel Fungsi
derajat kompleksitas dari dokumen simple, kompleks Biaya Anggaran yang disediakan untuk pembelian software Rendah, Tinggi WP paket software untuk mengelola dokumen A, B, C 17/9/2015 Kode MK : MK :

41 Tabel Aturan Fungsi Biaya WP Simple rendah A simple tinggi compleks
Tidak ada Compleks B atau C 17/9/2015 Kode MK : MK :

42 17/9/2015 Kode MK : MK :

43  END  17/9/2015 Kode MK : MK :


Download ppt "LIST and TREE 17/9/2015 Kode MK : MK :."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google