Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
(Dalam Teknologi Pendidikan)
NILAI-NILAI (Dalam Teknologi Pendidikan)
2
NILAI-NILAI NILAI-NILAI
Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Belajar Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Praktik Etis Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Memfasilitasi Pembelajaran Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Peningkatan Kinerja Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Penciptaan, Penggunaan dan Pengaturan Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Ketepatan Nilai-Nilai yang Berhubungan dengan Teknologi
3
BELAJAR Nilai-nilai dalam teknologi pendidikan yang berhubungan dengan belajar: Mempelajari cara menganalisis dan meningkatkan proses penciptaan bahan dan sistem instruksional Menciptakan media dan lingkungan belajar yang berbasis komputer Menggunakan media dan teknologi informasi di ruang kelas Mengatur semua aktivitas yang berhubungan (manajemen proyek, teknologi layanan administrasi)
4
PRAKTIK ETIS Dalam penciptaan dan penggunaan
Teknologi pendidikan memperhatikan etika yang khusus memfokuskan pada proses menciptakan bahan-bahan instruksional dan lingkungan belajar dan yang berhubungan dengan pelajar selama menggunakan bahan-bahan dan lingkungan belajar tersebut Dalam proses pembelajaran Teknologi pendidikan memberikan guru dan peserta didik kesempatan untuk berkembang selama proses pembelajaran, akan lebih mungkin hasil akhir akan lebih efektif dan dapat diterima untuk digunakan
5
MEMFASILITASI PEMBELAJARAN
1 Komitmen utama dari teknologi pendidikan untuk membantu orang-orang belajar 2 Teknologi pendidikan memiliki misi untuk menolong orang-orang belajar lebih baik 3 Menyediakan fasilitas yang lebih baik dari sarana pembelajaran 4 Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperluas akses terhadap pendidikan
6
PENINGKATAN KINERJA Meningkatkan kinerja peserta didik Efisiensi (dan efektifitas) hanya dapat ditentukan dengan mempertimbangkan tujuan yang telah disepakati dan saranan untuk mengukur pencapaiannya. Meningkatkan kinerja guru dan desainer Meningkatkan kinerja organisasi
7
MENINGKATKAN KINERJA PESERTA DIDIK
Tujuan memfasilitasi pembelajaran bukan hanya sekedar pemanggilan informasi dalam jangka waktu pendek, akan tetapi kemapuan jangka panjang untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam kehidupan yang sebenarnya Surface learning dicirikan dengan hanya menghafal fakta, melaksanakan prosedur tanpa berfikir, mendapatkan sedikit nilai atau makna dalam pengetahuan dan memperlakukan bahan sebagai kumpulan informasi yang tidak berhubungan, Dalam deep learning, peserta didik menghubungkan ide-ide dengan pengetahuan sebelumnya, mencari pola yang mendasar, mengkaji secara kritis, dan merefleksikan pemahaman mereka sendiri
8
MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN DESAINER
Membantu guru dan desainer mengembangkan bahan dan sistem instruksional lebih efektif dan efisien Teknologi pendidikan berusaha untuk memberikan kepada para praktisi persiapan profesional yang lebih baik
9
MENINGATKAN KINERJA ORGANISASI
Meningkatkan produktifitas dari proses belajar Membantu orang-orang memperoleh keterampilan yang baru secara lebih cepat dan dengan biaya yang lebih sedikit Menghemat waktu dan uang bagi suatu organisasi
10
PENCIPTAAN, PENGGUNAAN DAN PENGATURAN
Desainer instruksional tidak dapat melakukan “cut and paste” bahan-bahan yang diciptakan sebelumnya, mereka biasanya harus menciptakan solusi baru, dan bahan-bahan baru Teknologi pendidikan melibatkan keduanya yaitu seni dan sains dalam prakteknya
11
KETEPATAN Menyesuaikan kepada kebutuhan organisasi dan pesera didik Praktek desain instruksional tersebut akan diharapkan untuk meningkatkan kesempatan belajar bagi para peserta didik Apakah bahan-bahan cocok untuk tingkat perkembangan dari peserta didik? Untuk tingkatan membaca mereka? Untuk tingkatan penguasaan materi ajar mereka saat ini? Untuk tujuan dari pelajaran tertentu?
12
TEKNOLOGI Soft Technology Merujuk pada cara berfikir tentang mengajar, belajar dan menggunakan metode-metode Hard Technology Merujuk pada merujuk pada hardware dan software yang digunakan untuk secara aktual berkomunikasi dengan peserta didik Catatan Penting Hard technology itu sendiri bukan merupakan obat mujarab, Pada akhirnya, sentuhan manusia merupakan bumbu yang sangat dibutuhkan pada program pendidikan manapun
13
PENYUSUN PRESENTASI HEFRI ASRA OMIKA NIM : MTP UNJA 2014
Jl. Sersan Anwar Bay No. 41 Rt. 01 Kel. Bagan Pete Kec. Kota Baru Jambi SATIMAN Jl. Lintas Jambi – Muara Bulian Kec. Pemayung Kab. Batanghari
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.